Senin, 11 Juni 2012

Nonton di Gandaria XXI IMAX (3D): Prometheus

Bagaikan gayung bersambut, doa gw di postingan norak sehabis nonton Star Trek di Teater IMAX Keong Emas tiga tahun lalu rupanya terkabul tahun 2012 ini. Telah dibuka sebuah teater IMAX untuk film-film komersil, dan bahkan kali ini sudah dilengkapi teknologi 3-Dimensi bila filmnya dalam format tersebut. Praise The Almighty!! Teater IMAX baru yang di-manage sama jaringan bioskop terbesar negeri, XXI ini berlokasi di sebuah mal berjudul Gandaria City yang berada di kota Jakarta Selatan, provinsi DKI Jakarta (yaiyalah), satu jalan dengan Mal Pondok Indah cuman lebih ke utara 2,5-an kilometer, atau sekitar 20-an km dari sesepuhnya, teater IMAX Keong Emas di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Teater baru ini cukup menghebohkan warga Jakarta dan sekitarnya, sebagian karena sudah lama menanti teater komersial dengan teknologi IMAX yang sudah duluan ada di negara-negara tetangga, sebagian lagi yang karena kepo aja kali, biasalah orang Indonesia =P. Film perdana yang ditayangkan adalah The Avengers yang menghebohkan itu sampe untuk nonton di IMAX ini selalu antre dan penuh selama berminggu-minggu, menyebabkan Dark Shadows versi IMAX gak jadi diputar di sini, haha. Lagipula harga yang ditawarkan masih terbilang terjangkau, ada firasat ini cuma harga promosi tapi ya berharap aja harga ini berlangsung lama *komatkamit*. 


Mengikuti prinsip kaum hipsters, bahwasanya yang terlalu mainstream itu nggak keren, maka gw nggak langsung nyoba Gandaria XXI IMAX waktu baru buka. Namun akhirnya pecah telor juga bulan Juni gw menyaksikan film dalam format IMAX 3D di sini, yaitu film Prometheus, untungnya tidak terlalu ramai untuk jam pertama di hari Senin, meskipun sudah masuk masa liburan sekolah atau masa masuk-sekolah-tapi-nggak-ngapa-ngapain-jadi-bisa-pulang-cepet, lagipula Prometheus adalah film dengan rating Dewasa (yang juga berarti tidak akan ada "sensor manual" untuk adegan-adegan anuan kayak yang gw alami di Keong Emas =P). Untuk filmnya sendiri udah gw bahas dalam review tersendiri sehabis gw nonton pertama kali di bioskop biasa, namun yang pasti pemandangan-pemandangan stunning dan adegan-adegan dahsyat dari film ini semakin menggetarkan ketika disaksikan dalam format layar besar IMAX ber-3-dimensi ini. Anyway, kali ini gw mau sedikit bikin laporan tentang kesan gw menonton di bioskop IMAX baru ini, dalam IMAX 3D pulak, khikhihi *norak*.

Karena gw udah pengalaman nonton di teater IMAX Keong Emas yang layarnya gede, as in GEDHE banget, kesan pertama gw waktu masuk dan liat studio Gandaria XXI IMAX ini adalah...kok kecil ya layarnya ^_^;. Setelah cari-cari info, ternyata emang ukuran layar di Gandaria IMAX, yang sudah disesuaikan dengan rasio layar film bioskop pada umumnya (layar lebar 16:9, kalo di Keong Emas itu full screen kayak TV), panjang dan lebarnya masing-masing beda 10-an meter dari yang di Keong Emas, which is bisa dikatakan ya kayak separuhnya aja. Tapi ya sudahlah, toh masih lebih besar daripada layar bioskop biasa. Kecuali soal ukuran layar (dan kapasitas yang nggak terlalu banyak, cuma 300-an bangku), Gandaria IMAX ini memang punya kualitas movie-viewing experience yang berbeda dari layar bioskop biasa: posisi duduk stadion (dari sudut manapun pandangan nggak akan terhalang), kedekatan posisi duduk dengan layar yang berasa "di-depan-muka-loe-banget", dan yang terpenting kejernihan gambar yang luar biasa. Ditambah lagi, teater IMAX ini punya tata suara yang sangat-sangat mumpuni (sub-woofer-nya deg deg serrr enak ^_^) serta desain bangku khas XXI yang nyaman, hal-hal yang tidak dimiliki oleh sesepuhnya di Keong Emas TMII yang suaranya agak cempreng dan kursinya bikin pegel karena gak menyangga kepala.


Sedangkan untuk 3D-nya, mungkin layar sebesar inilah yang paling enak untuk menyaksikan tayangan 3D, trailer IMAX 3D nya berasa banget di sini =D. Kalau biasanya gw merasa kacamata 3D seakan memperkecil ukuran gambar, maka di layar besar dan dekat seperti ini gambarnya tetap mengecil tapi tetap terlihat besar *eh gimana?*. Kacamata yang digunakan lebih ringan dan besar daripada kacamata 3D yang ada di selama ini (baik XXI/21 maupun Blitz), dan lumayan nggak ganggu bagi penonton yang memang udah berkacamata seperti gw, cuma pengaitnya agak bikin nyeri di kedua kuping bagian atas, tapi mungkin juga gw yang salah cara makenya. Nice indeed, tetapi gw tampaknya lebih menantikan film format IMAX yang tidak 3D biar maksimal pengalaman menontonnya dan ukuran layarnya nggak terdegradasi kacamata 3D. 

Overall, Gandaria XXI IMAX ini bolehlah jadi salah satu attraction yang oke di Jakarta. Gw sih berharap ada lebih banyak lagi teater IMAX di Indonesia, di Bali mungkin? atau Bekasi? (biar deket rumah =P). Mungkin hadirnya IMAX komersil ini juga bisa memancing pengurus IMAX di Taman Mini agar sedikit berbenah diri, semisal memperbaharui tata suaranya dan bangkunya, dan yang penting kemudahan dan keterbukaan informasi film-film yang ditayangkan supaya nggak perlu repot-repot musti nelpon dulu, dan juga dapat menarik lebih banyak orang nggak cuma musim liburan doang. Jangan mau kalah dong! *menyemangati*. Saya sambut teater baru berteknologi IMAX ini dengan tangan terbuka.....tapi emang gak bisa ya layarnya digedein lagi? *tetep*


Gandaria XXI IMAX
Gandaria City Mall Lt. 2
Harga tiket per orang:
Rp 50.000,- (Senin-Kamis)
Rp 75.000,- (Jumat, hari sebelum tanggal merah)
Rp 100.000,- (Sabtu, Minggu, hari tanggal merah)
Parkir Mall: Rp 2.000,- per jam
Trivia: banyak pilihan tempat makan yang oke, well it's in a shopping mall after all...
Informasi lengkap http://www.21cineplex.com/imax


Related articles:
Star Trek di Teater IMAX Keong Emas TMII
Nonton Star Trek (lagi!!) di Teater IMAX Keong Emas TMII (Lagi!!!)

6 komentar:

  1. Waah waah pengen banget nyoba IMAX 3D

    BalasHapus
  2. @rasyidharry: monggo dicoba, menyenangkan lho =)

    BalasHapus
  3. Sayangnya saya tinggal di Jogja huhu :(

    BalasHapus
  4. @rasyidharry: sabar masnya, teaternya nggak akan ke mana-mana kok. Setidaknya kan sudah tahu harus ke mana kalau-kalau nanti berkunjung ke Jakarta =)) *serasaDinasPariwisataDKI*

    BalasHapus
  5. jam tayang nya sama ga seperti bioskop 21 lainnya mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jam tayangnya ya kira-kira sama modelnya kayak 21, untuk lebih jelasnya kunjungi situs resminya aja =)

      Hapus