Minggu, 29 Desember 2013

Year-End Note: My Top 10 Songs of 2013 (International)

It's that time of the year again. Sudah memasuki akhir tahun dan saatnya gw menggelontorkan top10-top10-an versi gw untuk tahun 2013. Kita mulai dari lagu-lagu yang masuk kategori "internasional", istilah gw untuk lagu-lagu di luar Indonesia dan Jepang, karena itu nanti ada kategori sendiri. Di antara kategori-kategori yang ada, bisa dibilang yang ini calonnya paling banyak, karena emang akhir-akhir ini frekuensi gw dengerin radio lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya, jadi yah you may say tahun ini gw cukup update lah sama-sama lagu heitzz masa kini *sisiran* *eh nyangkut*.

Tapi di antara belasan bahkan puluhan calon itu, gw akhirnya berhasil menyaringnya jadi 10 saja lagu-lagu yang emang paling keinget dari tahun 2013. Harap maklum kalau kurang hipster ya, gw gitu =p. Kita mulai ya, dalam urutan mundur...



10. "Clarity" – Zedd feat. Foxes
Gw akui jadi kenal lagu ini gara-gara "didikte" radio. Pernah dalam satu hari, tiga radio yang gw dengerin memasang lagu ini secara bergantian. Gw bukan penggemar electronic dance music, tetapi "Clarity" punya kualitas "love ballad" yang mudah diingat lama dan bakal sering di-cover oleh penyanyi-penyanyi yang mau pamer vokal.




9. "Rock N Roll" – Avril Lavigne
I won’t say ini adalah comeback-nya mbak Avril, tapi dibanding lagu-lagunya 2-3 tahun belakangan ini, "Rock N Roll" menurut gw adalah lagunya mbak Avril yang paling asik. Agak-agak Nickelback? Ya karena Chad Kroeger ikut nulis lagu ini, dan dia lakinya Avril sekarang.




8. "Still Into You" – Paramore
Lagu ini emang agak centil ya melodinya, tapi justru itu yang bikin menarik dan bikin keinget terus. Setidaknya berhasil sedikit melepaskan kesan "Fall Out Boy versi vokal cewek" di benak gw. Enak.




7. "Young and Beautiful" – Lana del Rey
Melodi dan liriknya selalu didengungkan di setiap adegan krusial film The Great Gatsby. Begitu syahdu tapi kena banget, apalagi dengan vokal sendu-kayak-nggak-niat-nyanyi dari Lana del Rey. Rasanya nggak mungkin nggak masukin ke top 10 akhir tahun *contoh kalimat yang dibikin karena udah mentok gak tau mau nulis apa lagi =P*




6. "Royals" – Lorde
"Royals" adalah salah satu lagu yang nyelonong di ingatan gw karena nadanya yang minor-minor gimana gitu ditambah aransemen elektroniknya yang terbilang minimalis, juga lafalnya yang aneh. Ini anak New Zealand masih 16 tahun tapi lagaknya emang tua banget ya.




5. "Get Lucky" – Daft Punk feat. Pharrell Williams
Gw seneng karena di tengah-tengah booming-nya electronic dance music yang seragam bunyinya, Daft Punk tetap dengan ciri khas mereka yang masih mengandung unsur disko lawas, dan mau pake instrumen musik betulan bukan laptop doang. Joget-joget mendengarkan lagu ini sambil nyetir adalah keniscayaan.




4. "Radioactive" – Imagine Dragons
Curang nggak sih gw masukin lagu ini di tahun ini? Ini salah satu lagu Imagine Dragons favorit gw di album Night Visions yang udah gw dengarkan sejak tahun lalu, dan emang baru tahun 2013 lagu ini resmi dirilis dalam bentuk single. Perpaduan pop-rock dengan dub-step-nya cakep sekali di lagu ini, ditambah dentuman bass-drum yang bikin makin menggelegar. Quite anthemic.




3. "Safe and Sound" – Capital Cities
Jarang ada artis yang bisa membuat lagu mereka yang sebenarnya "gitu doang" menjadi nggak bikin jenuh dan malah asik. Lagu "Safe and Sound" ini hanya punya 1 baris nada, yang diulang-ulang melulu! Tapi dengan aransemen yang pas—terompetnya asoy banget—yang bikin ceria, malah jadi pengen denger berulang-ulang juga. And it’s super-catchy.




2. "Just Give Me a Reason" – P!nk feat. Nate Ruess
Aaahh. Pasaran ya? Ya gimana dong, lagunya punya formula ampuh untuk jadi favorit banyak orang, termasuk favorit gw. Lagu balada yang powerful dengan nada yang bisa-bisanya catchy sekali tetapi nggak terjebak jadi media pamer vokal semata. Well, pamer juga sih, antara suara sangar P!nk dan suara laki-tapi-kok-nyampe-sih dari Nate-nya Fun, tapi tepat guna dan malah menambah cengkeraman lagu ini di ingatan.









1. "Treasure" – Bruno Mars

Dan favorit gw kali ini adalah lagu yang selalu mengajak pendengarnya untuk ikut nyanyi dan joget, atau minimal jentik jari, walau liriknya juga masih gombal kayak apaan tauk. Bruno Mars mengemas lagu ini dengan cara yang nyaris identik dengan pop-disco-funk ala-ala Earth, Wind and Fire di tahun 1970-1980-an, ketika joget disko masih classy *halah, kayak tau aja*. Somehow, Mars membuat lagu ini terkesan kuno tetapi juga masa kini banget. Can’t get bored with this one. Singkat, padat, asik, dan my number 1 favorite of the year.



See also:

2 komentar:

  1. Yay ada Safe and Sound. Suka bgt sama lagu itu, nggak bosen2 dengernya. Hehe. Nice list! Btw izin tukeran link yah. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, thanks udah mampir
      ditunggu ya tukaran link-nya =)

      Hapus