Year-End Note: My Top 10 Songs of 2012 (International)

Hello, hello, sudah di penghujung tahun 2012 nih. Sesuai tradisi blog ini, maka mulai hari ini sampai hari terakhir tahun ini nanti gw akan memposting Top 10 lagu, album, dan film yang menurut gw paling berkesan dan paling gw suka tahun ini. Dan khusus tahun ini (walaupun mudah-mudahan tahun-tahun depan juga bisa), akan ada postingan tambahan soal film. Apa itu? Aaaaada deh, tunggu aja ya =).

Kita akan mulai dengan 10 lagu yang paling gw senangi tahun 2012, seperti biasa akan gw bagi jadi tiga kategori: internasional, Indonesia, dan J-Pop. Untuk yang pertama, mari simak 10 lagu internasional paling top versi gw taun 2012 ini, dalam hitungan mundur:




10. "Troublemaker" - Olly Murs featuring Flo Rida
Agak-agak Maroon 5 edisi lama dengan bunyi-bunyian funk-nya, lagu ini terdengar asik dengan vokal ringan tapi kokoh dari Olly dan sentuhan sing-rap dari Flo Rida ternyata memberi variasi yang oke juga. Balada tentang jatuh cinta pada orang yang salah tapi malah bikin semangat.





9. "Girl On Fire (Inferno Version)" - Alicia Keys featuring Nicky Minaj
Awal-awal denger agak-agak heran mbak Alicia pascakawin dan brojol ini mengeluarkan single yang terdengar sederhana ini. Tapi lama kelamaan, penghayatannya makin terasa meski dengan nada dan instrumen yang nggak terlalu rame, tetep rancak. Versi Inferno dengan Nicky Minaj ini lebih banyak menonjolkan sampel drumnya sehingga ada kesan intim gimana gitu. Bukan sama Minaj-nya sih, serem amat.





8. "She's So Mean" - Matchbox Twenty
Band yang akhirnya mau bersatu dan bermusik lagi meski sekarang tinggal berempat. Nggak masalah, Matchbox kembali with a bang karena "She's So Mean" ini mengingatkan mengapa mereka dulu sempat jadi salah satu band pop-rock Amerika tenar banget. Liriknya keren, nadanya catchy, vokal dan artikulasi khas Rob Thomas tetap yahud, tapi musik mereka tetap terasa current.





7. "In My Remains" - Linkin Park
Ini adalah lagu dari album Living Things yang menurut gw harusnya jadi single andalannya. Lagu yang menurut gw Linkin Park banget, seakan berteriak "we're baaaack!" seperti pada masa-masa album pertama dan kedua. Singkat padat, menghentak dengan melodi cantik, menampilkan vokal Chester baik versi santai maupun kasar, dan bagian bridge yang bagaikan mantera siap dinyanyikan bersama-sama di saat konser. "Like an army, falling, one by one by one..."





6. "Payphone" - Maroon 5 featuring Wiz Khalifa
Maroon 5 selalu bisa menelurkan setidaknya satu lagu hit di setiap rilisan album. Lagu ini semakin meninggalkan ciri mereka di awal yang campur pop-funk-R&B, sekarang malah semakin pop saja dengan tambahan profanity. Kangen sih sama Maroon 5 yang lama, tapi siapa bisa tahan keasyikan setiap nada dan irama lagu Telkom ini =P.





5. "Some Nights" - Fun.
Bingung mau milih antara "Some Nights" atau "We Are Young", akhirnya gw pilih lagu yang telah sukses membuat gw tertarik untuk kenal Fun. lebih jauh. Lagu yang unik (sebagaimana banyak lagu-lagu Fun. lainnya) karena liriknya yang cerewet dan gaya nyanyi Nate Ruess yang Freddy Mercury-ish, dramatis-dramatis gimana gitu, plus ada unsur drum ala marching band yang lama-lama ngajak jingkrak-jingkrak, dan juga ngajak ikutan berseru "ouwoo!". Cuma di sini saja gw nggak keganggu sama auto-tune.





4. "Safe & Sound" - Taylor Swift & The Civil Wars
Lagu yang membuat gw stay di end credit film The Hunger Games, saking syahdu dengan melodi yang lirih dan deting dawai gitar yang menggema *tsaah*. Lagu folk-country yang ditulis dan dibawakan dengan indah sekali dan akan sulit ditiru. Gw tidak pernah suka Taylor Swift, tapi ini jadi pengecualian...well, sebenarnya gw yakin yang bikin bagus tuh The Civil Wars-nya =p.





3. "93 Million Miles" - Jason Mraz
Gw selalu suka gaya Mraz yang bercerita sambil bernyanyi. Dan untuk kali ini, ia semakin kalem dan selalu bernyanyi dalam melodi yang tak kalah asik, dengan lirik yang semakin ringkas namun mengena. Musiknya pun jadi semakin dewasa dan semakin memberi kelegaan kala mendengarnya. Lagu ini jadi terfavorit gw dari album teranyar Mraz tahun ini.





2. "It's Time" - Imagine Dragons
Suka terutama karena chorus-nya catchy. Terus suka karena ada suara mandolin yang bikin lucu, meskipun musik band ini rock agak elektronik gitu. Terus makin suka karena suara vokalnya Dan Reynolds yang fragile tapi mantap dan berkarakter. Makin suka lagi karena tahapan aransemennya yang makin ke belakang makin terasa grand. Makin didenger makin keren. Ah, it's almost my most favorite of the year. Almost.










1. "Ho Hey" - The Lumineers
Ho! Lagu yang gw temukan karena iseng pengen tahu siapa aja yang lagi hits di USA sanah. Hey! Malah kepincut muterin terus di YouTube, lagu folk yang manis dan menyenangkan. Ho! Lagunya cuma 2 menit setengah tapi terasa full dan malah bikin nagih, nggak mungkin muter cuma satu kali. Hey! Liriknya yang sederhana tapi bermakna dalem tentang kasih tak sampai, tidak terasa lebih atau kurang. Ho! Melodinya juga sederhana tapi gampang banget diikutin dan... Hey! Ngajak tepuk tangan dan hentak kaki banget. One, two, three...I belong with you, you belong with me, you're my sweetheart...






Lihat juga:

My Top 10 Songs of 2012: IndonesiaJapan
My Top 10 Albums of 2012
[Special] 2012, A Good Year for Indonesian Films
My Top 10 Films of 2012

Komentar