My Top 25 J-Pop Songs of the 2000's (part I)

Memasuki tahun 2010, gw merasakan sebuah krisis yg cukup mengkhawatirkan: gw udah nggak ngikutin perkembangan dunia Japanese Pop lagi! Selama hampir 7 tahun belakangan, sejak kelas 2 SMA lalu terutama selama kuliah jurusan Jepang kuping gw memang selalu diwarnai dengan lagu2 J-Pop, bahkan gw sampe ngerasa gw adalah salah satu orang di lingkungan pertemanan gw yg paling jago soal J-Pop *sombong*, malah salah satu tujuan dibuatnya blog ini adalah merekomendasikan musik2 J-Pop yg oke2 secara lebih luas...Tapi itu dulu. Sekarang gw udah hampir lost banget sama J-Pop. Apa itu Oricon? Apa itu Music Station? Waktu menganggur gw udah hilang sekarang sehingga udah nggak sempet lagi menyibukkan diri dengan mencari2 lagu2 Jepang teranyar atau segala sesuatu yg terkait dimanapun itu. Ah, I miss the old days...

Anyway, sebagai kenang2an sebelum gw bener2 buta sama J-Pop, gw menyusun daftar 25 lagu J-Pop terbaik dekade 2000-an ini, versi gw tentu saja. 25 lagu ini dirilis mulai dari tahun 2000 hingga 2009 (baik dalam bentuk single maupun track di album), yg mnurut gw sepertinya bakalan gw inget terus dan suka terus hingga dekade2 berikutnya, lagu2 yg masuk daftar karaoke, lagu2 yg gw akan hapal setidaknya bagian refrainnya setiap kali diputer. Tidak semuanya lagu2 populer, dan jelas akan bias sekali, selera musik itu kan paling sulit untuk diseragamkan. Jadi jangan heran kalau lebih banyak yg mellow daripada yg rock, bahkan visual kei atau techno khas anime pun absen karena selera gw memang nggak ke sana. Senarai akan gw bagi jadi 2 bagian secara hitungan mundur, yg sekarang dari 25-11. Gw sediakan preview juga, jadi yg ragu akan keputusan gw, silahkan dengarkan dulu sebelum protes, hehehe. Eh, bagi yg belum familiar sama J-Pop boleh juga loh dicoba denger...


25. 粉雪 Konayuki (レミオロメン Remioromen; 2005)

- lagu tema dorama/sinetron "1 Litre of Tears", pernah tayang di Indosiar, di RCTI ada KW3 nya: "Buku Harian Nayla"





24. 合鍵 Aikagi (カラーボトル Color Bottle; 2009)
- di video di bawah ini, lagunya baru mulai di menit 2:00. Lagunya terlalu bagus untuk video musik yg sangat tidak kreatif ini :p





23. READY STEADY GO (L'Arc~en~Ciel; 2004)

- salah satu lagu tema pembuka serial anime "Fullmetal Alchemist"
- cuma Ken nya L'Arc yg bisa main gitar sambil ngebul rokok
di video klip :p





22. マタアイマショウ Mata Aimashou (SEAMO; 2006)






21. TSUNAMI (Southern All Stars; 2000)

- Ingat: di awal 2000-an rebonding rambut sangat populer, termasuk untuk si oom vokalis di video klip lagu ini :p





20. SAKURA (いきものがかり Ikimonogakari; 2006)






19. 桜色舞うころ Sakurairo Maukoro (中島美嘉 Mika Nakashima; 2005)






18. This Love (Angela Aki; 2006)

- salah satu lagu tema penutup serial anime "BLOOD+"





17. 愛唄 Ai Uta (GReeeeN; 2007)





16. 夢の花 Yume no Hana (THE BACK HORN; 2004)





15. Everything (MISIA; 2000)






14. リライト Rewrite (ASIAN KUNG-FU GENERATION; 2004)

- salah satu lagu tema pembuka serial anime "Fullmetal Alchemist"





13. Sign (Mr. Children; 2004)

- lagu tema dorama/sinetron "Orange Days", pernah tayang di sini gak yah? di lapak VCD sih pernah (^_^)





12. 遭難 Sounan (東京事変 Tokyo Jihen/Tokyo Incidents; 2004)

- saya tunggu penyelenggara Java Jazz untuk mengundang band ini, coba denger deh...





11. 今夜月の見える丘に Konya Tsuki no Mieru Oka ni (B'z; 2000)

- lagu tema dorama/sinetron "Beautiful Life", pernah tayang di Indosiar
- salah satu lagu paling "berpengaruh" buat gw karena selalu dinyanyikan bareng temen di sela2 kuliah semester2 awal ^o^: 'tatoebaaah...'





つづく
Bersambung
...

Komentar