Jumat, 05 Agustus 2011

[Album] Superfly - Mind Travel


Superfly – Mind Travel
(2011 – Warner Music Japan)

Tracklist:
1. Rollin' Days
2. Beep!!
3. Fly To The Moon
4. タマシイレボリューション Tamashii Revolution (Extended ver.)
5. Eyes On Me
6. Deep-sea Fish Orchestra
7. Secret Garden
8. Sunshine Sunshine
9. Morris
10. Wildflower
11. Free Planet
12. 悪夢とロックンロール Akumu to Rock 'n' Roll
13. Only You
14. Ah


Band yg terdiri dari vokalis Shiho Ochi saja ini memang salah satu artis J-Pop yang menjanjikan di tengah-tengah merajalelanya girlband dan boyband idols (baik Jepang maupun yg "impor" dari Korea). Musiknya yang membawa warna nostalgia namun tetap kekinian memang sudah menarik minat gw sejak album perdananya yang self-titled (dan masuk di 10 besar top album dekade 2000-an versi gw). Meskipun album keduanya, Box Emotions tidak terlalu memuaskan gw, namun selalu ada tempat bagi Superfly di hati gw *cieee*. Sempat tidak berekspektasi apa2, akan tetapi ketika selesai mendengarkan Mind Travel, album ke-3 Superfly yang seperti 2 album sebelumnya kembali sempat nangkring di puncak ranking Oricon ini (that's a hattrick =)), gw kembali bersemangat dan percaya bahwa Superfly bakal eksis di blantika J-Pop for quite a while.

Superfly belum berubah haluan di album ini, temanya masih pop-rock nuansa musik 60-an dan 70-an, entah itu terpengaruh rock n roll maupun soul. Akan tetapi nampaknya Superfly agak memetik hikmah dari Box Emotions yang terlalu tensi (lagu kenceng dirombongin gitu) dan monoton itu, dan sedikit sadar bahwa keberhasilan album debut Superfly adalah dari keragaman musik yang ditawarkan, bukan dari ngotot2an distorsi. Dalam Mind Travel memang masih ditemukan yang rock n roll lumayan kenceng ("Rollin' Days", "Beep!!", "Tamashii Revolution", "Free Planet", "Akumu to Rock 'n' Roll" *obviously*) yang untungnya dengan irama yang lebih beragam sehingga tidak terlalu membosankan. Namun yang lebih utama adalah keragaman musik yang kembali ditawarkan Superfly di album ini, dengan asik pula dibawakannya. Ada disko 70-an ("Fly To The Moon"), slow ballad ("Eyes On Me"), stadium rock ("Deep-sea Fish Orchestra" yang mantap dengan string section powerful), pop ceria ("Sunshine Sunshine"), pop akustik ("Morris", cuma pake gitar dan akordion), ballad yang agak kencengan ("Wildflower"), gospel ("Ah"), bahkan sampai ke musik R&B ala Motown yang nggak ada rock2nya sama sekali ("Secret Garden" lebih ke R&B, "Only You" ke traditional R&B *ketahuan sok taunya deh gw =P*).

Gw juga cukup lega bahwa pengurutan lagunya terbilang aman2 saja dan gak terlalu mengganggu. Tadinya sempat ragu dengan 4 track pertama yang kenceng semua , agak monoton sih memang namun setidaknya bisa lolos dari jebakan "mboseni". Dibuka dengan "Rollin' Days" yang bernuansa rock n roll ceria dan asik sebagai semacam pemanasan—hampir mirip single "Manifesto" mereka di album pertama, Superfly membawa gw pada "perjalanan pikiran" lewat lompatan2 "genre" dalam track demi track *eaa lebay*, hingga merasakan kelegaan di track penutup "Ah" yang liriknya cuma "aaaaah" *serius*. Segi aransemen pun tidak mengecewakan dan tidak meninggalkan karakter Superfly yang sudah2, namun sekaligus memperkuat daya suara Shiho Ochi yang sudah bagus, jadi tambah enak disimak (bagus di sini bukan standar Jepang, tapi emang bagus beneran, remember she's one of my version's best Japanese vocalists =)). Ketika powernya digeber di "Tamashii Revolution", eeh, dia kembali mengempuk di "Secret Garden" dan "Morris". Ketika "liar" lagi di "Free Planet" dan "Akumu to Rock'n'Roll", eeh, melembut lagi di "Only You", dan ditutup pamer semesta vokal dengan semestinya di "Ah". Pokoknya pas tanpa paksaan.

Track terfavorit harus gw tahbiskan pada "Secret Garden" dan "Sunshine Sunshine". Gw termasuk agak jenuh bila Superfly terus menerus keluar dengan distorsi rock saja, sehingga dua track manis ini menjadi angin segar, karena memunculkan sisi lain dari Superfly dan Shiho Ochi, secara musik maupun vokal. "Only You" juga gw favoritkan setelah dua track tadi, disusul "Morris" yang menyentuh, dan "Deep-sea Fish Orchestra" yang megah, tak ketinggalan "Wildflower" dan "Rollin' Days". Jadi album ini jelas lebih baik dari album kedua, namun kayaknya masih belum bisa menyamai album pertama Superfly, mungkin faktor freshness juga berperan *halah*. Tetapi yang pasti gw cukup puas dengan third effort ini, terutama dengan variasi warna musik yang ditawarkan dan sajiannya yang cukup enjoyable. Tidak mengecewakan. Gw gak bilang bagus banget loh ya =).



My score: 7,5/10


Superfly

Previews
courtesy of YouTube



Tamashii Revolution (single version)
Versi yg di album ada tambahan di intro.


Eyes On Me


Wildflower


Free Planet


Rollin' Days


Beep!!


Sunshine Sunshine


Morris


Ah


Secret Garden


Only You

Tidak ada komentar:

Posting Komentar