Sabtu, 21 November 2009

[Album] GReeeeN - Shio,Koshou


GReeeeN - 塩、コショウ
Shio,Koshou
(2009 – Nayutawave/ Universal Music Japan)

1. 光 Hikari
2. 口笛
Kuchibue
3. 遥か
Haruka
4. 歩み
Ayumi
5. いつまでも
Itsu Made mo
6. 旅人
Tabibito
7. ハレルヤ!!!!
Hallelujah!!!
8. STORY
9. 刹那
Setsuna
10. 冬のある日の唄
Fuyu no Aru Hi no Uta
11. 扉
Tobira
12. 空への手紙
Sora e no Tegami
13. 父母唄
Fubo Uta
14. 髭、コソウ
Hige, Kosou (Secret Track)


GReeeeN sekali lagi membuat gw kagum. Sebuah group vokal yg suaranya tidak terlalu enak didengar dan bahkan muka2nya sampai sekarang belum ketahuan seperti apa, tapi dengan mulus dan sukses menjual album2 mereka dengan jumlah yg nggak main2. Kuartet yg terdiri dari sarjana kedokteran gigi ini sukses hanya dengan resep klasik: lagu-lagu enak. Di Indonesia mana bisa begitu? Gabungan pop, hip-hop, rap, reggae, rock dan dance serta lirik yg mudah diterima rupanya formula yg ampuh untuk membawa karya2 mereka senantiasa laris. Album debut mereka tahun 2007 A', Domo. Hajimemashite ("Oh, halo. Salam kenal." ^_^) yg gw suka sekali sukses terjual setengah jutaan keping. Album kedua A', Domo. Hisashiburi desu. ("Oh, halo.
Lama tak jumpa." ^0^) yg gw gak terlalu suka, ternyata meledak hingga hampir dua kali jumlah album pertama. Album ketiga pun masih sanggup menyamai prestasi album kedua mereka, dan untungnya lagi, gw menyukai album ketiga GReeeeN ini (idih, siapa gw?).

Shio, Koshou ("Garam, Lada"...ampun deh judul album macam apa ini? ^.^') merangkum cukup banyak lagu (13, track 14 gak gw anggep lagu, cuman teriak2 doang) dan untungnya daya tarik nada2
catchy dan beat2 menyenangkan ala GReeeeN masih kental. Jika dibanding dengan album pertama, album ini cenderung lebih kalem. Kalo dibandingin album kedua (yg memuat superhit "Kiseki") yg menurut penilaian gw terlalu beban sehingga kurang menghibur, gw bilang album ini lebih enjoyable, antara yg irama nya cepet, medium, dan slow porsinya pas. Sebenernya nggak ada sesuatu yg baru yg ditawarkan di album ketiga ini, tapi gimana ya, lagunya enak2 sih. Gw gak bisa menjelaskan dengan deskriptif jelas bagaimana musik GReeeeN ini, tapi yg pasti melodi2nya akan mudah diterima oleh kuping siapapun.

Lagu2 yg gw suka antara lain single2 “Ayumi”, “Setsuna”, “Tobira”, lalu lagu2 baru seperti
“Kuchibue” (my most favorite track of the album), “Itsu Made mo”, “Hallelujah!!”, “Fuyu no Aru Hi no Uta”, “Sora e no Tegami”, dan lagu manis untuk ayah-ibu “Fubo Uta”, tapi bukan berarti lagu2 lain nggak bagus. Semuanya terpadu dengan cukup mulus. Gw merasakan sesuatu yg hilang di album kedua ada di Shio,Koshou, yaitu perasaan malas mengskip lagu. Singkatnya, dari pop ballad sampai disco reggae yg mantap, album ini menawarkan warna yg solid dan nyaman didengar dimanapun dan kapanpun (cieileeh...nggak sih, nggak selebay itu).

Karena kadung udah mendengarkan 2 album mereka sebelumnya, mau nggak mau lama2 kesan pengulangan muncul juga. Nada2nya mulai keliatan “ke situ-situ aja”. Tapi untungnya GReeeeN
masih pintar meramu musik mereka sehingga tidak terlalu membosankan. Begitu pintar sampe gw gak mau tau arti liriknya, nggak musingin sembernya vokal2 mereka, bahkan udah nggak peduli lagi sama kepenasaranan bagaimana tampang asli mereka. Lagunya enak2. Titik. Itu sangat cukup untuk membuat album ini layak didengarkan dari awal hingga akhir. Tidak seimpresif album pertama, tapi kualitasnya nggak jauh kok dari situ.


My score:
7,5/10



GReeeeN


Previews

Ayumi


Setsuna


Haruka



2 komentar:

  1. Lagunya GreeeeN emang enak didengar. Semuanyaa. Suka deh sama mereka.

    BalasHapus
  2. Lagunya GreeeeN emang enak didengar. Semuanyaa. Suka deh sama mereka.

    BalasHapus