My Top 50 International Songs of the 1990's (Part 1 of 2)

Gw udah sampai pada fase ini, sebuah fase ketika gw udah nggak terlalu update lagi musik-musik terkini, merasa banyak musik-musik sekarang itu semakin aneh dan nggak menarik minat, malah semakin kuat keinginan nostalgia terhadap lagu-lagu zaman yang lebih dahulu, zaman gw bertumbuh, atau istilahnya music I grew up with. Zaman itu tak lain adalah dekade 1990-an, sebab buat gw dan yang seangkatan gw, dekade 1990-an adalah periode yang pas banget untuk menyerap segala sesuatu di sekeliling. 1990 gw baru masuk TK, dan 1999 adalah tepat usia gw menginjak remaja. So, itulah masa-masa gw berusaha ingin jadi cepet gede dengan dengerin musik-musik orang gede teranyar. Ya, gw termasuk anak yang nggak suka lagu anak-anak karena....kekanak-kanakan =P. Ketimbang nonton Panggung Gembira TVRI, gw lebih senang tongkrongin sekilas musik (pengisi jeda antar program) di RCTI dan SCTV, MTV Asia di ANteve, dengerin radio SK dan Sonora, juga liat-liat kaset punya kakak, kakak sepupu dan tetangga, yang jelas isinya bukan Enno Lerian atau Joshua.

Maka dibikinlah senarai lagu 1990-an ini sebagai wujud nostalgia itu. Setelah gw coba ingat-ingat, ataupun udah lupa tapi karena sering diputar/di-cover lagi baru-baru ini (ehem JakFM) akhirnya ingat, gw berhasil mendapatkan lagu-lagu keluaran 1990-an yang jadi favorit gw, lalu gw bagi jadi lagu internasional dan lagu Indonesia. Untuk saat ini gw mulai dari yang internasional dulu. Tahun 1990-an itu memang harus diakui lebih booming musik impor di ranah mainstream. Impornya juga gak pandang negara, datang dari mana saja tak hanya Amerika dan UK, musik dari negara-negara seperti Australia, Filipina, daratan Eropa dan Jepang juga muncul di radio-radio dan televisi—fyi, dulu belum ada mp3 bajakan atau YouTube, televisi juga cuman ada 6 kanal. Dari sekian yang gw inget, akhirnya gw menetapkan 50 lagu saja yang paling gw suka dan paling memorable. Ini juga udah lewat saringan 1 artis 1 lagu dan bukan cover-version (jadi  "I Will Always Love You"-nya Whitney Houston atau "Torn"-nya Natalie Imbruglia atau "Love is All Around"-nya Wet Wet Wet atau "Bizarre Love Triangle"-nya Frente musti out, sorry).


Senarai yang Anda akan lihat di bawah ini cukup genuine. Gw nggak berusaha mencitrakan diri sebagai hipster dengan memaksa memasukkan lagu-lagu yang "berkelas" padahal gw nggak suka (perhatikan di daftar ini nggak ada Nirvana atau Red Hot Chilli Peppers), karena yang udah telanjur terserap di ingatan gw adalah jenis "selera rakyat" yang sangat mainstream. I was a kid, for crying out loud! Jadi kalau dilihat-lihat lagu yang ada di daftar adalah yang memang pernah nge-hit, walaupun udah di-jaim-jaim-in juga sih (no Aqua...or Steps =_=;). But anyway, mari kita bersama-sama bernostalgia pada kejayaan musik melodik nan abadi dari dekade 1990-an, dari 25 terbawah dulu ya....




50. "Shy Guy" - Diana King (1995)
(Jamaica/USA)
"Mercy mercy mercy..." =D



49. "Goodbye" - Air Supply (1993)
(Australia)
Ketika baru dapet siaran RCTI, lagu ini salah satu yang pertama dan paling sering diputar. Jadi keinget terus.



48. "Runaway" - The Corrs (1995)
(Ireland)
Lagu dengan melodi indah dibalut gaya tradisional Irlandia. The Corrs belum terkenal di single debutnya ini tetapi lagu ini tetap lingers.



47. "In Love with You" - Regine Velasquez & Jackie Cheung (1993)
(Philippines/Hong Kong)
Aha, diva pop Filipina dan bintang terkenal Hong Kong bersatu padu dalam sebuah lagu syahdu nan merdu.



46. "Every Morning" - Sugar Ray (1998)
(USA)
Sebuah lagu ringan nan asik yang begitu recognizable bahkan hanya dari intronya saja.



45. "I Still Believe in You" - Vince Gill (1992)
(USA)
Gw nggak tau apa itu musik Country, tetapi balada mellow ini begitu menenangkan sekaligus memenangkan hati *tsaaah



44. "Burn" - Tina Arena (1997)
(Australia)
Simply because it's catchy and powerful.



43. "Breathe Again" - Toni Braxton (1993)
(USA)
Salah satu karya emas Babyface yang menggetarkan, liriknya dangdut tapi puitis.



42. "Don't Speak" - No Doubt (1996)
(USA)
Emo dan galau =)



41. "A Whole New World" - Peabo Bryson & Regina Belle (1992)
(USA)
Cantik banget lagu ini, baik versi film (Brad Kane & Lea Salonga) maupun versi pop-nya ini gw suka banget karena melodi cakep dan lirik keren khas Disney.



40. "Dreamlover" - Mariah Carey (1993)
(USA)
Lagu pertama yang gw kenal dari Mariah Carey, ringan lincah tapi bisa menampilkan kelenturan vokal mbak Mar yang belum montok ini.



39. "I Believe I Can Fly" - R. Kelly (1996)
(USA)
Space Jam =D



38. "I Have Nothing" - Whitney Houston (1993)
(USA)
"I have nothing! Nothing! NOTHIIIIIING!..."



37. "Take a Bow" - Madonna (1994)
(USA)
Satu-satunya lagu Madonna yang gw suka, mungkin karena ini diproduseri Babyface.



36. "I Live My Life for You" - FireHouse (1995)
(USA)
Prinsip 90-an: kalo loe gondrong dan tato-an tapi bisa nyanyi love ballad, loe pasti terkenal di Indonesia =D.



35. "Close to Heaven" - Color Me Badd (1993)
(USA)
Gara-gara live performance-nya  diputar berulang-ulang dan berulang-ulang di RCTI. Good song though.



34. "We Could Be in Love" - Lea Salonga & Brad Kane (1993)
(Philippines)
Gw tau apa itu "suara dua" lewat lagu ini =P.



33. "Smooth" - Santana featuring Rob Thomas (1999)
(USA)
Ayo digoyang!



32. "Sleeping Child " - Michael Learns To Rock (1993)
(Denmark)
Band yang tidak pernah bisa nge-rock ini terkenal dengan love ballad-nya yang straightforward, tapi favorit gw tetap lagu ini =).



31. "Wannabe" - Spice Girls (1996)
(UK)
Mother of all so-called modern "girlbands". Konyol tapi...pasti nyanyiin juga 'kan kalo denger =P.



30. "You're Still the One" - Shania Twain (1998)
(Canada)
"From This Moment On" itu lagu nikahan yang BASIK. Coba nyanyikan lagu ini, yang lebih menekankan pada kelanggengan. Ini juga contoh crossover Country-Pop yang sangat sukses.



29. "Because You Loved Me" - Celine Dion (1996)
(Canada)
Celine Dion punya suara memukau dan menggelegar, namun justru mulai mendunia lewat lagu yang kalem dan laid-back tapi mencengkeram ini. Oh, you will see a lot of Diane Warren-written songs on the list =).



28. "I Don't Want to Wait" - Paula Cole (1997)
(USA)
Gw pernah denger lagu ini sebelum serial "Dawson's Creek", tetapi memang gw baru benar-benar memperhatikan dan akrab sama lagu keren ini karena jadi lagu opening theme serial itu.



27. "Someday We'll Know" - Иew Radicals (1998)
(USA)
Dulu cuma beli CD albumnya dengan random, ternyata keren banget, dan yang paling keren jatuh kepada balada unik ini.



26. "How Do I Live" - Trisha Yearwood/LeAnn Rimes (1997)
(USA)
Nah ini baru drama. Diane Warren membuat lagu untuk film Con Air dengan LeAnn Rimes sebagai penyanyinya, tetapi produser film memutuskan Rimes terlalu muda (15 tahun!) untuk image film action, jadinya versi yang diakui sebagai soundtrack adalah rekam-ulang versi Trisha Yearwood. Tapi versi Rimes juga nggak ditarik dari peredaran karena sudah direstui Warren. Jadilah dua lagu ini muncul barengan bahkan konon di hari yang sama. Nevertheless, it's a beautiful song siapapun yang menyanyikannya.

Versi Trisha Yearwood


Versi LeAnn Rimes





Bersambung ke Part 2



Komentar

  1. keren-keren :D
    semua lagunya emang nga ada matinya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, terima kasih ya. selamat bernostalgia =)

      Hapus

Posting Komentar