My Top 100 Films of the 2000's: Foreword

Memasuki dekade 2000-an adalah masa ketika gw benar-benar memberi perhatian lebih terhadap yang namanya film. Sebelumnya sih memang sudah kenal dan nggak jarang nonton film baik di bioskop maupun video, tetapi sekitar masa yang sering disebut "milenium baru" itu, ketika gw SMP sampe lulus kuliah, gw baru mulai mencari-cari informasi mengenai filmterutama Hollywood karena paling gampang ditemukanbaik via internet, maupun lewat majalah khusus film secara rutin (majalah film pertama yg gw beli yg depannya C itu loh, waktu masih dwimingguan), gak cuma tergantung sama Cinema Cinema nya RCTI aja ^_^;. Saat itulah bisa dianggap gw memasuki fase menjadi "penggemar film", gw akhirnya tau "hobi gw" yg sesungguhnya. Gw mulai menonton lebih banyak film, jadi anggota di rental VCD, lebih sering beli VCD dan (belakangan) DVD, bahkan sampe minta dibeliin VCD player portabel buat ditonton di jalan pas mudik lintas Pantura (untung dikasih =)), bikin review-review-an, nyimpen semua tiket nonton bioskop, rutin beli majalah film dan pasang poster bonusannya di kamar, tebak-tebakan pemenang Oscar, bolos kuliah buat nonton Oscar, bela-belain ke negara tetangga buat beli DVD doang, hingga akhirnya di penghujung dekade itu (2009) gw mulai menjajaki blog ini yang sedikit banyak membahas film. Jadi dekade 2000-an yang lalu inilah gw melek film.

Karena "bertumbuh" di periode tersebut, tak heran jika film-film yang paling gw kenal adalah film-film yang dirilis tahun 2000-an ke atas. Wawasan terhadap film yang muncul sebelum itu sangat terbatas, yah tapi kalo Jurassic Park, The Lion King, The Matrix, Titanic doang mah tahu lah, I'm not that remote you know, hehehe. Beberapa film yang paling gw suka juga banyak munculnya di antara tahun 2000 hingga 2009. Nah dalam rangka memasuki dekade 2000-belasan (dijit kepala 1, udah tahun kedua nih) sebagai semacam refleksi terhadap kesukaan gw pada film pada masa-masa itu...serta meniru-niru pembahas-pembahas film lain di luar sana yang membuatnya lebih dahulu (^_^), gw akan membeberkan film-film di dekade 2000-2009 (10 tahun) yang paling berkesan buat gw, baik film Internasional (Hollywood, Eropa, Asia dst) maupun Indonesia, sebanyak 100 film. Berapa? Seratus. Berapa? Cepek. Lumayan ye ^_^.


Ternyata ngumpulin 100 film yang benar-benar berkesan dan rasanya pantas untuk duduk di peringkat 100 besar itu nggak mudah. Gw harus menaikkan kriteria bukan sekedar bagus atau suka saja, tetapi yang memorablenggak gampang dilupakan, tidak lekang waktu, pokoknya gw bangga kalo menyatakan gw menyukai film-film itu. Tapi saking gw sesungguhnya (ternyata) belum terlalu buanyak nonton film, waktu coba dikumpul, jumlah yang "pantas" itu gak sampe 100. Akhirnya gw selama hampir setahun ini berusaha menambah wawasan dengan menonton film-film keluaran 2000-2009 yang belum sempat gw tonton sebelumnya, yang kira-kira bisa masuk ke 100 besar versi gw ini, ditambah juga menonton ulang film-film yang sudah pasti masuk daftar, terutama yg nontonnya sudah agak lama, demi menyegarkan ingatan dan meyakinkan posisi peringkatnya *kucek-kucekmata*that explain may fast-growing points on Miso =D.

Sistematika penulisan senarai kali ini akan gw uraikan dalam urutan mundur, dan terbagi lima bagian yang akan diposting secara berangsur mulai September ini sampai (moga-moga) November 2011. Setiap bagian akan berisi 25 film dan sedikit komentar dari gw, kecuali pada bagian keempat akan berisi 15 film (25-11) dan bagian terakhir tentu saja 10 besar (10-1). Perlu diketahui bahwa dasar pengurutannya tidak sesulit mengumpulkan daftarnya, hehe, cuman berdasarkan preferensi pribadi saja: yang peringkatnya makin tinggi berarti lebih bagus (menurut gw), lebih gw suka, lebih berkesan, lebih membanggakan daripada yang peringkat sebelumnya (pun tidak tergantung skor filmnya kalau ternyata sudah pernah gw ulas). Selera gw nyatanya gak aneh-amat amat (tapi dibilang cemen ya nggak juga *membeladiri*), banyak sekali film populer yang masuk daftar gw, karena memang gw menganggapnya pantas. Pasti pada kenal lah judul-judulnya, selera gw emang pasaran, hihi. Film yang dianggap remeh atau tidak dikenal banyak orang tapi ternyata gw suka ada juga di dalamnya, tapi kayaknya tidak banyak. Sebaliknya, ada pula film-film yang kayaknya semua orang suka tapi gw enggak *ehem The Departed ehem*, ya gak gw masukin lah, gak suka mah gak suka aja, sori sori jek =P. Tapi bisa jadi film2 yang Anda anggap pantas masuk top 100 tapi tidak ada, mungkin juga karena gw belum nonton, it's possible =).


Sebagai keterangan tambahan, gw akan menuliskan juga di tiap judul film tahun rilis resminya, sutradaranya, beberapa aktornya, serta, dalam rangka menjadikan ini kilas balik pribadi, bagaimana gw pertama kali menontonnya =D (harusnya pake tahun juga, tapi banyak yg lupa, hehe). Oh ya untuk mencegah repetisi serta pemborosan ruang, gw juga membatasi film-film yang bersekuel/beseri, meski jikalau gw menyukai semua serinya sekalipun, gw hanya akan menempatkan salah satunya saja yang menurut gw paling top. Agak berat sih tapi ya perut keputusan saya sudah bulat. Biar adil gimana gitu deh.

Btw, MUNGKIN saja gw mengadakan kuis berhadiah bagi Anda semua penyimak blog ini, berkaitan dengan peluncuran Top 100 Films ini. MUNGKIN saja. Nanti saya kasih tahu lagi deh kalo jadi. Ini baru MUNGKIN lho. Fufufu *tertawasinisalakomikJepangterjemahan*

So, without further ado, silahkan ditilik senarai Top 100 Films of the 2000's versi saya. Mari...

Komentar