Senin, 09 Desember 2013

Peraih Piala Citra Festival Film Indonesia 2013


Ya, Sang Kiai jadi "juara umum" di Piala Citra FFI 2013. Ada sedikit ketidakrelaan dalam lubuk hatiku yang paling dalam untuk semua gelar yang diraih film yang think-too-high-of-itself itu, kecuali untuk kemenangannya di Tata Suara. Yah. Mau ngomong apa. Nominasinya nggak bikin excited, boro-boro pemenangnya. Boro-boro ngomongin acaranya. Yaudahlah. Nih pemenangnya *udah males komentar*.


FILM BIOSKOP TERBAIK
Sang Kiai

SUTRADARA
Rako Prijanto (Sang Kiai)

PENULIS CERITA ASLI
Anggoro Saronto (Sang Pialang)

PENULIS SKENARIO
Ginatri S. Noer & Ifan Ardiansyah Ismail (Habibie & Ainun)

PEMERAN UTAMA PRIA
Reza Rahadian (Habibie & Ainun)

PEMERAN UTAMA WANITA
Adinia Wirasti (Laura & Marsha)

PEMERAN PENDUKUNG PRIA
Adipati Dolken (Sang Kiai)

PEMERAN PENDUKUNG WANITA
Jajang C. Noer (Cinta Tapi Beda)

PENGARAH SINEMATOGRAFI
Yudi Datau (5 cm.)

PENATA ARTISTIK
Iqbal Marjono (Belenggu)

PENATA EFEK VISUAL
Eltra Studio (Moga Bunda Disayang Allah)

PENYUNTING GAMBAR
Cesa David Luckmansyah & Ryan Purwoko (Rectoverso)

PENATA SUARA
Khikmawan Santosa, M. Ikhsan, Yusuf A. Pattawari (Sang Kiai)

PENATA MUSIK
Aksan Sjuman (Belenggu)

PENATA BUSANA
Retno Ratih Damayanti (Habibie & Ainun)

Sang Kiai terima Piala Citra Utama untuk Film Bioskop Terbailk dari Menteri
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu. (foto: Antara)



FILM PENDEK TERBAIK
Simanggale (Donni Arlen)

PENGHARGAAN KHUSUS JURI FILM PENDEK
Gazebo (Senoaji Yulius)



FILM ANIMASI PENDEK TERBAIK
Sang Supporter (W. Darmawan)

PENGHARGAAN KHUSUS JURI FILM ANIMASI PENDEK
Booster (Eko Junianto)



FILM DOKUMENTER PANJANG TERBAIK
Denok dan Gareng (Dwi Susanti Nugraheni)

FILM DOKUMENTER PENDEK TERBAIK
Split Mind (Andre, Nia Sari)

PENGHARGAAN KHUSUS JURI FILM DOKUMENTER PENDEK
Epic Java (Febian Nurrahman Saktinegara)          


2 komentar:

  1. Nominasinya gak ada yg saya jagokan,apalagi pemenangnya..masih mendingan film2 taun lalu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, namanya juga FFI, kapan sih pernah bikin puas, hahaha. Tapi tetap dukung film Indonesia ya *smangat*

      Hapus