Year End Note: My Top 10 Movies of 2009

Senarai top10-top10-an 2009 gw tutup dengan top 10 Movies—gw baru sadar gw salah ngasih judul, harusnya “My 10 Top” bukan “My Top 10”, karena bukan diurut berdasarkan peringkat, ya sudahlah T-T. Gw bersyukur telah cukup banyak menonton film sepanjang tahun ini di terutama di bioskop meskipun tak semuanya terbilang mengesankan. Kalau ada yg bertanya kemana 2012, jawabannya: masih banyak yg jauh lebih bagus. Kalau ada yg tanya kemana Transformers 2, jawabannya: are you kidding me? No offense, but orang waras macam apa yg masih menganggap film begituan bagus? Harry Potter 6 bukan favorit gw, dan New Moon luput karena gw sama sekali nggak tertarik sama teenlit/chicklit. Sayangnya juga nggak ada film Indonesia yg masuk daftar gw, karena…ya suka2 gw dong =_= v. Urutan daftar ini juga nggak berdasarkan tingginya score yg gw kasih di review-nya, tapi lebih ke kesan yg bikin film2 ini pantas menjadi representatives dunia film di 2009. Baiklah, inilah 10 film paling berkesan tahun 2009 versi gw, in alphabetical order.



1. (500) Days of Summer
Film komedi romantis—yg tidak romantis—yg paling berhasil. Kisah yg sangat membumi namun dikemas berbeda, non-linear, adegan2 menarik dan akting yg pas. Naskah dan penyutradaraannya yg oke sekali sukses membuat film ini terasa relevan, believable sekaligus menghibur, bagian2 lucunya tuh
natural, nggak dipaksa. read review


2. Avatar
Bisa jadi film paling hebat sepanjang tahun. Siapa saja yg menonton pasti terlena dalam decak kagum terhadap teknologi visual efek, CGI dan sebangsanya yg paling mutakhir dan memang lebih canggih dari visual efek film apapun yg gw tonton, tapi film ini tidak terjebak di dalamnya dan tetap mengusung apa yg jadi pilar utama sebuah film: cerita. Salah satu film yg tau benar cara memanfaatkan anggaran mahal.
read review


3. Coraline
Animasi stop-motion yg bertema agak gelap tapi disajikan dengan visual yg indah serta jalan cerita yg mudah dimengerti dan seru. Dongengnya disampaikan sedemikian rupa sehingga tidak tampak terlalu konyol dan pesan moralnya pun sampe. Salah satu film animasi terbaik tahun ini. read review



4. District 9
Menampilkan sudut pandang berbeda mengenai kedatangan alien di bumi, bahkan dengan setting yg tidak “umum”, District 9 berhasil menjadi tontonan yg berbeda apalagi gaya penyampaiannya yg semi-dokumenter dan akting si tokoh utama Sharlto Copely yg all-out, plus animasi CGI yg benar2 tidak tampak seperti CGI, seriously. Gw menjagokan film ini sebagai empunya visual efek terbaik tahun 2009, tapi ternyata kemudian muncul Avatar, heheh
e. read review


5. Inglourious Basterds
Quentin Tarantino tampaknya memang selalu membuat karya yg pasti berkesan. Basterds dengan uniknya sanggup menampilkan kisah yg seharusnya sederhana tapi dirangkai dalam adegan2 yg tak terduga dan diwarnai oleh karakter2 yg sangat menarik. Dan siapa yg nggak terkesan sama si kolonel Landa? ^_^
read review


6. Knowing
Apah!? Knowing? Yes, Knowing. Penilaian gw terhadap film ini sepertinya berbeda dengan kebanyakan orang yg berpikir endingnya “garing”. Percayalah, jika mengingat ending film2 kiamat lainnya, Anda akan tahu betapa ending Knowing itu lebih masuk akal dan konsepnya benar, terlepas dari pandangan gw bahwa Knowing adalah film yg paling berhasil meng-simbolisasi-kan kisah akhir zaman, setidaknya menurut kepercayaan gw. Ditambah adegan2 keren dan menegangkan—dan akting memble Nicolas Cage, itulah Knowing. read review


7. Slumdog Millionaire
Filmnya dirilis di Indonesia tahun 2009, jadi gw masukin aja di daftar. Film yg berjaya di Oscar bulan Februari lalu ini memang sebuah tontonan yg mantap. Cerita
heart-warming, akting believable, visual top markotop, padahal film ini bertema kemiskinan, kekumuhan dan kerasnya hidup di New Delhi, tapi hasilnya keren dan bukannya tidak membuat nyaman. Slums never looked so photogenic before ^o^’. read review


8. Star Trek
My favourite movie of the year. Rekor personal gw terjadi tahun ini: nonton sebuah film di layar lebar sebanyak 3 kali, dan itu termasuk nonton di teater IMAX sebanyak 2 kali. Film tersebut adalah Star Trek. Total gw nonton 5 kali (3 bioskop+2 kali di DVD), padahal gw bukan penggemar hal2 berbau “Star Trek”—sebatas sering nonton dulu di TV siang2 krn nggak ada tontonan lain, but I just love this movie. Menolak menonton film ini karena “dari dulu nggak suka Star Trek” adalah alasan yg bodoh, berarti Anda melewatkan film paling entertaining tahun ini. read review
1, 2, 3


9. Up
Bukan persembahan terbaik Pixar, tapi tetap film yg baik. Adegan awalnya luar biasa touching, lalu selanjutnya berangsur jadi tidak terlalu istimewa. Hanya saja Up tetap lengkap sebagai tontonan, ceritanya baik, tokoh2nya lucu, gambarnya oke dan amanah yg dalem—bahkan mungkin terlalu dalem. read review



10. Watchmen
Banyak yg kecele karena film ini tidak seperti Spider-Man, Superman atau man-man lainnya, yg hanya sekadar baik vs jahat. Buat gw, Watchmen adalah sebuah pengalaman yg extaordinary. Lebih banyak dramanya ketimbang aksi berkostumnya. Superhero hanyalah universe-nya, sedangkan isi filmnya sendiri lebih daripada itu. Dengan isi yg padat, penggambaran karakter yg tepat, serta adegan aksi yg sedikit tapi keren, Watchmen adalah film yg sukses menyampaikan ide bagaimana jika superhero benar-benar ada di sekitar kita, seseorang di antara kita di dunia nyata. read review




Honorable Mention: Documentary/Concert Film of the Year

This Is It

Berisi konsep, persiapan dan latian turkonser comebacknya si Raja Pop, Michael Jackson yg akhirnya kandas karena sang bintang telanjur wafat duluan. Latiannya aja keren, gimana seandainya benar2 terlaksana. Gw tepuk tangan lho pas nonton ini hihihi. read review


Honorable Mention: Guilty Pleasure of the Year
Ninja Assassin

Film katro dengan cerita standar yg nggak masuk akal, yg gw “bela” karena adegan2 berantemnya seru dan sinematografinya bagus. Keren ah.
read review


Demikianlah Year End Notes gw, semoga bermanfaat (walau gw yakin sebenernya sama sekali nggak bermanfaat, @_@’). Happy New Year everybody!



Komentar

  1. Suka dengan masuknya Watchmen.Nih film salah satu film superhero paling bagus yang pernah dibuat. Karakterisasinya mantap,visual yang cantik dan dramatisasi yang cukup, serta beberapa humor yang lumayan lucu.

    BalasHapus
  2. @gilasinema: Iya dong, mas. Sampe saya bela2in nonton 2 kali, tapi ini bukan termasuk film laku yah, kayak saya bilang, banyak yg salah sangka sama Watchmen

    BalasHapus
  3. Setuju sama list anda, enam film diatas Watchmen, (500) Days of Summer, Inglorious Basterds, Up, District 9, Star Trek masuk dalam film fave saya tahun ini
    sayang saya belon nonton An Education, Precious, Up in The Air, jadinya saya mungkin bikin spot 6 fave movies dulu aja kali ya

    BalasHapus
  4. Watchmen kayaknya masih cukup laku di Holly sana. Dan film ini memang film yang pantas dilihat lebih dari satu kali. Film yang komplet!

    BalasHapus

Posting Komentar