WINNERS of The 84th Academy Awards

Baru saja usai pembagian piala penghargaan paling bergengsi di perfilman Hollywood, The 84th Academy Awards di Hollywood and Highland Theatre d/h Kodak Theatre, tepatnya 26 Februari 2012 waktu sono alias 27 Februari 2012 pagi waktu Indonesia. Mari kita cek peraihnya sekaligus seberapa bodoh gw dalam menebak pemenang di masing-masing kategori. (O) berarti benar dan (X) berarti salah. And the Oscars went to...



best picture
"The Artist" (O)
Lovely film. And Harvey Weinstein.


directing
"The Artist", Michel Hazanavicius (O)
Well-deserved. And Harvey Weinstein.


actor in a leading role
Jean Dujardin in "The Artist" (O)
Wonderful performance, pantas menang. And Harvey Weinstein


actress in a leading role
Meryl Streep in "The Iron Lady" (X)
Akhirnya, Oscar ketiga untuk si ratu akting. Sangat pantas. Oh, and Harvey Weinstein.


actor in a supporting role
Christopher Plummer in "Beginners" (O)
Mengambil quote opa Plummer kepada piala Oscar-nya saat speech: "You're only two years older than me, darling. Where have you been all my life?" =)


actress in a supporting role
Octavia Spencer in "The Help" (O)
The easiest guess, tetap agak terharu waktu Octavia menerima pialanya.


writing (adapted screenplay)
"The Descendants" (O)


writing (original screenplay)
"Midnight in Paris"  (O)


animated feature film
"Rango" (O)


foreign language film
"A Separation", Iran (O)


cinematography
"Hugo" (X)
Yah, kecewa Emmanuel Lubezki gak menang. In the other hand, Robert Richardson kini masuk dalam jajaran sinematografer yang menang 3 Oscar, itu sebuah prestasi gemilang, dan siapa tahu filmnya emang bagus (belum nonton).


film editing
"The Girl with the Dragon Tattoo" (X)
Tim yang sama di "The Social Network" tahun lalu kembali menang dalam film ini. Agak mengejutkan soalnya kirain Oscar nggak mau ngasih piala sama tim yang persis sama dua tahun berturut-turut, but I don't think that matters now.


art direction
"Hugo" (O)


costume design
"The Artist" (X)
And Harvey Weinstein.


makeup
"The Iron Lady" (O)
Well-deserved even without Harvey Weinstein.


music (score)
"The Artist" (O)
Also well-deserved even without Harvey Weinstein.


music (song)
"Man or Muppet" from "The Muppets" (X)
Tuh salah lagi kan =|


sound editing
"Hugo" (X)


sound mixing
"Hugo" (O)


visual effects
"Hugo" (X)
Ohohoho, didn't really see this coming. but that's alright, setidaknya bukan Transformers =P.


documentary feature
"Undefeated" (X)
And Harvey Weinstein.


documentary short subject
"Saving Face" (X)


short film (animated)
"The Fantastic Flying Books of Mr. Morris Lessmore" (X)


short film (live action)
"The Shore" (X)


Total tebakan gw hanya benar 13 dari 24 kategori, persis sama dengan tahun lalu. O, well, emang saya bukan penebak yang handal. Kalau direkapitulasi, The Artist berjaya atas raihan 5 piala termasuk di kategori utama yaitu Best Picture, Best Director, Best Actor untuk Jean Dujardin selain juga di kategori Original Music Score dan Costume Design. Jumlah yang sama diraih oleh film anak 3-Dimensi karya Martin Scorsese, Hugo untuk kebanyakan kategori teknis seperti Art Direction dan Cinematography (dua piala yang dibagikan paling awal) selain Sound Mixing, Sound Editing, dan Visual Effect.

Acara penganugerahan pun berlangsung cukup mulus, lebih mending daripada tahun lalu yang nggak berenergi meski host-nya dua orang aktor muda. Billy Crystal justru dengan sangat nyaman dan lancar kembali membawakan acara dari awal hingga akhir untuk ke-9 kalinya, meskipun dibilang lucu banget juga nggak. Ada pertunjukan singkat dari Cirque du Soleil yang memukau, dan yang paling gw suka dari acara ini adalah tata musik pengiring acaranya yang diurus oleh Hans Zimmer (pemenang Oscar untuk The Lion King) yang kerja bareng Pharrell Williams (N.E.R.D.), terlihat ada A.R. Rahman juga di beberapa segmen, karena mereka merangkai musik yang elegan tetapi dengan sentuhan modern yang luar biasa asik. Keren. Tapi kekecewaan besar terjadi karena nggak ada performa nomine Best Original Song. Cuma dua nomine tapi tetep nggak dikasih nyanyi?! Kebangetan dah.

Akhir kata, selamat untuk para pemenang, semoga film-film yang belum beredar di bioskop kita segera tayang juga. Thank you for the movies.

Komentar