Senin, 18 Februari 2013

Tebak-Tebakan Pemenang 85th Academy Awards

Menjelang perhelatan Oscar, seperti biasa gw akan memposting tebak-tebakan pemenangnya. Ini bukan sekadar "menjagokan" yang artinya gw pasti milih yang paling gw suka atau cuma yang udah gw tonton (which is a definitely wrong method to guess), bukan juga prediksi yang harus benar dan ada alasan super kuat untuk memastikan pemenangnya. Tidak, ini hanya tebak-tebakan. Belum lagi, menebak pemenang untuk Oscar tahun ini tuh kampret banget karena banyak hal yang "menyalahi formula" untuk dapat memenangkan piala. We'll get to that later.

Tetapi mungkin di sanalah letak fun-nya. Akan banyak upset kalau ternyata yang menang bukan yang paling diunggulkan banget atau yang paling kita nggak suka, dan akan ada sukacita kalau ternyata yang menang adalah yang paling kita suka meskipun bukan yang paling unggul. Kalau yang paling diunggulkan yang menang ya biasa aja sih =P. Nah, serunya 85th Academy Awards ini, banyak sekali kategori yang dikatakan "sama kuat" sehingga pemenangnya tidak bisa ditebak dengan pasti, dan penghargaan pra-Oscar pun tidak banyak membantu (Golden Globes, DGA, PGA, SAG, WGA, BAFTA dsb.) karena pemilihan pemenangya agak kontradiktif dengan indikasi dalam nominasi dan sejarah pemenang Oscar selama bepuluh tahun. Pergelaran tahun ini bener-bener anti-spoiler deh. Dengan kata lain, yah, siap-siap tebakannya salah banyak, hehe. Dan inilah dia tebakan saya...





Btw, kalau mau lihat nominasi lengkapnya silahkan ke situs resmi Oscar.


best picture
LINCOLN
Untuk yang satu ini gw masih berpegang pada formula lazim bahwa pemenang best picture pasti juga dapat nominasi di 3 kategori lain: directing, writing/screenplay, dan film editing. Selama bertahun-tahun, ini seperti formula mutlak, hanya di tahun 1990 saja pemenang best picture, Driving Miss Daisy yang gak dapet nominasi directing. Tahun ini, yang memenuhi formula itu ada 3: Lincoln, Life of Pi, dan Silver Linings Playbook. Untuk mengerucutkan, cinematography dan akting juga kayaknya perlu jadi pertimbangan, maka tinggal Lincoln.

Masalahnya, film Argo begitu digdaya di penghargaan penting pra-Oscar seperti PGA, SAG, WGA, dan DGA (yang paling ampuh dalam proyeksi pemenang Oscar), plus Golden Globe, Critics Choice Awards, bahkan BAFTA, padahal tidak dinominasikan di directing. Haduh, pusing. Ya sudah lah, gw masukkan di pleasant surprise aja, toh gw juga suka filmnya.

pleasant surprise: ARGO



directing
AMOUR, Michael Haneke
Maka semakin bingunglah menebak salah satu kategori utama ini. Hanya 3 nomine di Director's Guild of America (DGA) Award tahun ini yang masuk nominasi Oscar, dan itu tidak termasuk pemenangnya (!), Ben Affleck untuk Argo. Jadi kategori ini anybody's game. Nah, melihat cinta bangetnya anggota Academy sama Amour (yang gw nggak suka itu), mungkin sutradara Jerman yang tidak ada relasi dengan Anneke Putri ataupun Inneke Koesherawati ini akan dihadiahi Oscar.

pleasant surprise: SILVER LININGS PLAYBOOK, David O. Russell
kali aja Academy udah capek ngasih penghargaan untuk sutradara non-WN USA selama 2 tahun berturut-turut. Saya dukung lah =)



actor in a leading role
Daniel Day-Lewis, LINCOLN
Hampir pasti. Mengingat sekarang udah nggak tabu lagi ngasih piala Oscar lebih dari satu kali pada seorang aktor/aktris apalagi untuk orang sehebat bapak ini, ini sangat-sangat mungkin.

pleasant surprise: Hugh Jackman, LES MISÉRABLES
who knows, kali aja kutukan "tidak ada aktor yang menang Oscar di bawah penyutradaraan Steven Spielberg" dapat menghalangi Day-Lewis.



actress in a leading role
Jennifer Lawrence, SILVER LININGS PLAYBOOK
Nah ini. Ini nih. Sebelumnya memang sudah ada race antara Lawrence dan Jessica Chastain dari Zero Dark Thirty. Eh terus di Oscar nyelip aktris senior Prancis, Emmanuelle Riva dari Amour, yang penampilannya gw akui juara sekali. Lebih sengit lagi, Lawrence menang anugerah Screen Actors Guild (SAG), Riva menang di BAFTA. Apa pentingnya BAFTA? Menurut salah satu rekan blogger pemerhati Oscar asal Bali (sebut saja Bunga =p), banyak anggota Academy terutama aktor/aktris yang berasal dari Inggris, yang juga jadi anggota BAFTA. Tetapi....entahlah, sepertinya gw masih merasa produser eksekutif Playbook, Harvey Weinstein masih punya pengaruh di Academy...entahlah...

pleasant surprise: Jessica Chastain, ZERO DARK THIRTY



actor in a supporting role
Tommy Lee Jones, LINCOLN
Nah ini. Ini nih *ngulang*. Kategori ini juga ngehek karena berisi aktor senior yang semuanya pernah memenangkan Oscar, dan kansnya rata-rata sama. Gw pilih Jones dari Lincoln karena dia menang di SAG, sedangkan pesaing utamanya adalah Christoph Waltz dari Django Unchained yang menang di Golden Globe dan BAFTA. Entahlah, entahlah....

pleasant surprise: Philip Seymour Hoffman, THE MASTER, karena gw suka doi...dan kali aja masih ada kutukan Spielberg di Lincoln.



actress in a supporting role
Anne Hathaway, LES MISÉRABLES
Yang satu ini adalah favorit umum dan nyaris pasti sebagaimana Daniel Day-Lewis. Favorit gw juga nih =).

pleasant surprise: Amy Adams, THE MASTER
kali aja pada kasian sama this lovely lady yang udah 4 kali masuk nominasi tapi belum menang, dan bisa jadi promo yang bagus buat Man of Steel. Inget Natalie Portman menang Oscar sebelum Thor tayang? *ngaco*



animated feature film
WRECK-IT RALPH
Film animasi terfavorit gw tahun 2012 dan untungnya juga berhasil memenangkan penghargaan di Annie Awards (penghargaan animasi) dan anugerah Producers Guild of America (PGA). Belum pasti, tetapi mungkin sedikit lebih besar kemungkinannya dibanding Frankenweenie atau ParaNorman. Siapa tahu ini jadi Oscar pertama bagi film produksi asli Walt Disney Animation Studios di kategori ini.



cinematography
LIFE OF PI
Mengingat Avatar dan Hugo, rasanya Academy lagi demen sama sinematografi digital yang menipiskan perbedaan antara fotografi langsung dengan efek visual, dan 3-Dimensi.

pleasant surprise: ANNA KARENINA or SKYFALL
Anna Karenina adalah salah satu film terfavorit gw dari semua film yang masuk Oscar tahun ini, sedangkan untuk Skyfall mungkin sudah saatnya Roger Deakins dapet Oscar meskipun buat gw ini bukan kerja terbaiknya.



costume design
ANNA KARENINA
Selain indah, kostumnya juga menerjemahkan dengan baik visi filmnya yang berada yakni "kepura-puraan" vs dunia nyata. Sangat layak.

pleasant surprise: MIRROR MIRROR
penghargaan terakhir untuk alm. Eiko Ishioka, anyone?



film editing
ARGO
Karena pacing-nya di klimaks bikin gw jantungan. Sialan. Dan juga semacam tebusan film ini nggak masuk directing.

pleasant surprise: SILVER LININGS PLAYBOOK



makeup and hairstyling
LES MISÉRABLES
Ini kategori perpanjangan dari Best Makeup, jadi harus pertimbangkan soal tata rambut juga. It's been a while sejak Frida, mungkin Academy hendak memilih tata rias yang nggak pake prostetik. Kali aja.

pleasant surprise: THE HOBBIT: AN UNEXPECTED JOURNEY



original score
ARGO
Juga semacam tebusan karena film ini nggak masuk directing. Serta mungkin sudah saatnya penghargaan diberikan pada Alexandre Desplat.

pleasant surprise: ANNA KARENINA



original song
"Skyfall" from SKYFALL
Semoga anggota Academy suka Adele, dan luluh dengan perayaan 50 tahun James Bond di layar film tahun lalu. Sebab, selama itu pula film-film James Bond tidak pernah mendapat piala Oscar. Ini momen yang tepat, sepertinya.

pleasant surprise: "Everybody Needs a Best Friend" from TED
my most favorite of all the nominees.



production design
ANNA KARENINA
Kategori ini dulu namanya Art Direction (Tata Artistik), penghargaan untuk menilai rancangan visual film terutama soal ruang/bangun *sotoy*. I love the film, dan desain produksi Anna Karenina berintegrasi langsung dengan maksud dari penyampaian ceritanya, bukan cuma sekadar hiasan dan latar belakang.

pleasant surprise: LINCOLN



sound editing
LIFE OF PI
Karena memang secara teknis film ini paling modern dan unggul. Entah kenapa kalau kategori ini (menilai perancangan suara: suara apa diubah jadi suara apa, atau yang nggak ada suaranya dikasih suara baru, ya gitu deh) gw selalu berpihak pada film-film fantasi seperti ini, kebanyakan juga sering salah tebak sih =p.

pleasant surprise: SKYFALL



sound mixing
LES MISÉRABLES
Menilai penataan suara sehingga menjadi seperti yang kita saksikan di bioskop, rasanya film musikal yang aktornya nyanyi live on set ini bisa unggul, perpaduan suara vokal yang jelas nan jernih dan musiknya yang ditambah belakangan terdengar menyatu, tembak-tembakannya juga yahud.

pleasant surprise: ARGO



visual effect
LIFE OF PI
Ini jelas, karena seluruh penceritaan filmnya memang bergantung pada efek visual. Kalo nggak ada ya filmnya nggak jadi.

pleasant surprise: PROMETHEUS
unlikely to happen though.



adapted screenplay
ARGO
Lagi-lagi tebusan karena nggak masuk directing.

pleasant surprise: SILVER LININGS PLAYBOOK



original screenplay
ZERO DARK THIRTY
Kategori ini juga ketat karena banyak pesaing, tapi yah gw coba tebak ini aja deh, yang kebetulan baru menang WGA (Writer's Guild Award), kali aja. Asal bukan Amour =P.

pleasant surprise: DJANGO UNCHAINED



foreign language film
AMOUR
Lihat film ini masuk nominasi di banyak kategori lain kan? Bukan jaminan sih (inget Amélie di tahun 2002), dan gw akan SENANG SEKALI kalau BUKAN Amour yang menang, tapi yah ini tebakan paling aman.



documentary feature
SEARCHING FOR SUGAR MAN
Nebak dari kemenangannya di PGA, meneketehe.



documentary short
KING'S POINT
Nebak dari premisnya tentang rumah jompo, menarik, tapi ya meneketehe.



animated short film
PAPERMAN
Para nomine kategori ini tenyata sebagian besar sudah bisa ditonton di internet lho, atau beruntunglah bagi kita yang sudah nonton setidaknya dua di antaranya di bioskop: Paperman yang membuka film Wreck-It Ralph, dan Maggie Simpson in The Longest Daycare yang mengawali Ice Age: Contitental Drift. Jelas jadinya keduanya ini paling dijagokan. Paperman milik Disney menurut gw paling lengkap dan pantas menang, mulai dari desain gambar, teknik, ide, musik, dan penuturannya yang enak sekali diikuti, paling enjoyable. Sedangkan The Longest Daycare mungkin hanya unggul di humornya saja.

pleasant surprise: ADAM AND DOG
gw suka banget sama gambarnya, keren gilak. Tentang persahabatan anjing dan manusia pertama di bumi (duh, the title) dari sudut pandang si anjing. Agak dragging, tapi cakep lah.



live-action short film
BUZKASHI BOYS
Tentang kehidupan anak-anak di Afghanistan, kali aja dianggap "eksotis".




Pemenang 85th Academy Awards akan diumumkan pada malam penganugerahan tanggal 24 Februari 2013 malam waktu setempat atau 25 Februari 2013 pagi WIB, acara dipandu komedian/kreator serial animasi "Family Guy" dan film Ted, Seth MacFarlane.


4 komentar:

  1. Menurut gw Argo bakal menang di Best Picture, soalnya walaupun jarang tapi kejutan kayak DMD masih kemungkinan terjadi. Apalagi hampir semua ajang penghargaan besar menangin Argo. Yah tapi kalau menurut gw sih yang paling bagus Zero Dark Thirty sama Django Unchained :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. gw dari 9 nomine Best Picture malah paling suka Les Miserables ^_^, tapi secara "formula" sudah pasti tidak menang, jadi pasrah aja, hehe

      Hapus
  2. Rata2 ampir sama sih ma gw, asal bukan Amour, hahaha :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, eh tapi Amour kan memang film bagus jadi wajar dong kalo menang sesuatu *siapin bantal*

      Hapus