WINNERS of the 85th Academy Awards



24 Februari 2013 malam waktu setempat atau 25 Februari 2013 pagi waktu Indonesia telah digelar malam penganugerahan Academy Awards ke-85, atau untuk tahun ini branding-nya cuma "The Oscars". Seperti gw bilang dalam postingan tebakan pemenang Oscar kemarin, Oscar tahun ini bikin geregetan sekaligus mendebarkan karena banyak dari pemenangnya yang sulit dipastikan sebelum pengumumannya keluar. So, langsung saja yuk kita lihat pemenang tahun ini siapa saja, dan berapa banyak tebakan gw yang benar. 



Seperti tahun-tahun sebelumnya, gw beri tanda (O) kalau tebakan gw benar, dan (X) kalau salah. 



best picture
ARGO (X)
Pleasant surprise, melanggar "formula" tapi memang pantas. Film pertama yang menang Best Picture tanpa dinominasikan untuk Directing sejak Driving Miss Daisy (gelaran Oscar tahun 1989). Good job! =))



directing
LIFE OF PI, Ang Lee (X)
Wohooo...very surprised. But no complaints here =). Untung bukan Amour.


actor in a leading role
Daniel Day-Lewis, LINCOLN (O)
Dan pas pidato doi bercanda! bisa juga ternyata =))


actress in a leading role
Jennifer Lawrence, SILVER LININGS PLAYBOOK (O)
Baik paras maupun aktingnya ayu tenan, mbake =). Oh, jangan lupa bekingan Harvey Weinstein. Gw mah seneng aja asalkan Amour gak menang =p.


actor in a supporting role
Christoph Waltz, DJANGO UNCHAINED (X)
Gapapa, salah tebak di kategori paling susah ditebak. Ridha kok.


actress in a supporting role
Anne Hathaway, LES MISÉRABLES (O)
Liat klip nominasinya aja udah bikin terharu, gila aja kalo kalah.


animated feature film
BRAVE (X)
Aaaaaaakkkkkkkkkk!!!! How can this beeee?!!!! *jedotin kepala* *kepala beruang*


cinematography
LIFE OF PI (O)
Mungkin karena 3D-nya oke berat =).


costume design
ANNA KARENINA (O)
Jelas. Well-deserved.


film editing
ARGO (O)
Nggak mungkin nggak.


makeup and hairstyling
LES MISÉRABLES (O)


original score
LIFE OF PI (X)
Bagus lah =)


original song
"Skyfall" from SKYFALL (O)
Adele dapet piala lageee!!!


production design
LINCOLN (X)
Harusnya tuh Anna Karenina, para production designers juga pasti banyak yang nge-vote itu *sotoy*, tapi mungkin voters di luar itu banyak yang bingung sama konsepnya (duh, kesian deh), akhirnya milih yang paling aman. Tapi gw sendiri sebenarnya suka sama visual monokromatis, gelap kecokelatan dengan aksen lampu-lampu petromak dalam Lincoln yang membuatnya tampak otentik. Pleasant surprise =). 


sound editing
ZERO DARK THIRTY  
SKYFALL (X)
Surprise!! Pertama kali sejak sekian tahun ada hasil seri. Tapi udah gitu gw tetep salah tebak dua-duanya, haha. Skyfall was my pleasant surprise, though.


sound mixing
LES MISÉRABLES (O)
Toldja


visual effect
LIFE OF PI (O)


adapted screenplay
ARGO (O)


original screenplay
DJANGO UNCHAINED (X)
Pleasant surprise!!! Salah tapi seneng ^_^. Yang penting bukan Amour.


foreign language film
AMOUR (Austria) (O)
Iye iye, kasih dah satu *kebas bantal*


documentary feature
SEARCHING FOR SUGAR MAN (O)
Untuuung untuung =D


documentary short
INOCENTE (X)
ya meneketehe.


animated short film
PAPERMAN (O)
Yes, terlalu oenjoe untuk tidak menang.


live-action short film
CURFEW (X)
meneketehe juga, nebaknya juga sambil merem.



Jadi total tebakan gw benar 14 dari 24 kategori yang ada, sekitar 58,33%. Lumayanlah benernya nambah 1 dari tahun lalu (satu doang, hiks). Namun adanya 4 nama pemenang yang gw salah tebak tapi masuk pleasant surprise, rasanya gw gak bisa komplain banyak. Tetap menyenangkan kok, nggak kapok, hehe.

Menilik jumlah piala, tahun ini lumayan bagi rata terutama film-film yang masuk nominasi Best Picture (kecuali Beasts of the Southern Wild, terima kasih partisipasinya *kasih nasi kotak*). Life of Pi di luar perkiraan gw ternyata sanggup pulang dengan piala Oscar terbanyak yaitu 4 piala. Meski demikian Argo-lah yang jadi paling berbahagia karena menang 3 Oscar termasuk Best Picture. Les Misérables juga dapat 3 Oscar yang layak. Di bawah mereka ada Django Unchained, Lincoln, dan Skyfall masing-masing 2 Oscar, dan sisanya Silver Linings Playbook, Amour, Anna Karenina, Brave (&%@#!!), dan Zero Dark Thirty tetap dapat status Academy Award-winning dengan masing-masing 1 Oscar.

Untuk acaranya, Seth MacFarlane punya lontaran-lontaran komedi yang pas, performa nyanyinya juga oke, he's good. Sayang setiap sekuen nominasinya agak basi. Tema khusus movie music-nya dirayakan lewat penampilan Shirley Bassey nyanyi "Goldfinger" dalam rangka 50 tahun film-film James Bond (awesome), Adele nyanyi "Skyfall" dengan lebih menggelegar dengan bantuan paduan suara bapak-bapak, juga persembahan merayakan film-film musikal 10 tahun terakhir: dari Jennifer Hudson nyanyi "And I Am Teeeeelling Youu Iiiii'm Not Going" dari DreamGirls (deg-degan), Catherine Zeta-Jones mereka ulang penampilan Oscar-winning-nya lewat "All That Jazz" dari Chicago (sayang lip-sync), dan nyaris seluruh pemain Les Misérables menyanyikan "One Day More" dengan menggetarkan...ya itu kalo mengabaikan Russell Crowe sih =p. Megah dan menyenangkan, tapi gw bilang sih masih kalah kreatif dari "kerjaan" Baz Luhrmann di Oscar 2009.

Overall, it's quite good. Pemenangnya tidak ada yang bikin kesal selain 1-2 saja. Acaranya pun ada kejutan-kejutan seperti "pengusir orang pidato kelamaan" yang pake musik serem dari Jaws =D, adanya Oscar seri di kategori Sound Editing, dan pembaca pemenang Best Picture oleh ibu negara Michelle Obama, still a fun event.

Selamat buat para pemenang.


Komentar