My Top 25 J-Pop Songs of the 1990's

Dulu waktu gw bikin senarai My Top 50 International Songs of the 1990's, gw emang nggak kepikiran untuk bikin senarai khusus J-Pop. Why, you ask? Simpelnya adalah gw tidak "mengalami" musik Jepang saat tumbuh di era 90-an. Kalau bikin, entrinya bakal sedikit sekali, toh sebagian besar lagu-lagu J-Pop 90-an yang gw tahu gw baru dengerinnya di pertengahan era 2000-an. Tetapi setelah dipikir-pikir, kayaknya lucu juga kalau gw tetap mencoba bikin, lagian nggak ada salahnya bikin berdasarkan materi lagunya, bukan semata-mata karena nilai nostalgia seperti senarai 90-an lain yang ada di blog ini.

So, jadilah gw akhirnya menyusun senarai 25 lagu J-Pop yang dirilis dari tahun 1990 hingga 1999. Senarainya mungkin kurang komprehensif jika menilik J-Pop secara keseluruhan di era itu—katanya merupakan era CD boom ketika semua orang Jepang membeli keping CD, sehingga penjualan satu single saja banyak yang sampai berjuta-juta keping. Tapi, seperti biasa, kriteria gampangnya adalah ini lagu-lagu yang saat ini pun masih bisa gw nikmati. Kebanyakan asal muasalnya adalah (of course) dari anime dan dorama/sinetron Jepang, tapi ada pula yang gw tahu  dari cover-an orang di era 2000-an.

(Arah jarum jam dari kiri atas) CHAGE and ASKA, Mr. Children,
JUDY AND MARY, Utada Hikaru, SPEED. All in their 90s looks.

Seperti biasa atas asas fair play *apaan*, gw hanya memasukkan satu lagu dari satu artis dalam senarai ini. Tetapi atas asas jangan-sampe-yang-ini-ketinggalan, gw akan mendahului senarai ini dari empat honorable mentions di bawah ini. 

And no, "Kokoro no Tomo" itu dari 1980-an. Yes, you're that old.



Honorable Mentions

"チェリー" – スピッツ ("Cherry" – Spitz) (1996)
Gw taruh di sini karena (spoiler) ada lagu lain dari Spitz di Top 25.




"そばかす" ("Sobakasu") – JUDY AND MARY (1996)
Sama, gw taruh lagu opening pertama anime Rurouni Kenshin/Samurai X ini di sini karena (spoiler) ada lagu lain dari mereka di Top 25.




"負けないで" ("Makenaide") – ZARD (1993)
Ini mungkin salah satu lagu yang sempat populer saat dirilis lalu agak tenggelam dimakan zaman, lalu booming lagi ketika vokalisnya meninggal dunia beberapa tahun lalu. Very catchy.




"Forever Love" – X JAPAN (1996)
Ini juga salah satu hit rock ballad 90-an yang booming lagi di era 2000-an ketika dipake kampanye perdana menteri Jun'ichiro Koizumi dan film anime yang kebetulan judulnya juga X (dari manga karya CLAMP).




Dan dalam hitungan mundur, top 25-nya adalah....




25. "STEADY" – SPEED (1996)
Ini salah satu girlband fenomenal di Jepang pada masanya. Vokal mereka mungkin terbilang annoying buat sebagian besar kita, tetapi harus diakui lagu ini gampang stuck di ingatan, apalagi bagi yang pernah nonton dorama Itazura na Kiss—yang dijiplak di sini jadi sinetron yang dibintangi Agnes Monica.




24. "Groovy!" – 広瀬香美 (Kohmi Hirose) (1998)
Coba denger ini tanpa ada visualisasi si Kero dari ending serial anime Cardcaptor Sakura. A very cheerful yet carefully arranged song. Hale Halellujah.




23. "HOME" – B'z (1998)
B'z adalah duo rock tersukses di Jepang, mereka punya banyak hits yang lebih besar daripada ini, tapi lagu inilah yang paling nyantol di gw ketika mendengarkan salah satu album best-of mereka.




22. "LOVE LOVE LOVE" – DREAMS COME TRUE (1995)
Struktur dan aransemennya tidak lazim di musik pop, tetapi ada sesuatu yang magical dari lagu yang sering masuk senarai tembang kenangan di acara Music Station serta di-cover banyak orang ini.




21. "長い間" ("Nagai Aida") – Kiroro (1996)
Lagu ini adalah salah satu rilisan duo Kiroro yang terekam di ingatan gw dari sekian single yang sering diputer di MTV Mandarin (dulu pernah dapet siarannya di TV berlangganan) dalam rangka mereka rilis album best-of di sana. Menurut gw lagu mereka yang lain agak boring, tapi yang ini cantik.




20. "恋しくて" ("Koishikute") – BEGIN (1990)
Ini adalah salah satu lagu yang di-kurasikan oleh salah satu artis J-Pop favorit gw, Hata Motohiro—he never fail me. Lagu ini sangat pop melodis mendayu-dayu vintage, tetapi digabung dengan vokal bercengkok khas karena band ini dari Okinawa, sedap banget lah.




19. "I for You" – LUNA SEA (1998)
Most of us (gw juga, hehe) tahu lagu ini dari dorama Kamisama Mou Sukoshi Dake atau God Please Give Me More Time yang dibintangi Kyoko Fukada—dan dicolong premisnya di sini jadi sinetron Pelangi di Matamu 2. One simply cannot unlisten the "kokolo kala'aaa" part =).




18. "ミルクティー" ("Milk Tea") – UA (1998)
Gw tahu lagu ini karena di-cover oleh Hata Motohiro, dan ternyata aslinya asyik juga. Lagunya R&B groovy gitu, dan judulnya lucu.




17. "STEP BY STEP" – ZIGGY (1996)
Tentu saja gw tahu lagu ini karena jadi lagu ending pertama serial anime Detective Conan. Ternyata pas didengar dan dilihat tanpa dikaitkan oleh Conan, lagunya rock n roll asyik gitu ya.




16. "LA・LA・LA LOVE SONG" – 久保田利伸 (Toshinobu Kubota) with Naomi Campbell (1996)
A hypnotic song dari serial dorama Long Vacation, rancak dan asyik sekali. Dan memang benar di lagu ini ada Naomi Campbell-nya, bagian "wanna make love, wanna make love song, hey baby," udah gitu doang.




15. "Tomorrow never knows" – Mr. Children (1994)
Gw udah pernah bilang gw sering kurang sreg sama Mr. Children, tetapi mungkin itu karena gw missed salah satu single terawal mereka yang ternyata indah sekali. Ya lagu ini.




14. "One more time, One more chance" – 山崎 まさよし (Masayoshi Yamazaki) (1997)
Mudah untuk tidak suka lagu ini karena suara artisnya yang, let's say, rapuh sekali, tetapi kalau diperhatikan melodi dan aransemennya oh-so-romantic deh.




13. "ILE AIYE -WAになっておどろう-" (WA ni natte odorou) – AGHARTA (1997)
Gw nggak akan bisa move on dari lagu ini karena ini adalah salah satu lagu wajib dari sesi bon odori di event-event matsuri (kebudayaan Jepang) yang diselenggarakan setiap tahun di kampus gw dulu. Lagu ini lebih populer ketika dijadikan single oleh boyband V6, tetapi gw yakin yang sering ikut gw tarikan adalah lagu versi aslinya dari band AGHARTA ini.




12. "First Love" – 宇多田ヒカル(Utada Hikaru) (1999)
I like this song quite a lot, tetapi gw menaruhnya di urutan ini karena lagu ini overplayed dan oversung di negeri kita ini. Like, seriously, stop it!




11. "歌うたいのバラッド" – 斉藤和義 ("Utautai no Ballad" – Kazuyoshi Saito) (1997)
Lucu sekali bahwa lagu ini tidak terlalu terkenal sampai lebih dari 10 tahun kemudian proyek band Bank Band yang dimotori vokalis Mr. Children, Kazutoshi Sakurai, meng-cover lagu ini, dan orang-orang mulai mencari versi orisinalnya. Dan gw pun menemukan versi orisinal ini lebih simpel tapi lebih oke dan heartfelt.




10. "It's Gonna Rain!" – BONNIE PINK (1998)

Namanya anak remaja Indonesia yang berada di masa boom anime di awal dekade 2000-an, pasti tak akan lepas dari serial anime Samurai X alias Rurouni Kenshin, juga oleh lagu-lagu opening dan ending-nya yang berbeda dari anime-anime yang sebelumnya pernah disaksikan. Lagu dari BONNIE PINK ini dahsyat sekali buat gw, groove-nya asyik, lafal Inggrisnya asyik, dan nggak nyangka sebuah anime bisa punya lagu kayak gini.




9. "散步道" ("Sanpomichi") – JUDY AND MARY (1998)

Untuk kesukaan gw akan lagu ini, dorama News no Onna (Anchor Woman) adalah yang patut disalahkan. Atau juga emang dasar JUDY AND MARY senantiasa sanggup bikin karya yang sangat sangat...err...interesting sehingga ketika udah masuk kepala loe, nggak akan pernah ilang. Atau vokalnya YUKI yang kayak alien. Anyway, buat gw lagu ini less weird dari "Sobakasu", mungkin karena ada aura positif dan penggunaan harmonika yang menyenangkan. Love it.




8. "ラブ・ストーリーは突然に" – 小田和正 ("Love Story wa totsuzen ni" – Kazumasa Oda) (1991)

It's from Tokyo Love Story! Dorama Jepang pelopor (I'm not counting Oshin here) di TV Indonesia yang turut mempopulerkan J-Pop...well, sort of. Ketika tayang pertama kali di Indosiar, entah karena peraturan atau sekadar biar lucu, lagu ini di-dubbing dengan lirik berbahasa Indonesia. Tetapi belakangan kedengaran juga versi aslinya yang ternyata sangat keren.




7. "the Fourth Avenue Café" – L'Arc~en~Ciel (1997)

Gw bukan fans L'Arc, tetapi bukan berarti gw sama sekali nggak menghargai karya mereka. Dari sekian banyak lagu mereka yang pernah gw denger, lagu yang jadi salah satu ending anime Rurouni Kenshin ini masih dan tetap menjadi lagu mereka yang paling gw sukai, baik itu dari melodi maupun sound-nya yang masih lepas nggak neko-neko.




6. "Love Love Love" – 平井堅 (Ken Hirai) (1998)

Ken Hirai muncul begitu striking di Jepang karena mengusung black music tapi punya suara lembut dan muka bagus, sesuatu yang tidak ada di Toshinobu Kubota, misalnya =P. Mendengarkan single-single awal Hirai, gw sendiri belum paham kenapa ia bisa seterkenal itu selain alasan tadi, tetapi single yang satu ini mencuat lebih daripada yang lain. Dapet bangetlah soul-nya, jadi pengen ikut nyanyi juga *halah*.

*Versi live yang nggak full. Maaf.
*Cuma bisa kasih link karena nggak bisa di-embed. Sony Music Japan emang nyusahin >=(



5. "君がいるだけで" - 米米CLUB ("Kimi ga iru dake de" – KOME KOME CLUB) (1992)

Setelah Tokyo Love Story, ada Sugao no Mama de alias Just the Way We Are yang melanjutkan perkenalan dorama Jepang di Indonesia. Lagu temanya pun nggak kalah dahsyat. Ke catchy-an lagu ini pun membawanya ke peringkat lima senarai ini *udah nggak tahu mau nulis apa lagi*




4. "SAY YES" – CHAGE and ASKA (1991)

Banyak yang mungkin pernah ingat judul 101 Proposals sebagai dorama yang muka pemainnya elek (which is kind of the point), yang lain mungkin ingat dengan lagu temanya yang dinyanyikan duo CHAGE and ASKA ini. Hal yang membuat gw fascinated sama lagu ini adalah bagaimana aransemennya seperti tak punya rumus dari segi chord sehingga terdengar rumit, tapi tetep nyaman bahkan megah didengar. Saran gw, kalaulah mau nyanyi lagu Jepang di nikahan orang, pakailah lagu ini, jangan "First Love"—karena itu lagu soal nggak ngelupain mantan =O.




3. "空も飛べるはず" – スピッツ ("Sora mo toberu hazu" – Spitz) (1994)

Terima kasih kepada sempai-sempai gw di kampus yang memperkenalkan gw sama Spitz. Band ini mungkin terlalu sweet untuk selera gw, tetapi memang lagu-lagunya banyak yang menyegarkan dan catchy sekali. Buat gw, lagu ini adalah the clear winner dari segala karya Spitz, karena begitu effortless dan ringan tetapi penyusunan melodinya sangat tertata. Keren.




2. "You're the Only..." – 小野正利(Masatoshi Ono) (1992)

Yup, begitu besar pengaruh dorama Jepang terhadap khazanah J-Pop gw, dan mungkin gw tak sendiri. Setelah Tokyo Love Story dan Just the Way We Are, hadirlah dorama Kimi no Tame ni Dekiru Dake alias Anything For You, yang lagu temanya begitu dahsyat. Bukan hanya karena lagu cinta ini pas banget sama title sequence-nya, tetapi fakta bahwa lagu ini dikemas dalam musik classic rock ballad dan nada-nada vokal yang setinggi itu, bikin lagu ini punya kekuatan luar biasa.

*Audionya bener tapi visualnya entah dari mana, hehe.

Ini versi akustiknya yang lumayan baru, tetep canggih.







1. "TRUE LOVE" –藤井 フミヤ(Fumiya Fujii) (1993)

Because of course =). Sedikit trivia, gw baru tahu bahwa meski nuansanya sangat romantis dan merupakan lagu tema dorama Asunaro Hakusho alias Ordinary People yang tentang cinta-cintaan, lagu ini sebenarnya tercipta sebagai pesan khusus Fujii bagi para penggemarnya—aww, so sweet. Dan, unlike "Kokoro no Tomo" yang di sini terkenal tapi orang Jepang nggak ada yang tahu, "TRUE LOVE" adalah benar-benar sebuah lagu hit di Jepang dengan penjualan CD single hingga lebih dari 2 juta keping, dan konon Fujii sering diminta menyanyikan lagu ini di acara nikahan orang, sampe doi sendiri nggak bisa itung udah berapa kali melakukannya.






Recap:
1. "TRUE LOVE" – Fumiya Fujii
2. "You're the Only..." – Masatoshi Ono
3. "Sora mo toberu hazu" – Spitz
4. "SAY YES" – CHAGE and ASKA
5. "Kimi ga iru dake de" – Kome Kome CLUB
6. "Love Love Love" – Ken Hirai
7. "the Fourth Avenue Café" – L'Arc~en~Ciel
8. "Love Story wa totsuzen ni" – Kazumasa Oda
9. "Sanpomichi" – JUDY AND MARY
10. "It's Gonna Rain!" – BONNIE PINK

11. "Utautai no Ballad" – Kazuyoshi Saito
12. "First Love" – Utada Hikaru
13. "ILE AIYE -WA ni natte odorou-" – AGHARTA 
14. "One more time, One more chance" – Masayoshi Yamazaki
15. "Tomorrow never knows" – Mr. Children
16. "LA LA LA LOVE SONG" – Toshinobu Kubota with Naomi Campbell
17. "STEP BY STEP" – ZIGGY
18. "Milk Tea" – UA
19. "I for You" – LUNA SEA
20. "Koishikute" – BEGIN
21. "Nagai Aida" – Kiroro
22. "LOVE LOVE LOVE" – DREAMS COME TRUE
23. "HOME" – B'z
24. "Groovy!" – Kohmi Hirose
25. "STEADY" – SPEED

See also:

Komentar

Posting Komentar