Senin, 02 April 2012

[Album] ASIAN KUNG-FU GENERATION - BEST HIT AKG


ASIAN KUNG-FU GENERATION - BEST HIT AKG
(2012 - Ki/oon Records / Sony Music Japan)

Tracklist:
1. 遥か彼方 (Haruka Kanata)
2. 未来の破片 (Mirai no Kakera)
3. アンダースタンド (Understand)
4. 君という花 (Kimi to iu Hana)
5. リライト (Rewrite)
6. 君の街まで (Kimi no Machi made)
7. ループ&ループ (Loop&Loop)
8. ブラックアウト (Blackout)
9. ブルートレイン (Blue Train)
10. 或る街の群青 (Aru Machi no Gunjou)
11. アフターダーク (After Dark)
12. 転がる岩、君に朝が降る (Korogaru Iwa, Kimi ni Asa ga Furu)
13. ムスタング (Mustang)
14. 藤沢ルーザー (Fujisawa Loser)
15. 新世紀のラブソング (Shinseiki no Love Song)
16. ソラニン (Solanin)
17. マーチングバンド (Marching Band)


Saya, sebagai seorang penggemar ASIAN KUNG-FU GENERATION, turut berbangga bahwa mereka menandai 15 tahun terbentuknya band ini dengan menelurkan sebuah album "best-of" yang bertajuk BEST HIT AKG, Januari lalu. Gw pernah singgung sebelumnya bahwa artis Jepang cukup saklek dalam mendefinisikan album kompilasi mereka. Kalau ada kata-kata "complete" atau "single" berarti isinya adalah semua lagu dari artis yang bersangkutan yang telah dirilis dalam bentuk single. Penekanan pada kata "semua", dan biasanya emang lagu-lagu yang non-single/cuman ada di album nggak termasuk. Nah kalau kata "best" saja, biasanya lagu-lagunya hasil seleksi, entah itu dari tema (yang paling sering tema cinta, kolaborasi, atau cover version) ataupun pilihan pribadi dari si artis sendiri...yang berarti tidak selalu selaras dengan selera/pilihan penggemar. BEST HIT AKG ini jenis yang kedua, dan konon disusun berdasarkan pilihan Kensuke Kita (gitar), Takahiro Yamada (bass) dan Kiyoshi Ichiji (drum)...yup, si vokalis/gitaris Masafumi Gotoh tidak turut andil, mungkin karena pilihan doi kurang komersil, hehe (malah di blognya dia pernah bikin tracklist "Unofficial Best "IMO"" versi dia sendiri yang emang dikit aja yang benar-benar komersil =D).

Biasanya juga, gw akan komplain pada album "best-of" yang kurang banyak atau lengkap isinya (terutama artis-artis Indonesia). Tapi untuk kali ini ada pengecualian, selain karena biased judgment =P, juga karena lagu-lagu di BEST HIT AKG tidaklah sedikit. Ada 17 track—termasuk 1 lagu baru—yang mewakili karir band alternative pop-rock ini khususnya setelah masuk major-label yang memang cukup layak dibilang "best", yaitu yang punya tingkat kepopuleran cukup signifikan, termasuk yang non-single seperti "Understand" yang bahkan nggak dijadikan lagu promo (nggak ada video klip). Juga harus diakui beberapa single AKG selama ini ada yang kurang appealing dan akhirnya nggak dimasukkan dalam album ini, di antaranya "World Apart" dan salah satu yang terbaru "Maigo Ino to Ame no Beat", bahkan "Siren" pun terpaksa ditinggal. Sisanya adalah yang ada di album ini, yang menurut gw sih memang lebih populer, lebih menjual, juga lebih mewakili perjalanan dan pertumbuhan musik AKG hingga sekarang.

Penyusunan track di album ini sesuai dengan urutan waktu rilisnya DAN urutannya dalam album yang memuatnya (contoh yang paling jelas adalah "Rewrite", "Kimi no Machi Made", "Loop&Loop" yang secara tanggal rilis single harusnya "Loop&Loop" duluan, tapi di album Sol-Fa track ini memang paling bontot)...kecuali untuk "Aru Machi no Gunjou" yang ditaruh sebelum lagu-lagu dari album World World World ("After Dark", "Korogaru Iwa, Kimi ni Asa ga Furu") mungkin karena single-nya emang rilis jauuuh sebelum albumnya *sotoy*. Cara penyusunan ini juga jadi semacam gambaran singkat bagaimana evolusi musik AKG selama hampir sepuluh tahun di major-label, yang juga berarti cukup beneficial buat yang baru dengar atau pendengar non-penggemar AKG.

Lewat 17 lagu yang ada di album ini, kita bisa dengar AKG ketika masih raw dalam track pertama "Haruka Kanata"—yang ngehit karena jadi opening theme kedua untuk anime Naruto, demikian juga "Mirai no Kakera" dan "Understand" yang bisa bikin jingkrak-jingkrak. Lalu kita bertemu pada fase "paling pop" lewat track "Kimi to Iu Hana", "Rewrite"—yang juga ngehit karena jadi opening theme kedua untuk anime Fullmetal Alchemist, "Kimi no Machi Made" dan "Loop&Loop", yang dengan irama menghentak dan melodi catchy mewakili saat-saat puncak kepopuleran band ini. Beranjak ke masa-masa mereka mulai bereksperimen di lagu "Blackout" dan "Blue Train", distorsi yang lebih jinak di "Aru Machi no Gunjou"—theme song film anime Tekkon Kinkreet—dan "After Dark"—opening theme ke-7 anime Bleach, mulai kalem di "Korogaru Iwa, Kimi ni Asa ga Furu", balik lagi dengan sound yang lebih kompleks di "Mustang", dilanjutkan dalam masa retrospektif mereka pada gaya mereka di album-album awal yang penuh distorsi lepas namun kini lebih rapi dalam "Fujisawa Loser". Kemudian album diteruskan dalam lagu AKG paling eksperimental so far "Shinseiki no Love Song", yang meskipun gayanya jauh banget dari AKG yang biasa dikenal, namun ternyata cukup digemari. Akhirnya, diselingi track "Solanin" yang jadi theme song film berjudul sama (liriknya bukan buatan AKG tapi dari pengarang manga yang jadi dasar filmnya), album ini ditutup dengan single baru "Marching Band" yang, menurut gw sih, masih menyisakan kecenderungan terkini AKG untuk mencoba nuansa baru dalam musiknya.

Apakah gw terpuaskan dengan pilihan lagu di album BEST HIT AKG ini? Cukup puaslah. Kalo mau puas banget ya harusnya isinya kayak postingan 20 lagu AKG favorit gw tempo hari *selfish fan*, which is of course impossible. Namun, setidaknya ada 11 lagu AKG kesukaan gw hadir di sini. Gw suka hasil penyusunannya yang rapih dan seimbang antara pertimbangan popularitas, komersialitas (dengan kata lain menurut pendapat labelnya) dan preference si artisnya. Gw cukup menikmati aliran track demi track yang nyatanya tidak membosankan, ya karena dinamika dan pergeseran gaya bermusik AKG yang semakin mengkalem itu. Pun mendengarkan album ini seolah menggambarkan bagaimana gw merespon karya-karya mereka selama ini, bahwa makin kemari karya AKG cenderung menjauh dari kesan "komersil" dan agak sulit dinikmati kalo nggak "meracuni diri sendiri" alias mendengarkannya berulang kali. Gw jelas lebih mudah suka sama "Loop&Loop" daripada "Shinseiki no Love Song", apalagi jika dilihat kontrasnya "Haruka Kanata" yang rockin' dan telanjur familiar, dengan "Marching Band" yang bergitar melodik dengan hentakan drum yang (up-beat sih tapi) lebih kalem dan chorusnya kayak nggak mulai-mulai—tetapi sebagai penggemar, pada akhirnya gw pasti suka kok =).

Akhir kata, BEST HIT AKG adalah album kompilasi yang well-presented, tidak kumplit namun sangat representatif. Sangat direkomendasikan bagi yang baru kenal AKG, dan di saat yang sama cukup enjoyable bagi penggemar seperti gw. Pastinya juga, album ini hanya penanda cukup lamanya mereka menancapkan eksistensi di blantika musik Jepang, jadi patut ditunggu karya mereka selanjutnya. It's not over yet, but thank you for the music, Ajikan =)).



My score: 7,5/10

ASIAN KUNG-FU GENERATION
Previews

Haruka Kanata


Understand


Rewrite


Loop&Loop


Aru Machi no Gunjou


Mustang


Shinseiki no Love Song


Solanin


Marching Band


6 komentar:

  1. yupz.,, i like akg

    BalasHapus
  2. Best Hit AKG! Semoga albumnya dirilis di Indonesia! Lagi bokek soalnya =D.

    BalasHapus
  3. @Rafael: Setuju!
    Ayo dong, Sony Music Indonesia!!!! *bentak

    BalasHapus
  4. ini ada link download albumnya
    cek aja di blog ku . update link pokoknya

    http://www.mubarok.net/2012/12/asian-kung-fu-generation-best-hit-akg.html

    :)

    BalasHapus