Rabu, 24 Juli 2013

[Album] Hata Motohiro - Signed POP


秦 基博  Hata Motohiro - Signed POP
(2013 - Augusta Records/Ariola Japan/Sony Music Japan)
Album Produced by Hata Motohiro 
Music Produced by Masanori Shimada, Makoto Minagawa, Seiji Kameda, Masato Suzuki, Kei Kawano, Kotaro Kubota

Tracklist:
1. Hello to you
2. グッバイ・アイザック   Goodbye Isaac
3. Girl
4. 初恋   Hatsukoi
5. 現実は小説より奇なり   Genjitsu wa shosetsu yori kinari
6. ひとなつの経験   Hitonatsu no keiken
7. May
8. FaFaFa
9. エンドロール   End Roll
10. 自画像   Jigazou
11. 水無月 Minazuki
12. Dear Mr. Tomorrow
13. 綴る   Tsuzuru


Tidak seperti artis J-Pop kebanyakan, singer-songwriter Hata Motohiro termasuk "hati-hati" dalam merilis karya, jarak antar rilisan album satu dengan yang lain selalu lebih dari satu tahun, jarak rilis antara satu single ke single lainnya juga rata-rata 3-6 bulanan. Selain mungkin karena jadwal live, kolaborasi, dan job bikin lagu untuk orang lain, gw mengira-ngira pasti ada perhitungan tertentu, biar setiap rilisan jadi lebih oke daripada asal rilis gitu, atau jangan-jangan karena doski penjualannya termasuk modest jadi nggak ada pressure dari label, hehe. Jujur saja, meskipun Hata gw dapuk sebagai artis solo pria terbaik Jepang karena vokal keren dan lagu-lagu enaknya, Hata belum bisa menelurkan album yang solid dan durable seperti yang dicapai albumnya di tahun 2007, contrast. Gw sih suka dengan dua album selanjutnya, ALRIGHT (2008) dan Documentary (2010) tetapi tidak separipurna full-album perdananya itu. 2 tahun 3 bulan sejak Documentary, jarak terlama dari yang pernah dilakukan, Hata akhirnya merilis album keempat Signed POP pada awal 2013 ini, apakah ini pertanda akan lebih baik?

Jika sekilas mengingat ALRIGHT dan Documentary, setelah didengar beberapa kali, seperti ada kecenderungan Hata trying too hard untuk memasukkan sesuatu yang beda dalam beberapa materinya, namun pada akhirnya justru yang simpel-simpel-cara-lamalah yang tetap lebih berkesan. Bukan gagal, tapi kurang nendang aja hasilnya. Signed POP layaknya hasil evaluasi dari itu. Secara keseluruhan, musiknya memang tetap pop yang full instrument, rata-rata dalam tempo slow-medium-agak cepat, masih dengan alat band basic dengan keutamaan gitar akustik dan elektrik, ditambah piano dan string section di sana-sini, bedalah sama album contrast yang lebih simplisitik. Akan tetapi lagu-lagu yang ditampilkan kini kembali ke jalur pop yang "seharusnya", yang nggak ribet atau terlalu aneh-aneh. Kalaupun ada yang "aneh" palingan nyerempet groove ("Hitonatsu no Keiken", "Jigazo") atau rock'n'roll ("FaFaFa") tapi nggak sampe menutupi unsur popnya. Gw pun memperhatikan setiap lagu terdiri dari melodi-melodi yang distinctive dan nyaris sama kuat dan sama enaknya, dan yang paling penting nyaman didengar. Karena yang punya karya kali ini nggak riri—ribet sendiri, yang dengar juga 'kan jadinya enak.

Dimulai dengan track solo akustik "Hello to you" yang kembali memperkenalkan karakter core dari Hata, sederhana tetapi powerful, dan vokalnya tersaji jelas dan jernih. Seakan kontras, lagu tersebut dilanjutkan dengan track "Goodbye Isaac" yang gw bilang sih lagu up-tempo terbaik yang pernah dirilis Hata, sekaligus jadi highlight paling terang di album ini. Single yang juga jadi salah satu lagu tema anime "Space Brothers" ini mengusung irama pop-rock ceria dengan melodi yang sangat catchy dan sangat sukses membangkitkan semangat bila didengarkan pagi-pagi =). Beberapa highlight lain dari 13 track dalam Signed POP adalah lagu gombalan "Girl" yang juga mencerahkan dengan dominan dentingan piano, "Genjitsu wa shosetsu yori kinari" yang mengikuti gaya smooth urban jazz khas Keiichi Tomita, juga "End Roll" yang syahdu tapi merasuk dengan tambahan bunyi organ-nya (dan jadi salah satu lagu J-Pop terfavorit gw tahun 2012 lalu).

Sisanya pun gw sama sekali nggak merasa perlu komplain. Gw bisa bersantai dengan "May", ikut merasakan bimbang dalam track mellow "Dear Mr. Tomorrow", juga menikmati kekuatan vokal Hata baik di lagu bittersweet bernada minor seperti "Hatsukoi", maupun yang lebih optimistis seperti "Minazuki" dan "Tsuzuru". Dan seperti gw singgung sebelumnya, yang lagunya tidak murni pop pun masih enak dinikmati, termasuk "Jigazo" yang iramanya agak funk, nggak biasa tetapi malah makin memikat. Semua itu disempurnakan lagi dengan pengurutan lagu yang mengalir lancar dengan seimbang tanpa ada rasa kehilangan atau overdone

Mudahnya, Signed POP adalah album Hata yang lebih enjoyable dan lebih solid ketimbang dua pendahulunya, hanya sedikit di bawah contrast. Hata di sini nggak ngoyo, memperbaiki apa yang kurang serta menambah apa yang memang he does best pada karya-karya sebelumnya. Bagi fans terutama pasti akan senang dan bangga sama album ini. Tidak ada perasaan ganjil atau asing, tetapi tidak juga terasa ada pengulangan. Toh ini bukti tanpa eksperimentasi sekalipun Hata masih punya sangat banyak amunisi karya yang fresh. Lagu-lagu yang ditulis dan dimasukkan Hata dalam album ini semuanya layak dengar tanpa ada kesan asal jadi atau penuh-penuhin kuota album. Melodi-melodinya yang dirangkai cantik, aransemen yang apik, dan terutama tidak menenggelamkan karakter dan kekuatan vokal Hata sendiri. Bahkan yang weakest link pun (menurut gw si "FaFaFa" itu) juga masih masuk dalam zona enak-dengar *apalah*. Memang kesannya sedang tidak mau mengambil risiko dalam arah bermusiknya meskipun udah masuk album keempat, tetapi bisa dibilang Hata sukses memaksimalkan apa yang sudah dipunya, dan itu tetap bagus kok. Tidak membosankan dan nyaman untuk dinikmati di mana pun, setidaknya menurut gw. Selamat datang kembali, mas Hata.



My score: 8/10

Hata Motohiro

Previews




"Minazuki" (short ver.)



"End Roll"



"Dear Mr. Tomorrow"



"Hatsukoi" (short ver.)



"Goodbye Isaac"



"Girl"



"Tsuzuru"

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar