Kamis, 29 Januari 2009

[Album] ASIAN KUNG-FU GENERATION - Surf Bun'gaku Kamakura


ASIAN KUNG-FU GENERATION - サーフ ブンガク カマクラ (Surf Bun'gaku Kamakura)
(2008 - Ki/oon Records/Sony Music)

Tracklist:
1. 藤沢ルーザー
Fujisawa Loser
2. 鵠沼サーフ Kugenuma Surf
3. 江ノ島エスカー Enoshima Escar
4. 腰越クライベイビー
Koshigoe Crybaby
5. 七里ヶ浜スカイウォーク
Shichirigahama Skywalk
6. 稲村ヶ崎ジェーン
Inamuragasaki Jane
7. 極楽寺ハートブレイク
Gokurakuji Heartbreak
8. 長谷サンズ Hase Suns
9. 由比ヶ浜カイト
Yuigahama Kite
10. 鎌倉グッドバイ
Kamakura Goodbye

Dengan rilisnya album ini, maka ASIAN KUNG-FU GENERATION, my no. 1 favourite band, total menelurkan 3 album di tahun 2008 ("World World World",mini-album "Mada minu Ashita ni" dan yg ini). Rajin yach. Tapi "Surf" prosesnya tidak singkat juga, krn beberapa lagu di sini sudah pernah dirilis sbg B-side track single2 mereka sebelumnya. Lucunya album ini berisi lagu2 yg terinspirasi dari jalur kereta Enoshima di sebuah daerah wisata bernama Fujisawa (katanya sich gak jauh dari Tokyo). Judul2nya diambil dan diurut dari nama2 stasiun kereta itu, jadi biar berasa naik keretanya gitu.

Ada 10 lagu, perjalanan dimulai dengan asik dan rame di "Fujisawa Loser", lagu yg simpel, singkat, tapi gampang diinget. Lagu lain yg nendang adl "Kugenuma Surf", "Enoshima Escar" yang super-catchy, "Inamuragasaki Jane" yg bikin jingkrak2, "Hase Suns", dan "Kamakura Goodbye" yg merupakan lagu Ajikan paling slow yg pernah gw denger serta makin kaya dengan kocokan gitar akustik. Sisa lagu selain di atas sayangnya agak sulit dinikmati dan kayaknya hanya akan appealing pada fans saja yg dgn sukarela akan mencoba menyukainya dengan cara memutar berulang-ulang (hehehe, curhat).

Musiknya rata-rata seragam (kecuali track terakhir), riff dan hentakan serta melodi khas Ajikan. Secara mereka merekam semua lagu di sebuah studio di Fujisawa, hawa liburan santainya juga kebawa. Tensi rocknya mungkin nggak menurun, malah distorsinya lebih keras dari album "World...", tapi musik yg dimainkan mengalir tanpa beban sehingga mengeluarkan aura menyenangkan ketika denger album ini.
Memang album ini tidak dibuat dengan formula komersil, gak bakal ada hits seperti "Rewrite" atau "Loop&Loop". Lagunya rata2 di bawah 3 menit dan tarikan-hentakan musiknya mirip Ajikan waktu masih indie dulu, tapi mungkin less emotional ajah. Padat berisi, lebih nikmat bila dinikmati satu album full. Nice ride and would've been great at live shows.

my score:
7,5/10

ASIAN KUNG-FU GENERATION (2008)


preview, courtesy of YouTube

藤沢ルーザー Fujisawa Loser




Tidak ada komentar:

Posting Komentar