[Album] Endah N Rhesa - nowhere to go



Endah N Rhesa - nowhere to go
(2009 - demajors)


Tracklist:
1. I Don’t Remember
2. Dreams Interlude
3. Blue Day
4. When You Love Someone
5. Living with Pirates
6. Catch the Windblows
7. A Thousand Candles Lighted
8. Uncle Jim
9. Baby It’s You
10. Before You Sleep
11. Take Me Home

Gw pertama kali "dikenalkan" dengan duo akustik ini lewat siaran salah satu radio, dimana mereka menyanyikan lagu2 dengan sangat original (walau lagu cover) dan seperti rekaman, padahal live! Rupanya Endah N Rhesa namanya cukup harum di dunia perkafean Jakarta, for a good reason. Endah N Rhesa, seperti yg kita bayangkan, terdiri dari Endah (vokal dan gitar) dan Rhesa (bass). Aliran mereka mnurut gw adalah pop akustik yg nyerempet ke folk, dengan musik dan lagu2 yg sama sekali tidak akan bisa ditemukan pada artis lain di negeri Indonesia ini, padahal katanya lagu2 di album ini direkam di studio pribadi a.k.a. kamar dengan segala kesederhanaannya.

Keseluruhan lagu di album ini diciptakan oleh Endah N Rhesa, dengan lirik berbahasa Inggris dan berkonsep lagu2 yang merupakan cerita2 dari negeri ciptaan mereka, ada yg lucu ("Living With Pirates"), ada juga yg mengharukan ("Uncle Jim"). Musik mereka murni akustik, hanya gitar dan bas dan beberapa instrumen non-listrik lainnya sebagai tambahan, tapi entah kenapa musik mereka terkesan lebih berbobot dan mahal daripada artis2 berkonsep full band milik perusahaan rekaman besar yg berjamuran muncul belakangan ini (*sindir mode: on*). Less is more, indeed. Vokal Endah gw bilang berkarakter walau bukan jenis "diva", gabungan antara Dolores-nya The Cranberries, Jewel, dan Bonnie Pink (penyanyi Jepang), dan permainan gitarnya sangat oke. Peran Rhesa mungkin agak "di belakang" tapi di track pertama, "I Don't Remember" dia maennya cihuy juga.

Dibuka dengan lagu "I Don't Remember" yg rada nge-soul, cukup tepat untuk membuka album dan menggambarkan artis macam apa Endah N Rhesa itu. Lagu yg gw suka selain yg barusan adalah "Blue Day", "Catch The Windblows", "A Thousand Candles Lighted" (ini keren), dan yang paling nampol dan siap meluncur mudah di kuping banyak orang, balada "When You Love Someone" yg rada mendayu-dayu tapi liriknya pasti gampang nusuk. Lagu lain mungkin bukan favorit gw tapi kalo denger CD ini, rasanya malas meng-skip lagu (^o^).

Lagu2nya punya melodi yg enak dalam tempo beragam berkat pemanfaatan instrumen yg ada terbilang maksimal. Mungkin moodnya terlalu mellow di 2 track terakhir, tapi sebagai sebuah album secara keseluruhan, this is impressive. Enaak banget didengerin sambil nyetir. Artis yg punya originalitas dan karya yg bagus kayak gini yg patut dibanggakan, dilestarikan (lebay dah ^.^'), dan patut juga diekspor. Dan kabar baiknya adalah, CD nya cuman Rp 25 ribu!!!!


my score: 8/10





Endah N Rhesa


Previews
courtesy of YouTube

I Don't Remember

@IndieAsia: Indonesia at Waterfront Stage-Esplanade, Singapore, 2009




When You Love Someone
(audio)



Blue Day



Living With Pirates (live @ demajors)



Komentar