Year-End Note: My Top 10 Songs of 2014 (Japan)

Setelah versi internasional dan Indonesia, kini giliran gw gelar 10 lagu Jepang ter-oke versi gw sepanjang tahun 2014. Sedikit curhat, tadinya gw hampir putus asa karena sampe November gw belum bisa bikin My J-Pop karena belum juga memenuhi kuota karena kok yang gw lihat lagu-lagu J-Pop sekarang makin menjauh dari selera gw. Tapi, untunglah, sedikit demi sedikit muncul juga tuh lagu-lagu oke, yang setidaknya bisa memenuhi 10 besar di akhir tahun.

Anyway, Jepang masih sangat menjengkelkan dengan copyright serba ketatnya sehingga banyak lagu-lagu yang gw sebut di bawah ini preview-nya nggak utuh atau bahkan (nyaris) nggak ada, tetapi setidaknya gw tetap mau berusaha memberikan gambaran kepada pemirsa sekalian lagunya kira-kira seperti apa. Harap maklum ya.

Inilah dia lagu-lagunya, dalam urutan mundur.




10. "ウソツキ" (Usotsuki) – WHITE JAM

Jadi, di J-Pop itu ada semacam "sub genre" yang gw sebut hip-hop love ballad. Dibilang hiphop juga bukan sih, malah sebenarnya itu lagu pop cinta biasa tetapi beberapa liriknya dinyanyiin secara rap dan punya hook yang catchy. Untuk tahun ini, lagu inilah yang paling menarik perhatian gw, ya karena nadanya catchy, dan ada semacam "nanggung" di bagian ending-nya yang terasa tepat aja gitu.





9. "光るなら" (Hikaru nara) – Goose house

Goose house itu kumpulan singer-songwriter belum terkenal yang sering meng-cover lagu-lagu orang secara akustik dan diunggah di YouTube. Personelnya pun berganti-ganti karena nggak mungkin dong di situ terus ya kapan terkenalnya *eh pedes amat*. Tetapi, ternyata mereka bisa juga bikin lagu-lagu orisinal sebagai satu grup, dan gw sendiri terkejut bisa suka single mereka yang satu ini. Sangat bernuansa anime (karena emang jadi theme song anime sih), tetapi kekompakan merekalah yang bikin dengerinnya juga asyik. Kayaknya mas-mas yang gemukan main bass itu suaranya paling bagus, tapi part-nya malah dikit...

Preview di bawah ini versi live acoustic, sebenarnya ada versi studio tapi karena gak utuh jadi gw posting yang ini aja, dan menurut gw sih lebih bagus.





8. "足音 ~Be Strong" (Ashioto ~Be Strong) – Mr. Children

A grand, powerful motivational ballad from the Mr. Children. Enough said.





7. "にじいろ" – 絢香 ("Nijiiro" – ayaka)

Ayaka yang sekarang tidak jauh berubah dari yang dulu sebelum dia vakum (karena sakit sesuatu yang lumayan langka dan parah, lupa apa namana). Cuma, gw merasa ia lebih ceria sekarang, dan diperkuat dengan lagu "Nijiiro" yang begitu fun dan, seperti judulnya, penuh warna.






6. "Amazing Parade" – CZECHO NO REPUBLIC

Ini lagu yang saat ini jadi ringtone gw. Dengan musik yang kayaknya sih semacam european indie rock, luapan kecerian mencuat dari lagu ini sejak awal. So much fun dan energetic.





5. "Perfect Night" – I Don't Like Mondays.

Kayaknya gw emang ada minat sama lagu-lagu yang ada nuansa pop-funk ala Motown. Dan tahun ini bunyi-bunyian itu muncul dari ranah J-Pop oleh band I Don't Like Mondays. Terlepas dari selipan bahasa Inggris yang entah artinya apa, lagu ini emang sangat asyik bikin jejogedan dan aransemennya emang rapih sekali, ngajak disko 70-an gitu deh.





4. "東京" (Tokyo) – wacci

Ini adalah lagu paling mengesalkan gw karena cuplikan lagunya tak akan ditemukan di mana pun kecuali tinggal di (atau punya IP address) Jepang. Padahal lagunya ini emang bagus sekali. Agak panjang karena berupa ballad, tetapi dengan melodi yang mudah diingat, penghayatan si vokalis yang sincere, aransemen yang terasa penuh dan dinamis, dan lirik yang tak berulang, ini adalah salah satu lagu yang digarap dengan rapi tahun ini dan menurut gw wajib diketahui oleh penggemar J-Pop. Silahkan dengar cuplikannya yang tak seberapa lewat link di bawah ini, tetapi mungkin sebaiknya langsung search saja lagunya, if you know what I mean *kedipkedip*.


3. "Wake Up! Feat. ASIAN KUNG-FU GENERATION" – Tokyo Ska Paradise Orchestra

A very mouthful collaboration with wonderful result. Gaya rock alternatif AKG dengan ska asyik Skapara melebur dan menyatu dengan sangat baik di lagu ini. Tak hanya bermain di aransemen musik yang ramai dan bikin berjoged pogo *walah masih zaman?*, tetapi lagu ini juga bermain di melodinya yang tak kalah asyik dari penataan musiknya. Mantebh.





2. "絶対的な関係" – 赤い公園 ("Zettaiteki na kankei" – Akai Kouen)

Lagu ini ada di posisi ini karena gw kagum sama konsepnya. Ini adalah lagu yang total durasinya full 100 detik, alias cuma 1 menit 40 detik. Tetapi, lagu rock dari band all-girls ini udah mencakup struktur utuh sebuah lagu yang lazim digunakan: intro-bait-reff-bait-reff-interlude-reff-reff-selesai. Dalam 100 detik! Kekaguman itu bertambah karena lagu ini cadasnya nggak kalah dari band-band rock cowok, musiknya dimainkan dengan skill, dan tentu saja melodinya yang catchy. 100 detik!!











1. "ひまわりの約束" – 秦 基博 
("Himawari no Yakusoku" – Hata Motohiro)

Karena ini lagu yang bagus dan dibawakan dengan bagus...dan memang gw punya kecenderungan untuk selalu memasukkan apa pun karya Hata Motohiro di senarai tahunan, hahaha (ini tahun kedua berturut-turut lagu dia ada di nomer 1). Well, menurut gw lagu-lagu dia memang that good, dan gw akan tetap bertahan dengan opini gw itu. Lagu soundtrack Stand by Me Doraemon ini memang bukan yang paling terbaik dari seorang Hata, sebagaimana gw sampaikan dalam postingan khusus soal doi, tetapi lagu ini tetap salah satu yang terbaik dan membawa banyak makna. Entah itu makna kehangatan dari musik dan vokalnya, makna perpisahan mendalam dari liriknya, juga makna emosional dari film yang ia wakili.





Komentar