Year End Note: My Top 10 Albums of 2009

Sekarang waktunya 10 album yg paling gw suka sepanjang tahun 2009. Cukup mengejutkan buat gw bahwa 2009 adalah tahunnya gw lagi seneng2nya sama musik Indonesia, ada 4 album yg gw masukin di daftar ini. Sekadar mengingatkan gw memiliki tidak semua CD dari album2 di bawah ini, khusus album Jepang gw bajak dari internet karena satu keping CD Jepang (impor) itu harganya 4 kali CD internasional yg dijual di Indonesia, salah gue? Anyway, daftar album paling berkesan 2009, dalam urutan abjad, adalah sebagai berikut.



1. ANSWER – Angela Aki (アンジェラ・アキ)
CD-nya diedarkan di toko2 musik Indonesia dengan harga standar, langsung gw sikat karena Angela Aki adalah salah satu musisi Jepang yg gw suka. Album ini masih memuaskan dengan musik khas Angela Aki tanpa kentara ada pengulangan dari album2 sebelumnya. read review


2. ETERNAL FLAME – Do As Infinity
Album pertama Do As Infinity sejak reuni. Sama sekali tidak mengecewakan meski rasanya belum se-pol seperti jaman sebelum bubar. read review



3. FRIDAY – RAN
Melanjutkan sukses album debut mereka, RAN masih bertaji di album kedua (apaan siy). Lagu2nya masih catchy dan musiknya masih menyenangkan tanpa
kesan murahan. read review


4. Janji Pasti – The Banery
Mungkin album terfavorit gw tahun ini karena sampai sekarang ada kali gw
puter 20 kali. Musiknya kuno tapi kesannya fun dan fresh, lagunya enak2. Gw pun memutuskan The Banery adalah band baru terfavorit gw tahun 2009. Very very promising! read review


5. Mata, Hati, Telinga – MALIQ & D'ESSENTIALS
Mini-album ini gw dengerin beberapa kali dengan cara minjem CD temen gw di kantor
(abis mahal siy harganya). Bisa jadi ini karya terbaik Maliq, hanya dengan 6 lagu khas tapi terasa solid dan sangat lezat, pas sekali porsinya, nggak ada lagu yg tercela. Gw pasti beli deh kalo ada kelebihan uang hehehe.


6. My song Your song – Ikimonogakari (いきものがかり)
Hattrick dari Ikimonogakari yg tetap menampilkan musik yg berisi dengan melodi manis. Sangat pop dan sebenarnya tidak terlalu spesial. Namun Ikimonogakari tetap punya charm yg menarik gw untuk terus mendengarkan. read review


7. nowhere to go – endahNrhesa
Ini dia hidden treasure musik Indonesia yg albumnya terbilang laris—terutama untuk ukuran CD independen—tanpa promosi terlalu gencar, apalagi pake infotainment (karena justru infotainment digunakan oleh orang2 yg prestasinya nol). Dalam kesederhanaan (dari segi instrumen), endahNrhesa berhasil menyajikan musik yg berkarakter beserta lirik yg unik dan permainan ciamik. “Quality” is the right word. read review


8. Shio, Kosho (塩、コショウ) – GReeeeN
Masih belum menunjukkan tampang 4 personelnya, GreeeeN semakin mengukuhkan posisinya sebagai artis yg bisa laku hanya bermodalkan lagu,
hanya lagu. Album ini pun masih dengan formula lagu2 yg ramah didengar sekaligus asik meskipun mulai terdengar pengulangan dari karya2 sebelumnya. read review


9. SUPERMARKET FANTASY – Mr. Children
Album basi-an akhir 2008 yg jadi pendamaian gw dengan Mr. Children, padahal gw dulu nggak segitu nge-fans nya sama band senior ini. SUPERMARKET FANTASY adalah album terpuji: musiknya top, lagu2nya top, vokalnya top, judul albumnya pun luar biasa kreatif. Album ini lalu jadi salah satu album J-Pop terbaik yg pernah gw denger.
read review


10. The Pursuit – Jamie Cullum
Seperti tahun lalu, lagi2 tahun ini gw cuman beli 1 album bule, dan untungnya yg 1 itu bukan pilihan yg keliru. Album Jamie Cullum ketiga (yg gw punya) tetap memiliki ciri dan
excitement khas Jamie ditambah warna musik yg berbeda di beberapa lagunya. Worth to be bought and listened. Manstabh! read review



Komentar