Minggu, 28 Februari 2016

Tebak-Tebakan Pemenang The 88th Oscars

Better late than never. Gelaran Oscar 2016 akan dimulai sekitar satu hari sejak postingan ini diterbitkan, dan gw baru sempet bikin tebakan pemenangnya, huehuehue. Yah, selain karena kesibukan, lambatnya gw memposting tebakan tahun ini adalah betapa membingungkannya peta popularitas para nomine tahun ini. Nggak ada satu film tertentu yang benar-benar jadi frontrunner, bahkan kalau dari penghargaan-penghargaan pra-Oscar yang emang rada ngaruh seperti Screen Actors Guild (SAG) Awards, Directors Guild of America (DGA) Awards, dan Producers Guild of America (PGA) Awards, pemenanganya tuh beda-beda, sehingga semakin sulit untuk melihat para anggota Academy of Motion Pictures, Arts and Sciences (AMPAS) bakal condong ke film yang mana.

Tapi, justru karena nggak ada satu yang menonjol banget, dipastikan Oscar tahun ini bakal jadi salah satu yang paling seru, karena semua orang hampir nggak punya pegangan siapa yang nanti akan keluar sebagai pemenang. Apalagi, dalam beberapa tahun belakangan syarat-syarat untuk jadi 'big winner' semakin kabur, entah itu Argo yang nggak masuk nominasi Best Director tapi menang Best Picture, atau 12 Years a Slave menang Best Picture padahal jumlah pialanya Gravity lebih banyak, dan seterusnya dan seterusnya.

Dan, itu artinya gw tidak akan merasa terlalu gagal kalau gw banyak salah tebak, hahaha. Jadinya, tebakan gw kali ini lebih banyak random-nya, sedikit feeling dan lebih banyak wild guesses, karena kemungkinan apa pun bisa terjadi. Untuk nominasi lengkapnya bisa dilihat di sini, sementara tebakan gw bisa dilihat di bawah ini.



best picture
Film ini selalu masuk nominasi penghargaan mana pun periode ini, dan memenuhi syarat klasik pemenang Best Picture dengan masuk nominasi Directing, Writing, dan Editing. Ini juga film pilihan SAG Awards. Salah satu alasan gw lebih condong ke film ini daripada The Revenant misalnya adalah film ini 'Oscar banget', mulai dari cerita, isu, dan juga penyampaiannya yang rada konvensional, mungkin seperti film-film pemenang Oscar awal dekade 2000-an. Tapi entahlah,

pleasant surprise: oh my God, gw bakal jingkrak kegirangan kalau yang menang MAD MAX: FURY ROAD. Kalau ada film action yang benar-benar pantas dapat Best Picture di Oscar, ya ini dia.



directing
Entah AMPAS akan sudi memberi Piala Oscar kepada orang yang sama dua tahun berturut-turut--Alejandro González Iñárritu tahun lalu menang lewat Birdman. Tapi karena DGA milihnya dia, ya sudah gw ikutin aja =P

pleasant surprise: again, gw akan bahagia kalau yang menang MAD MAX: FURY ROAD.



actor in a leading role
Leonardo DiCaprio, THE REVENANT
Karena udah menang di mana-mana. Case closed.



actress in a leading role
Brie Larson, ROOM
Karena udah menang di mana-mana. Case closed.



actor in a supporting role
Mark Rylance, BRIDGE OF SPIES
Kategori ini masih cukup open karena belum ada satu nama pasti. Para kritikus memfavoritkan Sylvester Stallone dalam peran legendarisnya sebagai Rocky versi uzur di Creed, tapi doi gak masuk di SAG Awards jadi gw ragu. Maka dengan ngasal gw pilih pemenang versi British Academy Film Awards (BAFTA) ini aja.



actress in a supporting role
Alicia Vikander, THE DANISH GIRL
Kategori ini cukup sengit. Lewat peran ini Vikander kalahin Kate Winslet di Steve Jobs di SAG, sedangkan Winslet menang di BAFTA tapi Vikander-nya bukan lewat film The Danish Girl. 50-50 sih kayaknya, tapi mungkin sekarang giliran Vikander.

pleasant surprise: Kate Winslet, STEVE JOBS, karena 'two times Oscar winner Kate Winslet' sounds about right.



animated feature film
No contest. Pixar gitu.



cinematography
THE REVENANT
Emmanuel Lubezki third Oscar in a row? Well, he already deserved a fourth or a fifth, so yeah.

pleasant surprise: MAD MAX: FURY ROAD



costume design



film editing
MAD MAX: FURY ROAD

pleasant surprise: THE BIG SHORT



makeup and hairstyling
MAD MAX: FURY ROAD



original score



original song
"'Til It Happens to You", THE HUNTING GROUND
Lady Gaga bisa dapat Oscar dan mungkin saatnya Diane Warren 'pecah telor' setelah berulang kali masuk nominasi.



production design
MAD MAX: FURY ROAD

pleasant surprise: BRIDGE OF SPIES



sound editing
MAD MAX: FURY ROAD



sound mixing
THE REVENANT



visual effect



adapted screenplay

pleasant surprise: THE MARTIAN



original screenplay
SPOTLIGHT



foreign language film
SON OF SAUL (Hungary)
Asal tebak karena filmnya soal holocaust. It's the Oscars after all.



documentary feature
AMY
Tebakan paling aman untuk kategori ini adalah cari yang kira-kira filmnya nggak bikin ngantuk, mengingat mayoritas anggota AMPAS itu opa-opa.



documentary short
LAST DAY OF FREEDOM
asalaja



animated short film
BEAR STORY
asalaja



live-action short film
AVE MARIA
asalaja



Demikianlah tebakan gw, untuk hasilnya nanti bisa dibuktikan sendiri pada Senin, 29 Februari mulai 7 WIB. Excited to see the results!

2 komentar:

  1. kebanyakan film nya saya blm nonton tapi kalo Alicia Vikander menang saya bakal seneng sekali krn akting dia difilm THE DANISH GIRL bgus pisan...

    BalasHapus
  2. Hacieehhh,,,, tebakan kak enyo banyak yg beneurrr,,,,
    Pasti kak enyo main dukun yacchhh,,,,?????

    BalasHapus