Sabtu, 15 November 2014

[Movie] Big Hero 6 (2014)


Big Hero 6
(2014 - Walt Disney)

Directed by Don Hall, Chris Williams
Screenplay by Jordan Roberts, Daniel Gerson, Robert L. Baird
Based on the concept and characters by Man of Action (Duncan Rouleau, Steven T. Seagle)
Produced by Roy Conli
Cast: Scott Adsit, Ryan Potter, Daniel Henney, Jamie Chung, Damon Wayans Jr., T.J. Miller, Genesis Rodriguez, Maya Rudolph, James Cromwell, Alan Tudyk


Walt Disney Animation Studios sepertinya mulai membuat pola baru agar nggak kehabisan amunisi untuk sukses: mengembalikan kejayaan film fairy tale (dan musikal), namun juga bersamaan membuat film yang kontemporer. Jadi dalam beberapa tahun terakhir ini kita lihat Disney bikin The Princess and the Frog, Tangled, dan Frozen, kita  juga lihat Disney bikin Bolt dan Wreck-It Ralph, which I think is a good move. Gw masih inget mereka menggeber kisah-kisah dongeng di dekade 1990-an, pas nyoba geser rada futuristis di awal tahun 2000 (Atlantis dan Treasure Planet), eh kelar malah banyak merugi. Semoga kali ini Disney konsisten kualitasnya dalam jangka waktu lebih lama.

Kita sampai pada Big Hero 6, tipe animasi Disney yang kontemporer, dan cukup istimewanya adalah ini berdasarkan seri komik berjudul sama terbitan Marvel Comics. Artinya, kita bisa mengharapkan kisah superhero seru ala Marvel dengan sentuhan Disney yang khas, you know, berorientasi keluarga...dan musuhnya tidak akan mati dibunuh oleh si protagonis *karena mengajarkan anak-anak untuk membunuh, sekalipun orang jahat, itu tidak baik*. Minimal, film ini fun-lah.

Yang di luar ekspektasi gw adalah ternyata film ini is SO MUCH fun. Dari trailer-nya mungkin kita sudah lihat betapa imut dan lucunya robot perawat Baymax yang di-make-over jadi robot petarung, dan memang itu yang dikedepankan. Tetapi pinternya adalah hal itu tidak meng-spoil isi dari filmnya. Siapa sangka, kemampuan dan aksi tokoh lain di luar Baymax juga seru-seru dan asik-asik. Bahkan, cara si musuh, manusia bertopeng kabuki dengan jutaan micorbots-nya (yang sebenarnya diciptakan oleh Hiro si...err...hero utama film ini) juga ditampilkan keren. Dengan teknik animasi CGI yang sangat mulus, film ini berhasil mempertunjukkan aksi-aksi keren yang tak kalah dari film-film superhero live-action, plus ditambah humor-humornya yang sangat menghibur. Gimana nggak ngakak ketika lima anak muda plus robot yang nyoba-nyoba jadi superhero, kagok menjalani misi pertamanya di pulau misterius, ngebolongin pintu aja nggak bisa *ngakak guling-guling*.

Tapi, seiring berjalannya film ini, lama-lama ketahuan juga ada yang kurang dari film ini, yakni orisinalitas. Gw tercengang sama kreativitas yang dimunculkan di Wreck-It Ralph, gw juga salut pada rancangan cerita Frozen yang cukup revolusioner. Sedangkan untuk Big Hero 6, gw tidak merasakan itu. Menyenangkan sih, tetapi semuanya masih bisa ditebak arahnya, termasuk sosok di balik topeng kabuki itu. Kekurangan orisinalitas itu dimungkinkan karena gw keseringan nonton film Disney atau sudah banyak nonton film-film superhero *sombooong*. Jadi, sebenarnya film ini tidak memberikan nilai lebih yang gimana gitu, menurut gw ya.

But, of course, gw nggak bisa memungkiri bahwa Big Hero 6 adalah sebuah film yang sangat nikmat ditonton, entah dari visualnya yang matang (desain kota San Fransokyo lucu-lucu), nilai-nilai dalam ceritanya--yang membahas tentang bertindak dengan dasar kemarahan dan dendam, karakter-karakternya yang loveable, dan pengadeganannya yang tak pernah membosankan. Tetap sebuah sajian yang cukup menyegarkan dan menceriakan mood. Dan, siapa tahu, film ini semakin merangsang anak-anak untuk menyukai sains seperti tokoh-tokohnya. Go Go Tomago! *hehe*





My score: 7,5/10

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar