My Movie Picks of June 2019

Bulan Juni. Summer. Musim liburan (anak sekolah doang tapi). Plus tahun ini ada Lebaran. Banyak film unggulan (oleh yang punya) dilemparkan ke pasaran. Namun, mana sajakah yang paling berkesan? Berikut versi gw.




1. Parasite
(2019 - CJ Entertainment)
dir. Bong Joon Ho
Cast: Song Kang-ho, Choi Woo-sik, Jang Hye-jin, Park So-dam, Cho Yeo-jeong, Lee Sun-kyun, Jung Ji-so, Lee Jung-eun, Jeong Hyun-jun, Park Seo-joon


Kabar terbesarnya adalah film ini meraih penghargaan tertinggi di Festival Film Cannes 2019, Palm d'Or, dari unanimous decision semua jurinya. Tapi gw mungkin termasuk dalam kelompok penonton yang tidak menyangka film juara "festival serius" bisa se-enjoyable ini. Sebuah komedi hitam yang menyentuh topik stratifikasi sosial-ekonomi, jalan ceritanya diramu sedemikian rupa sehingga dugaan penonton akan arahnya kerap meleset, namun bisa tetap menjaga nilai hiburannya dengan permainan ritme serta karakterisasi yang antik dan hidup. Film yang kalau dilihat-lihat sebenarnya ganjil, dan kalau niat banget sih bisa di-breakdown makna-makna yang tersurat dan tersirat dari tiap adegan dan karakternya. Tetapi, dan ini keistimewaan yang jarang dimiliki pekarya film, film ini masih bisa disantap santai.
My score: 8/10






2. Toy Story 4
(2019 - Disney/Pixar)
dir. Josh Cooley
Cast: Tom Hanks, Tim Allen, Annie Potts, Tony Hale, Keegan-Michael Key, Jordan Peele, Christina Hendricks, Keanu Reeves, Joan Cusack


Setelah Toy Story 3 ditutup sempurna, kisah apa gerangan yang bisa minimal melanjutkan saga Toy Story dengan layak? Dasar Pixar dan Disney, mereka nemu aja cara membangun kisah keempat tanpa harus terkesan unnecessary banget. Kali ini petualangan para mainan milik Andy yang telah berpindah tangan ke si gadis cilik Bonnie, semakin menebalkan tema "eksistensial''-nya, khususnya perihal kehendak bebas para mainan itu sendiri, terutama Woody dan beberapa tokoh baru dan "returning". Berat nggak tuh =P. Namanya juga Pixar. Tetapi, kecanggihan animasi dan penuturan yang memikat dan jenaka tetap dikedepankan. Walau secara emosional gw lebih tersentak pas film ketiga, paling tidak yang ini nggak sampai terjun bebas, dan bisa dikompensasi dengan perkembangan karakternya yang bagi gw cukup bold.
My score: 7,5/10






3. Yesterday
(2019 - Universal)
dir. Danny Boyle
Cast: Himesh Patel, Lily James, Kate McKinnon, Ed Sheeran, Joel Fry, Alexander Arnold, Sophia Di Martino, Harry Michell


Premisnya bagaikan pengharum ruangan aroma roti di toko-toko roti di mall, sedaapp banget. Apa jadinya jika tiba-tiba The Beatles dan lagu-lagunya terhapus dari sejarah dan ingatan semua orang, dan hanya diingat oleh satu orang dari kota kecil yang tengah merintis karier musiknya. Berangkat dari setting yang absurd tapi seksi, film ini kemudian berjalan pada tema dilema antara ketenaran versus kejujuran, termasuk soal cinta. Komedi romantis yang ternyata tidak hanya bergantung pada tenarnya lagu-lagu The Beatles, tetapi juga memaparkan perjalanan ajaib si tokoh utama dalam meraih yang ia cita-citakan, dengan bumbu humor dan wittiness yang sering tepat sasaran.
My score: 7,5/10






4. Godzilla II: King of the Monsters
(2019 - Warner Bros./Legendary)
dir. Michael Dougherty
Cast: Millie Bobby Brown, Vera Farmiga, Kyle Chandler, Ken Watanabe, Zhang Ziyi, O'Shea Jackson Jr., Bradley Whitford, Thomas Middleditch, Charles Dance, David Strathairn, Sally Hawkins


Bisa dibilang film ini menampilkan hampir persis yang diharapkan. Menyambung Godzilla (2014),  film ini lebih banyak menampilkan pertarungan Godzilla dengan monster raksasa lain yang nggak kalah beken--karena semuanya pernah dibikin film di Jepang sejak era 1960-an. Jadi ketika film ini menjanjikan Godzilla tarung lawan King Ghidorah si monster kepala tiga dan Rodan/Radon si burung api raksasa, serta aliansi dengan si monster kupu-kupu raksasa nan anggun Mothra, itulah yang dipertunjukkan, yang ditutamakan, dan tidak mengecewakan. Selipan drama manusia sebagai sudut pandang utama juga nggak terlalu mengganggu, walau kayaknya sih nggak perlu sebanyak itu ya jumlah tokohnya. Nevertheless, jelas ada peningkatan nilai hiburan dan keseruan dari film sebelumnya.
My score: 7/10





Komentar