Jumat, 11 September 2009

[Album] RAN - FRIDAY



RAN – FRIDAY

(2009 - Universal Music Indonesia)

Tracklist:

1. T.G.I. Friday
2. Karena Kusuka Dirimu
3. Tunjukkan Cintamu feat. Shila
4. Jadi Gila
5. Bosan
6. GOD
7. Budak Cinta feat. Dewi Sandra
8. Ratu Lebah
9. P.S.K.
10. Piano feat. Andi Rianto



RAN muncul di akhir tahun 2007 sebagai kejutan manis. Pertama, lagu debutnya “Pandangan Pertama” jadi semacam sleeper hit di radio. Lalu, album debut mereka RAN For Your Life menjadi salah satu dari sedikit album Indonesia terfavorit gw karena sangat enjoyable dan –yg selalu jadi ukuran gw untuk sebuah album bagus- enak didengerin pas nyetir. Musiknya mungkin tidak original, tapi ramuannya sangat segar. RAN yang masih muda-muda -dan tidak berusaha menjadi lebih tua- ini pun perlahan tumbuh menjadi idola anak2 ABG dan sekaligus (sepertinya) di-respek oleh orang2 dewasa. Musik mereka pop, lirik mereka soal cinta, sama saja seperti semua artis yg muncul di negeri ini, tapi khusus RAN, mereka nggak kacangan. Inilah citra RAN bagi gw, yg harus siap diuji di album kedua mereka bertajuk (rencanaa kali tajuk) FRIDAY.

Musik RAN yg fun dan catchy diteruskan dalam album ini. Masih berpegang pada pop, r&b, rap dan sedikit jazz (agak berkurang juga sich di sini), album ini hampir sama enjoyable-nya dengan RAN For Your Life. Perbedaan pada liriknya, kalau album pertama 91% soal keceriaan cinta, di album ini turun jadi cuman 50%. Ada juga soal putus cinta (“Bosan”, “Budak Cinta”, “P.S.K.”), soal having fun (“T.G.I. Friday”) dan juga ucapan syukur pada Yang Kuasa (“GOD”), tapi bukan berarti semuanya tidak dibungkus dengan mood yg fun juga. Soal vokal yg sempet jadi ganjelan gw di album sebelumnya, sudah sedikit terpoles, Nino gak terlalu pake idung, suara “treble” Rayi juga dimanfaatkan lebih efektif (maap kalo tersinggung, I’m just a consumer).

Album ini jadi makin terasa akrab karena dua lagu di antaranya sudah bisa dinikmati jauh sebelum dirilisnya album ini, "Tunjukkan Cintamu feat. Shila" yg sweet jadi image song iklan es krim, lalu "Ratu Lebah" jadi lagu tema film Queen Bee beberapa bulan lalu. Sedangkan sebagai lagu promo album utk radio2 adalah "Jadi Gila" yg asik beat nya. Dibuka dengan cukup dahsyat dengan lagu “T.G.I. Friday” (katanya jadi lagu promo utk konsumsi international) yg komposisinya bisa jadi sulit ditandingi oleh musisi lokal lainnya, melodi catchy dengan aransemen padat nan ceria bikin gw yg denger jadi semangat juga, very nice. Selanjutnya lagu demi lagu mengalir mulus di telinga gw, nggak ada yg jelek. Buat gw, highlight pada FRIDAY ada di “T.G.I. Friday”, “Ratu Lebah” (tapi lagu ini liriknya agak aneh, ratu lebah dan "akankah ku jadi rajamu". Sejak kapan lebah ada rajanya? oh well, mungkin bukan itu maksudnya) dan “Piano”. Nggak hanya dari segi nada ramah dan enak, tapi aransemennya juga mantahp surantap. Lagu “Piano” yg berbahasa Inggris dan hanya berbalut vokal RAN dan permainan piano Andi Rianto, setelah abis sedikit bikin gw tepuk tangan dalem hati (kalo tepuk tangan sendiri kan malu kali). Tapi ada satu ganjalan bagi gw yaitu lagu “Budak Cinta feat. Dewi Sandra” yg menonjolkan riff gitar ala rock dan vokal yg dikasih efek. Mungkin maunya “mencoba sesuatu yg beda” tapi menurut gw lagu ini rada maksa, walaupun sebenernya nggak terlalu ngerusak suasana album secara keseluruhan, just okay.

Jika dibandingkan dengan album pertama, FRIDAY bukanlah penurunan karena tidak kentara ada pengulangan, dibilang peningkatan juga nggak terlalu, tapi bukan berarti itu salah. Sah2 aja kok me- “lanjutkan!” ^_^ apa yg sudah baik, ya kan? Fans pasti akan tetap suka dan mungkin sekali akan tambah fans2 baru. Tapi bagaimanapun dengan album kedua ini, kualitas bermusik RAN yg cuman bertiga membuat band2 pop lain yg beranggotakan lebih banyak seakan cuman sekadar kumpul2 nggak jelas (anehnya dalam Anugerah Musik Indonesia kmaren, mereka kalah pamor dari ST-12 dan Hijau Daun...kuping dewan jurinya pasaran amat). RAN sekali lagi membuktikan bahwa musik mereka bisa enak dan bergizi sekaligus, dan yg penting sanggup memanjakan kuping gw. I think they're still the best of their generation (termasuk generasi gw gak yah? hehehe). Go international? Sok atuh silahkeun...


My score 7,5/10


RAN





Previews
courtesy of YouTube


Tunjukkan Cintamu feat. Shila






Ratu Lebah





T.G.I. Friday






1 komentar: