[Movie] Kingsman: The Secret Service (2015)


Kingsman: The Secret Service
(2015 - 20th Century Fox)

Directed by Matthew Vaughn
Screenplay by Jane Goldman, Matthew Vaughn
Based on the comic book "The Secret Service" by Mark Millar and Dave Gibbons
Produced by Adam Bohlin, David Reid, Matthew Vaughn
Cast: Colin Firth, Taron Egerton, Samuel L. Jackson, Mark Strong, Michael Caine, Sophie Cookson, Sofia Boutella, Mark Hamill


Sebelum akhirnya mengetik review ini, gw punya pergumulan batin tentang apa yang bisa gw katakan sama film ini. Pertama, gw nontonnya telat lima menit *Jakarta macet bung*. Kedua, film yang tayang di bioskop sini menyensor satu adegan full. SATU ADEGAN FULL! Plus beberapa potongan gambar lain atas nama sensor. Jadi, gw ragu apakah penilaian gw akan fair mengingat kekuranglengkapan gw dalam menyaksikannya.

Tapi okelah, gw akan coba menilai apa yang telah gw lihat di film  ini. I don't like it that much, tapi gw akui apa yang ditampilkan cukup menghibur dan penataan adegannya seru. Gw kagum sama beberapa adegan laganya yang smooth sekali tampilan visualnya (bahkan meski gw tahu adegan Colin Firth menghajar orang di bar itu pake body double yang mukanya digitally replaced, tetap kelihatan cukup seamless). Idenya pun nggak jelek, macam film mata-mata versi absurd tapi versi kekinian, dan motivasi penjahatnya oke juga macam anime-anime sok berat gitu.

But still, I don't like it that much, somehow. Nggak tahu ya, gw rasa nggak ada yang salah dari ceritanya, karakterisasinya, visualnya, visual effects-nya, action-nya, secara garis besar nggak ada masalah. Bagus. Tapi, entah kenapa gw merasakan ada sesuatu yang menahan gw untuk bilang wow sama film ini. Sebenarnya juga itu perasaan yang sudah muncul di dua film buatan Matthew Vaughn sebelumnya yang gw udah tonton, Kick-Ass dan X-Men: First Class. Bagus, rame, tapi....apa ya? Gw nggak bisa bilang kemasannya berlebihan, karena film doi lebih enak dilihat daripada filmnya Michael Bay. Tapi dibilang kurang seru juga sama sekali tidak. 

Ada sesuatu, tapi gw nggak tahu pasti itu apa. Tebakan terbaik gw saat ini adalah cara presentasi filmnya yang emang rebek dan serba cepet dan serba "gejolak kawula muda" lengkap dengan musik penuh distorsi, yang entah kenapa tidak ditangkap dengan terlalu baik oleh gw. Seru, yes, nggak bikin ngantuk, yes, lucu, yes, tapi berasa pet-pet-pet lewat aja gitu. Gaya generasi MTV? Barangkali. Aneh aja sih, padahal film-film Edgar Wright (Shaun of the Dead, Scott Pilgrim vs. the World) selalu punya pacing yang mungkin lebih cepet tapi gw bisa menerimanya dengan baik. Entahlah, mungkin sense of humor dan sense of action Wright yang lebih fantastical lebih cocok sama gw daripada Vaughn yang lebih violent dan "grounded" tapi maunya tetap bernuansa Hollywood (the mother took forever to destroy the bathroom door?).

Anyway, setidaknya itu penilaian dari apa yang gw lihat, karena, yah, gw lihatnya kurang lengkap juga. Kingsman tetap sebuah film yang cukup menghibur, terutama dengan action dan humornya yang oke, dan beberapa adegan yang ditata asyik (di awal, si tokoh utamanya bawa kabur mobil orang terus balik lagi karena ketahuan polisi, all in one steady shot). Sayangnya gw belum bisa menganggap film ini benar-benar keren, walaupun sebenarnya mau...or maybe not, I don't know. Nggak jadi favorit, dan nggak segitu membekasnya. Yang paling membekas justru betapa absurdnya film yang penuh kekerasan dan humor kasar ini ternyata theme song-nya dibawain boyband uzur Take That.




My score: 6,5/10

Komentar