Jumat, 04 Agustus 2017

[Movie] Filosofi Kopi 2: Ben & Jody (2017)

Film Filosofi Kopi (2015) bagi gw mungkin bukan yang terbaik dari deretan film-film kece buatan Angga Dwimas Sasongko, tetapi it was probably the smartest. Makanya gw sama sekali nggak keberatan ketika katanya akan dibuat sekuelnya, dengan judul yang cukup catchy, Filosofi Kopi 2: Ben & Jody. Kali ini si maniak kopi Ben (Chicco Jerikho) dan sahabatnya yang berotak bisnis Jody (Rio Dewanto) berupaya membangkitkan kembali kedai Filosofi Kopi mereka, yang sempat oh-so-hipster-y jadi kedai keliling di atas VW Combi modifikasi. Peluang bikin lagi kedai tetap semakin menjanjikan dengan hadirnya Tarra (Luna Maya) yang mau berinvestasi besar, dan tidak hanya akan terhenti di satu kedai saja. Namun, bercampurnya bisnis dan persahabatan, passion mula-mula yang dibenturkan dengan tuntutan untuk evolve, dan terlibatnya orang-orang baru baik secara profesional maupun emosional, membuat Ben, Jody, dan Filosofi Kopi tidak akan bisa seperti dulu lagi.

Film-film seperti dua film Filosofi Kopi ini begitu menyegarkan, karena sekalipun premis yang diangkat mungkin biasanya dianggap kurang spektakuler--walau pada akhirnya ada porsi romance lebih kental di sekuelnya, sajian dan penuturannya tetap terasa imbang, topik-topik yang ingin disampaikan bisa ditangkap dengan mudah, bukan asal lewat ataupun asal cool aja. Gw suka film ini menyoroti keharusan sebuah usaha, sekalipun itu "proyek idealis", untuk bertumbuh ataupun beradaptasi dengan berbagai perubahan dan gagasan baru, yang kemudian paralel dengan arah perkembangan karakter-karakter utama kita. Sehingga, setidaknya Ben dan Jody nggak stuck di situ-situ aja perjalanannya dalam cerita, jadinya asyik aja ngikutinnya. Buat gw momen-momen "magis" di Ben & Jody tidak sebanyak atau sekuat film pertamanya, namun vibe yang dipancarkan tetap menyenangkan, didukung pemain yang total dan kompak serta production value yang terlihat lebih plus.


Filosofi Kopi 2: Ben & Jody
(2017 - Visinema Pictures)

Directed by Angga Dwimas Sasongko
Screenplay by M. Irfan Ramly, Jenny Jusuf, Angga Dwimas Sasongko
Story by Ni Made Frischa Aswarini, Christian Armantyo, Angga Dwimas Sasongko, Jenny Jusuf
Based on the characters created by Dewi "Dee" Lestari
Produced by Anggia Kharisma, Chicco Jerikho, Rio Dewanto
Cast: Chicco Jerikho, Rio Dewanto, Luna Maya, Nadine Alexandra, Melissa Karim, Landung Simatupang, Whani Darmawan, Otig Pakis, Joko Anwar, Tyo Pakusadewo, Westny Dj, Aufa Assegaf, Muhammad Aga
My score: 7,5/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar