Senin, 26 Januari 2009

[Album] Hata Motohiro - ALRIGHT


秦 基博 (Hata Motohiro) - 「ALRIGHT」 (2008 - Augusta Records/BMG Japan)
Tracklist:

1. 「夕暮れのたもと」
Yuugure no Tamo to
2. 「キミ、メグル、ボク」
Kimi, Meguru, Boku (Itazura na Kiss OP)
3. 「バイバイじゃあね」
Bye Bye Ja ne
4. 「ファソラシドレミ」
Fa So La Ti Do Re Mi
5. 「Honey Trap」

6. 「花咲きポプラ」Hanazaki Popular
7. 「虹が消えた日」
Niji ga Kieta Hi
8. 「最悪の日々」
Saiaku no Hibi
9. 「夜が明ける」
Yoru ga Akeru
10. 「休日」
Kyuujitsu
11. 「フォーエバーソング」
Forever Song
12. 「新しい歌」
Atarashii Uta
Bonus tracks (first press limited edition):
13. 「僕の今いる夜は with 槇原敬之」
Boku no Ima Iru Yoru wa with Noriyuki Makihara
14. 「空中ブランコ with 一青窈」
Kuchuu Buranco with Yo Hitoto
15. 「夏はこれからだ!with 福耳」
Natsu wa Korekara da! with FUKUMIMI

Full album kedua dari Hata Motohiro, sama sekali tidak mengecewakan. Dengan mini album "Bokura wo Tsunagu Mono" (2006) dan album "contrast" (2007) yang sangat manis di telinga sebagai track-recordnya, "ALRIGHT" tidak lari jauh dari lagu2 Hata Motohiro selama ini. Tentunya masih dengan senjata andalan: suara mantabh dari sang penyanyi.

Sedikit perkenalan bagi yg belum tau: Hata Motohiro (lahir 1980) adalah seorang penyanyi dan pencipta lagu (istilah kerennya: singer/songwriter) asal Yokohama, Jepang yang baru debut secara profesional tahun 2006. Cowok yg selalu tampil dengan gitar akustik ini langsung menarik perhatian banyak orang karena lagu2nya, dan terutama karena suaranya yg bagus banget, sampe2 suaranya dijuluki made of steel and glass (okeh, ini sich lebai ya. Cuman menurut gw emang Hata adalah salah satu penyanyi terbaik Jepang sepanjang sepengetahuan gw).

Kembali ke album "ALRIGHT", ada sedikit upgrade dalam album ini, yaitu lagu "Saiaku no Hibi" yg nge-rock (bukan agak nge-rock, tapi nge-rock). Mungkin ini sekedar nostalgia masa remaja Hata yg pernah nyanyi lagu2 punk di band sekolahan, but not bad. Selain itu di album ini lebih banyak lagu2 berirama medium dan cepat, beda dengan album contrast yg banyak lagu slow beraransemen minimalis. Lagu medium-fast beat yg gw suka antara lain "Kimi, Meguru Boku", "Fa So La Ti Do Re Mi", "Hanazaki Popular", "Yoru ga Akeru", dan "Forever Song". Lagu2 ballad ala Hata juga masih bisa nancep di kuping gw semisal "Yuugure no Tamo to", "Niji ga Kieta Hi", dan "Kyujitsu".

Tapi, lagu paling juara dari album ini adalah "Atarashii Uta", sebuah lagu dengan melodi dan lirik yg bagus, aransemen menggugah, dan terlebih lagi bisa mendemonstrasikan range vocal Hata.
This song is one of his best works ever.

Bisa dibilang musik Hata Motohiro masih stabil di album ini, masih sangat enak untuk dinikmati. Entah kenapa dia gak terlalu laku di Jepang sana...




my score: 8/10

http://www.office-augusta.com/hata/

previews (courtesy of YouTube)

「キミ、メグル、ボク」Kimi, Meguru, Boku


「虹が消えた日」
Niji ga Kieta Hi


「フォーエバーソング」Forever Song

3 komentar:

  1. "kenapa hata gak laku??"

    come on reino, jepang punya katchun *KATTUN maksud gue*
    dan tentara Jhonny's laen yang senjatanya-managemennya se-hanggar pesawat
    kalo terget utama (normalnya) penyanyi cowok adalah pembeli cewek, maka cewek2 jepang akan memilih akanishi jin yang jagi flirting dibanding hata yang suaranya okeh.
    gue juga gak ngerti kenapa....
    itulah jepang. dahsyat, tapi ironis.

    BalasHapus
  2. @ bhi&chi
    yah begitulah Jepang, ketika Fukuyama Masaharu jadi idola semua orang, tapi Makihara Noriyuki atau Yamazaki Masayoshi juga udah lebih dari satu dekade berkarya dibilang "laku keras" juga enggak, padahal suaranya cukup bagus dan yang penting lagunya bagus2, hanya karena agak kurang di tampang ...

    mungkin Hata akan jadinya seperti itu, *kejamnya dunia* ^o^...

    ternyata untuk soal ini orang Indonesia seleranya lebih rasional (Glenn Fredly sama Delon lebih laku siapa hayo? ^_^)

    BalasHapus
  3. Ih ih kan Hata lumay luuucuu ahaha :D Dan saya memang setuju, lagu 'Atarashii Uta' itu salah satu papolitku! Dan, yeah mirip lagi, Yuugure no Tamoto is my best song out of this album. I lap 'Contrast'! Gue bilang sih kak, lagu-lagunya di sini somewhat jazzy :D

    dan, @Bhi&Cimoet : Emang tuh, Johnny's cakep-cakep artisnya, tapi suaranya eleuh-eleuh... (pake majas ironi).

    BalasHapus