Year End Note: My Top 10 Indonesian Songs of 2023

 



Mengenai wawasan lagu-lagu Indonesia jujur gw merasa stagnan, sebagian besar nama yang muncul di senarai adalah yang sudah recurring di playlist gw selama bertahun-tahun ini--yang untungnya memang masih bagus-bagus. Cukup menyayangkan tahun 2023 belum terpagut pada temuan-temuan baru, mungkin karena umur jadi udah mulai banyak nggak cocoknya sama musik-musik modelan teranyar =P, tapi yah namanya menikmati musik nggak perlu dipaksa dong ya. Eniwei, berikut lagu-lagu Indonesia keluaran Desember 2022-November 2023 favorit gw.


RUNNER-UPS
Lagu-lagu yang juga gw suka tapi tidak masuk di top 10, dalam urut alfabetis.


"Pelipur Jenuh Rasa" - OKAAY



"Radar" - Lalahuta



"Sialan" - Adrian Khalif & Juicy Luicy




SPECIAL MENTION
(Si artisnya ada lagu lain yang berhasil masuk top 10 tapi lagu yang ini juga gw suka)

"Terbuang dalam Waktu" - Barasuara





MY TOP 10 INDONESIAN SONGS OF 2023


10. "Ada-Ada Aja" - Isyana Sarasvati

Track yang terkesan main-main tapi juga paling representatif menunjukkan arah musik Isyana saat ini (simfoni rock metal) sekaligus selera humornya.




9. "Aduh" - MALIQ & D'ESSENTIALS

Gw sama sekali nggak keberatan dengan lirik straight to the point nan cringe soal orang cinta-cintaan asalkan taste musik ala Maliq tetap terjaga =D.




8. "Jalan Pulang" - Yura Yunita

Salah satu musisi solo terbaik Indonesia saat ini, sekali lagi menggugah tiap telinga lewat ballad yang syahdu dan mengalir penuh makna.




7. "Nelangsa Pasar Turi" - Bilal Indrajaya

Vokal vintage Bilal nggak pernah salah kalau dikepung musik progresif gaya 1980-an terlebih yang ballad melankolis kayak gini, plus bonus lagu ini punya coda yang asyik.




6. "Biarku Merindu" - Rendy Pandugo

Menjajal musik soul ala Motown era lawas, lagu ini menampilkan notasi bait dan chorus yang maut, kadar mellow yang pas, serta kemasan musik yang ringkas dan smooth.




5. "Badai Telah Berlalu" - Diskoria, LALEILMANINO, Bunga Citra Lestari

Mungkin dimaksudkan sebagai 'spiritual sequel' dari lagu hit 1980-an "Badai Pasti Berlalu", namun yang selalu menyenangkan dari musik garapan Diskoria dan LALEILMANINO adalah tetap adanya unsur kebaruan, khususnya dari ramuan sound serta chords yang tersisip walau dalam bingkai nostalgia.




4. "(Not Your) Cup of Tea" - Marion Jola

Mungkin jenis lagu paling 'modern' di senarai ini, Marion menelurkan lagu berbahasa Inggris berbalut disco pop yang begitu mudah dinikmati setiap bagiannya.




3. "Merayakan Fana" - Barasuara

Belakangan ini Barasuara merilis lagu-lagu yang masih berciri rock eksperimental tetapi tiap track-nya lebih punya kesatuan, yang membuatnya lebih ramah didengar. Khusus di lagu ini, gw demen banget sama kentalnya 'drama' kelokan nada-nada minor yang dihasilkan oleh geberan instrumen band, dinamika orkestranya, hingga ke notasi vokal yang emosional.




2. "Tak di Tanganku" - Juicy Luicy, Mawar De Jongh

Sepatutnya kolaborasi vokal adalah adanya harmoni, dan lagu ini meneruskan tradisi yang baik itu. Lagunya akustik adem dan gampang nyantol seperti bisa diharapkan dari Juicy Luicy, pun penulisan liriknya yang nggak teledor, dan yang paling penting komposisinya memang tepat dibawakan dalam bentuk duet.






1. "Seperti Setiap Hari" - Teddy Adhitya

Gw selalu merasa genre R&B Indonesia itu salah satu yang jarang hadir di airwave, maka gw seneng waktu bertemu lagu ini, tembang R&B yang punya groove serta liukan-liukan sound dan vokal yang menggirangkan tapi nggak ribet. Bikin feel good dan mudah banget didengerin di mana pun setiap hari =).




See also:

My Top 10 International Songs of 2023

My Top 20 J-Pop Songs of 2023


Playlist gabungan dari tiga kategori Top Songs of 2023 gw bisa dicek juga di Spotify dan YouTube ;).

Spotify


YouTube Music

Komentar