Senin, 09 Januari 2012

My Top 20 ASIAN KUNG-FU GENERATION Songs So Far

Tahun 2011 kemarin diperingati sebagai 15 tahun sejak band kesayangan gw, ASIAN KUNG-FU GENERATION terbentuk (that means 1996, kali aja ada yang males ngitung =P). Entah berhubungan atau enggak, AKG telah mengumumkan perilisan album "best-of" berjudul BEST HIT AKG pada akhir Januari 2012 ini (kayaknya nggak juga berhubungan sih ya =P), meskipun katanya juga sudah ada rencana rilis album baru pada pertengahan tahun ini. Gw belum dapet albumnya, ya karena belum dirilis, tetapi tracklistnya sudah bisa dilihat di situsnya jadi bisa dikira-kira isinya seperti apa. Nantikan reviewnya di blog ini yah.


Kecintaan gw terhadap AKG tiadalah bersyarat, karya mereka yang paling bapuk pun akan gw nikmati juga pada akhirnya *romantis gak seh =)*, namun pasti ada karya-karya yang lebih gw favoritkan daripada yang lain. Nah, sebagai semacam pemanasan sebelum perilisan album BEST HIT AKG yang bakal memuat single-single dan lagu-lagu yang dianggap nge-hit, gw akan menggulirkan 20 lagu terbaik AKG versi gw sendiri. Tidak semua single AKG—yang notabene harusnya "menjual"—menjadi favorit gw, malah banyak juga track yang hanya nangkring di album nggak diapa-apain (jarang juga dimainkan di konsernya) yang, IMO, better-than-they-realize.


Terambil dari 16 single, 6 album, 2 mini-album, 1 album kompilasi b-track dan 5 album kompilasi  yang dikeluarkan oleh mereka dalam rentang dari tahun 2003 (major debut mereka) sampai 2011, gw akan mendaftar 20 lagu AKG terfavorit gw sejauh ini dalam urutan mundur, meskipun sebenarnya urutan teratas sudah bisa ditebak kalau merujuk pada postingan My Top 25 J-Pop Songs of the 2000's. Dan btw, gw tidak mempertimbangkan faktor lirik, karena sampe saat ini nggak ada satupun lagu AKG yang gw paham benar liriknya, hahaha. Oke, postingan ini mungkin agak berbau fanboy dan "untuk kalangan sendiri", tapi percayalah, lagu mereka ini cenderung mudah diterima, terutama yang suka sama genre alternative rock atau power pop sebagaimana genre dasar AKG, yang kerap terdengar seperti perpaduan Weezer, Green Day dan Simple Plan. So, are you ready? Mari...






20. Korogaru Iwa, Kimi ni Asa ga Furu (転がる岩、君に朝が降る)
(2008 - 11th single/World World World)
Sweet and laid-back



19. Rising Sun (ライジングサン)
(2010 - Magic Disk)
Playful and experimental



18. Mada Minu Ashita ni (未だ見ぬ明日に)
(2008 - Mada Minu Ashita ni (mini-album))
Catchy and energetic



17. After Dark (アフターダーク)
(2007 - 10th single/World World World)
Singkat padat seru



16. Kakuu Seibutsu no Blues (架空生物のブルース)
 (2010 - Magic Disk)
Kalem dan cakep, perpaduan instrumen band dengan piano+strings section yang manis.



15. Blackout (ブラックアウト)
(2005 - ASIAN KUNG-FU GENERATION presents NANO MUGEN COMPILATION/Fanclub )
Mesmerizing, AKG mulai agak bereksperimen musik mereka sejak lagu ini, mengganti chord berdistorsi dengan dentingan melodi yang keren.



14. Entrance (エントランス)
(2003 - b-track of 1st single "Mirai no Kakera"/Feedback File)
Sebagaimana musik AKG pada awal-awal kemunculannya, lagu ini begitu raw, baik soundnya, vokalnya, maupun energinya. Suka dengan perpindahan pre-chorus ke chorus yang kayak ada pause-nya =).



13. Blue Train (ブルートレイン)
(2005 - 7th single/Fanclub)
Meski terkesan pamer skill, lagu ini menjadi salah satu lagu paling menyejukkan dari AKG.



12. Fujisawa Loser (藤沢ルーザー)
(2008 - 12th single/Surf Bun'gaku Kamakura)
Kala AKG mencoba kembali kepada sound-nya yang terdahulu, hasilnya meskipun tidak gahar, namun memunculkan aura menyenangkan yang tidak pretensius. Lagu ini begitu appealing dengan aransemen simpel dan melodi yang cerah dan menarik.



11. Flashback (フラッシュバック)
(2003 - Kimi Tsunagi Five M)
Nggak sampe 2 menit, terkesan hanya sekedar pembukaan untuk track "Mirai no Kakera" (baik di album maupun konser), namun lagu yang menggeber distorsi ini punya energi luar biasa yang membangkitkan semangat jingkrak-jingkrak kapanpun didengarkan.






10. Rashinban (羅針盤)
(2002/2003 - Houkai Amplifier (mini-album))
Gw mungkin memang lebih prefer AKG yang dulu terdengar sangat bersemangat dan terkesan tanpa beban. Lagu singkat nan sederhana nan berenergi nan catchy ini salah satu contohnya. Suka dengan vokal Masafumi Gotoh di sini.



9. Understand (アンダースタンド)
(2003 - Kimi Tsunagi Five M)
Lagu non-single terfavorit yang sering sekali dimainkan dalam konser-konser mereka. Lagu yang asyik dengan sahut-sahutan yang terdengar spontan, baik melodi maupun aransemennya begitu mudah bersarang di ingatan. Mungkin juga faktor tamborin-nya kali ya.



8. Haruka Kanata (遥か彼方)
(2002/2003 - Houkai Amplifier (mini-album))
Bisa jadi lagu yang paling dikenal dari AKG di Indonesia (terbukti waktu gw bikin polling, yang mengaku kenal lagu ini banyak juga), terutama bagi para tukang panteng anime Naruto. Lewat lagu ini juga gw mengenal band ini, terdengar sincere dan emo, tidak seperti band-band Jepang lain yang gw tahu yang kelewat usaha "terdengar dan terlihat keren"—walau ternyata AKG nggak emo-emo amat ^_^. Well, selain juga lagu ini begitu rockin' dan catchy, nggak salah kalo banyak yang suka



7. Sayonara Lost Generation (さよならロストジェネレイション)
(2010 - Magic Disk)
Diawali dengan verse yang santai, langsung dihantam dengan chorus yang anthemic. Lagu ini overall terdengar santai karena hentakannya yang medium, tidak terlalu "ribut", serta vokal yang menjurus ke sing-talk, namun lagu ini tetap menawarkan bobot serta permainan instrumen yang sangat oke. Jika ini termasuk eksperimen, maka ini adalah eksperimen AKG yang paling gw sukai, selain menjadi salah satu lagu terbaik mereka.



6. Loop & Loop (ループ&ループ)
(2004 - 4th single/Sol-Fa)
AKG pada fase sangat ramah pasar. Lagu dengan melodi, irama, aransemen, serta intro yang sangat catchy dan mudah dikenali, serta mudah disukai banyak kalangan. Lagu ini juga setau gw satu-satunya karya AKG yang berhasil masuk radio-radio lokal Indonesia di luar segmen khusus Jepang-Jepangan, and deserved to be.



5. Sono Wake wo (その訳を)
(2003 - b-track of 1st single "Mirai no Kakera"/Kimi Tsunagi Five M)
Sebuah lagu bagus yang jarang diperhatikan, but I love it so much. Lagu pop yang catchy setiap part-nya sejak awal hingga akhir, asyik didengar, pun yang nyanyi terdengar asyik menyanyikannya. Sederhana,  menyenangkan, tidaklah garang, tetapi mampu memberikan energi yang berarti lewat hentakannya yang bikin tangan dan kepala bermain-main. Seandainya gw akhirnya bisa nonton konser AKG langsung, gw harap mereka juga akan memainkan lagu ini *Amin*.



4. Enoshima Escar (江ノ島エスカー)
(2008 - b-track of 11th single "Korogaru Iwa, Kimi ni Asa ga Furu"/Surf Bun'gaku Kamakura)
Gw bilang ini sebagai "puncak ke-catchy-an AKG". Jika ada lagu AKG yang paling cepet diingat saking catchy-nya, inilah dia. Lagu yang singkat dan padat dengan struktur yang normal, melodinya sederhana namun asik, kocokan gitarnya asik, sahut-sahutan vokalnya asik, iramanya apalagi, tidak membosankan meski diulang-ulang. Enak banget dah.



3. Kimi to Iu Hana (君という花)
(2003 - 2nd single/Kimi Tsunagi Five M)
Hit klasik dari AKG, lewat lagu ini AKG mulai angkat nama di blantika musik Jepang sana. Salah satu lagu AKG dengan durasi terpanjang, lagu ini mengeksebisi hal lain yang dimiliki oleh AKG, mereka tidak hanya demen main distorsi cepat, tetapi juga bisa meng-emphasize pada melodi, di atas beat disco dengan sama asyiknya. Love every part of this song, yang paling menarik gw adalah melodi lagunya yang "nylendro Jepang" banget.



2. Rewrite (リライト)
(2004 - 5th single/Sol-Fa)
Bisa jadi AKG meroket berkat single ini. Bukan cuma karena jadi lagu tema anime Full Metal Alchemist semata, tapi memang lagu ini istimewa. A perfect example of a power pop song.





1. Kimi no Machi Made (君の街まで)
(2004 - 6th single/Sol-Fa)
Yes, this is it. Kalau tidak salah ingat, lagu ini adalah lagu AKG ketiga yang gw denger dan tonton klip videonya (di komputer temen), dan sejak lagu inilah gw memutuskan untuk suka AKG. Lagu ini memang jauh dari kesan grand ataupun unik, strukturnya pun pop sekali, tapi bagaimanapun, lagu ini tetaplah yang terasyik dari yang lainnya. Lebih dari poin melodinya yang catchy serta aransemennya yang membungkusnya dengan dinamis dan padu, lagu ini buat gw adalah produk sempurna dari energi bermusik AKG yang tersampaikan dengan baik lewat sebuah lagu yang mudah dicerna dan marketable. And yeah, gw masih menganggap ini lagu Jepang paling oke di dekade 2000-an =)).






Recap
My Top 20 ASIAN KUNG-FU GENERATION Songs So Far:

1. Kimi no Machi Made
2. Rewrite
3. Kimi to Iu Hana
4. Enoshima Escar
5. Sono Wake wo
6. Loop&Loop
7. Sayonara Lost Generation
8. Haruka Kanata
9. Understand
10. Rashinban

11. Flashback
12. Fujisawa Loser
13. Blue Train
14. Entrance
15. Blackout
16. Kakuu Seibutsu no Blues
17. After Dark
18. Mada Minu Ashita ni
19. Rising Sun
20. Korogaru Iwa, Kimi ni Asa ga Furu


NB: Ssst, 20 lagu ini ternyata muat dalam CD berdurasi 80 menit ;)

11 komentar:

  1. wuaaah kugenuma surf ama kaiga kyoushitsu ngga masuup? hehe, favorit ane dua ntu gan klo yang baru, ama fujisawa loser, klo yang lama entrance, haruka kanata, rashinban, sama siren.

    BalasHapus
  2. woww...!!favorit gw semua, walaupun urutannya bakal beda, utk juaranya klo bagi gw akan pilih Blue Train, punya kenangan betapa kerennya tuh lagu klo lo bwain sendiri di panggung...anyway great list..cheers

    BalasHapus
  3. @kyurahikaru dan alyano, terima kasih sudah mampir dan sharing lagu AKG favoritnya juga =))

    BalasHapus
  4. ,kk koq solanin g masuk??
    oya kk album baru akfg udah keluar tuh,Landmark

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, pertanyaan semacam ini pasti muncul ya.
      Yah, singkatnya sih Solanin buat saya tidak semengesankan 20 lagu yg ada di sini. tapi, it's alright, yang penting lagu tersebut tetap juara di hati Anda =))

      Hapus
  5. Kk kenapa kaigan dohri ga dimasukin?
    Pdhl menurut ane tuh lagu tenangin hati banget lewat nada2 simple dan vocal gotoh yang serasa menikmati banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. gakpapa dong gak dimasukkan di daftar saya, yg penting kan masuk jadi favorit kamu =)

      Hapus
  6. gw suka solanin sama kaigan doori, hehehehehe

    BalasHapus
  7. Kimi no Machi Made jadi nomor 1 ya? Gue juga demen banget, apalagi intronya yang bikin serrr (ini apaan sih). Masuk lima besar lah kalo di list gue.

    BalasHapus