My 10 BEST JAPANESE VOCALISTS ~edited~

Jepang mungkin memiliki industri musik yang termasuk terbesar di dunia, tapi anehnya negara ini tidak terkenal menghasilkan penyanyi yang bagus. Kita mungkin sering dengar penyanyi-penyanyi hebat berasal dari AS, Italia, Filipina dan tentu saja Indonesia (Hidup Indonesia ^o^), tapi tidak pernah dari Jepang. Kontes “Asia Bagus!” yang notabene dibuat oleh Fuji TV Jepang juga tidak pernah memenangkan penyanyi asal Jepang. Lucunya lagi, artis-artis rekaman yang penjualannya sangat tinggi di Jepang semacam Ayumi Hamasaki, Utada Hikaru, Namie Amuro, atau hampir semua artis Johnny’s Agency justru memiliki kualitas vokal yang…uhm…nggak layak uji (no offence to the fans, just being realistic here -_- v). Suksesnya mereka mungkin lebih karena faktor “polesan” dan promosi yang baik…but that’s another story.

Sayang banget kalau dunia J-Pop secara vokal diwakili oleh nama-nama yang gw sebut di atas. Sebenarnya nggak sedikit juga penyanyi asal Jepang yang punya kualitas vokal yang bagus…atau setidaknya nggak malu-maluin deh. Sekarang gw berhasil menyenarai (bahasa Indonesianya to make a list hohoho) 10 vokalis Jepang yang gw tau memiliki kualitas vokal yang dapat dipertanggungjawabkan dan patut dibanggakan. Gw menilai dari segi vokal yang terdengar “nyaman” alias nggak maksa, karakter suara yang distinctive, dan konsistensi antara suara rekaman dengan live.

Ingat: penilaian gw sangat personal dan tidak bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah apalagi secara Undang-undang. Tapi setau gw, kuping gw nggak beda jauh kok sama kuping orang-orang kebanyakan (cth: menurut gw vokalis paling top di Indonesia saat ini adalah Ruth Sahanaya atau Mike Mohede, bukan Gita Gutawa apalagi Ariel ‘Peterpan’ ^o^). So, here goes the list in reversed order:


平井堅 
10. Ken Hirai
Ken punya karakter suara yang sangat kuat. Meskipun teknik vokalnya nggak sempurna (napasnya masih agak2 gimanaaa gitu), Ken yang mendasarkan gaya vokalnya pada R&B dan soul ini tetap sanggup membius orang dengan warna suaranya yang khas dan range yang luas. Ditambah dengan konsistensi vokal saat live, jadilah Ken Hirai bertahan sebagai salah satu vokalis pria terbaik yang ada di Jepang meski karirnya sudah melewati sepuluh tahun.
(representative songs: Love Love Love, Sentimental, Canvas)


Ken Hirai - Love Love Love




EXILE ATSUSHI
9. Atsushi (EXILE)
EXILE adalah boyband R&B/Dance beranggotakan 7 (dulu 6) orang dengan 2 vokalis…sisanya cuman nari2…Aneh, memang, tapi setidaknya mereka jujur pada “talenta” masing2: yang bisa nyanyi ya nyanyi aja, yang bisa dance ya dance aja, gak usak maksa ^m^. Dan memang Atsushi sebagai salah satu dari vokalis EXILE, dibalik penampilannya yang terlalu meng-artis, ternyata punya kualitas suara yang kuat dan bisa dipertanggungjawabkan. Di rekaman enak, waktu live juga tidak loyo. Suaranya emang cocok buat lagu2 R&B.
(representative songs: Tada Aitakute…, Lovers Again, Michi)

ATSUSHI - Lovers Again





吉田美和
from DREAMS COME TRUE
8. Miwa Yoshida (DREAMS COME TRUE)
Di tengah-tengah booming cewek penyanyi idola berwajah manis di awal 1990-an, DCT muncul dimotori oleh vokalis yang seperti itu, namun punya sesuatu yang tidak dimiliki penyanyi yang lain: kemampuan bernyanyi yang sebenarnya. Sudah bukan rahasia industri musik di mana-mana, termasuk di Jepang, punya konvensi yang cukup jahanam: asalkan bisa dijual, kemampuan bernyanyi itu di nomor sekian. Miwa Yoshida, vokalis DCT seakan mengacak-acak konvensi tersebut dengan suaranya yang bagus, dalam, kuat, dan bisa dipertanggungjawabkan saat tampil live.
(representative songs: Love Love Love, Mirai Yosouzu II, Kimi ni Shika Kikoenai)

DREAMS COME TRUE - Love Love Love





桜井和寿
from Mr. Children
7. Kazutoshi Sakurai (Mr. Children; Bank Band)
Sakurai adalah contoh vokalis yang suaranya bisa terdengar bagus meski cara nyanyinya salah: pake suara leher. Kalau gw perhatikan banyak sekali penyanyi Jepang yang pake teknik vokal seperti ini, tapi yg terdengar “berwibawa” cuma vokalnya Sakurai. Range vokalnya luas dari tinggi ke rendah, suaranya khas dan tidak terdengar malas, selalu menyanyi dengan segenap kekuatan yang ada . Very charismatic.
(representative songs: Tomorrow never knows, Shirushi, HANABI, Uta Utai no Ballad (Bank Band))


Mr.Children - Tomorrow never knows





桑田佳祐
from サザンオールスターズ
6. Keisuke Kuwata (Southern All Stars)
Selain SAS termasuk band papan atas Jepang yang bertahan sangat lama (30 tahun!), bapak kita ini bisa dibilang singing like talking. Gak ada beban, gak ada teknik berlebihan, Keisuke Kuwata bernyanyi mengalir lancar jaya begitu aja…ya kayak ngomong aja. Ditambah suara yang khas (suara bapak2 ^_^ tapi lincah lho), range yang luas, dan penghayatan oke, jadilah pak Kuwata (dari tadi panggilannya berubah mulu) penyanyi yang patut dihormati dengan alasan yang kuat, not just “respect for the elderly ones” ^_^ v.
(representative songs: TSUNAMI (Southern All Stars), Namida no Kiss (Southern All Stars), Ashita Hareru kana)

Southern All Stars - TSUNAMI





絢香
5. ayaka
ayaka adalah salah satu dari sedikit penyanyi Jepang, terutama yang perempuan, yang bisa menunjukkan konsistensi vokal saat live. Amat sangat jarang sekali ada nada yang meleset. Warna suaranya mungkin biasa2 aja, dan lagu-lagu yang dinyanyikan belum bisa menunjukkan kemampuan seutuhnya, cuman ayaka kuat di teknik vokal yang “benar” dan tidak monoton. She’s good.
(representative songs: I Believe, Mikazuki, Winding Road (ayaka x Kobukuro), Clap & Love)


ayaka - Mikazuki




山田将司
from THE BACK HORN
4. Yamada Masashi (THE BACK HORN)
Siapa bilang pendidikan vokal tidak akan berguna bagi yang pengen jadi vokalis rock? Yamada Masashi sejak awal sudah membuktikan bahwa dengan napas dan produksi suara yang benar (termasuk membuka mulut lebar2 ^O^) memampukannya untuk mencapai setiap nada, skali lagi, SETIAP nada. Spirit dan power Yamada gak pernah turun saat nyanyi, alhasil saat konser pun suaranya unbelievably konsisten. One of the best rock vocalist I’ve ever known. *two thumbs up*.
(representative songs: Cobalt Blue, Yume no Hana, Utsukushii Namae, Wana)

THE BACK HORN - Wana





越智志穂/Superfly
3. Shiho Ochi (Superfly)
Power dan power, itulah Shiho. Dengan kekuatan vokalnya itu, Shiho sanggup menyanyikan nada-nada puncak gunung dengan sukses namun tetap memiliki jiwa. Untuk seorang penyanyi rock’n’roll, warna vokal Shiho terbilang bening dan polos, nggak kasar kayak sebagian besar penyanyi wanita yang pengen nge-rock. Untung aja Shiho punya teknik yang mantap. Untungnya lagi, ketika lebih lembut sedikit, suara Shiho juga masih terdengar enak dan empuk (ibarat bakpao yats hihihi).
(representative songs: Ai wo Komete Hanataba wo, Hi-Five, Last Love Song)

Superfly - Ai wo Komete Hanataba wo





秦 基博
2. Hata Motohiro
Penyanyi baru ini langsung menarik perhatian karena warna vokalnya yang bisa membuat siapapun yang mendengar terdiam. Suaranya agak serak, sangat “nusuk” ketika menyanyikan nada2 rendah, sekaligus gak beban menaklukan nada2 tinggi dari lagu2 yg dibuatnya sendiri, seakan suaranya lepas dari lubuk hati paling dalam tanpa ada yang ditahan-tahan. Label rekamannya mengibaratkan suaranya dengan “steel & glass”, sedangkan beberapa penggemar, terutama perempuan berpendapat suaranya “seksi”. Apapun itu, cowok yang senantiasa bergitar akustik saat perform ini sangat berpotensi menjadi vokalis kebanggaan Jepang. And he makes great songs, too. ^-^.
(representative songs: Uroko, Fuukei, Niji ga Kieta Hi)

Hata Motohiro - Fuukei





黒田俊介
from コブクロ
1. Shunsuke Kuroda (KOBUKURO)
Ini dia juara vokal versi gw. Tanpa bermaksud mendiskreditkan pasangannya di Kobukuro, menurut gw Kuroda memang punya kemampuan vokal yang istimewa. Mantap dan berkarakter kuat. Suaranya cenderung berat, tapi nada tingginya pun..er..mantap (keabisan kata2 -_-;). Kerenlah pokoknya oom yang satu ini. Oh ya, suara waktu live sama rekaman juga hampir gak ada bedanya, which is great, right? A tall guy with a big voice *all thumbs up*.
(representative songs: Towa ni Tomo ni, Koko ni Shika Sakanai Hana, Winding Road (ayaka x Kobukuro), Tsubomi)


Kobukuro - Towa ni Tomo ni




foto-foto dari berbagai sumber -_- v

PS-> Fakta menarik yg tidak disengaja (serius, pas bikin gw gak meratiin):
- dari 10 yg perempuan cuma 3
- 3 dari top 5 bernaung di Warner Music Group Japan (Kobukuro, Superfly, ayaka), mungkin produser di label ini kupingnya paling bener kali ya ^^
- dari 10 cuma 3 yg artis solo murni, 4 kalo karir solo Keisuke Kuwata ikut diitung. Gw rada bingung mengkategorikan Superfly secara sekarang jadi band beranggotakan 1 orang (?).


BONUS: Japan's best vocalists combo =)

Superfly x Hata Motohiro - Kaede


ayaka x Kobukuro - Winding Road




Komentar

  1. wah selera kita hampir sama nih. top 10 versi-ku kira-kira cuman ilangin si Atsushi & Ken, terus tambahkan Oda Kazumasa & Makihara Noriyuki.

    BalasHapus
  2. thanx for the input

    masih banyak sebenernya yang "terbilang" bagus.
    mungkin kapan2 gw bikin daftar yang lebih panjang lagi ^.^ v

    BalasHapus
  3. ???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

    BalasHapus
  4. wah keren banget nih chart.. pas sama selera saya...^^
    favorit saya di atas cuma yamada masashi, kuwata keisuke & kazutoshi sakurai...
    tapi menurut saya masih ada yang kurang, kang...
    koushi inaba-nya B'z...^^v

    BalasHapus
  5. Wah, GACKT, HYDE dan 中島美嘉 (Mika Nakashima--meskipun kadang-kadang suka "ilang" nafas kalo live^^) ga masuk ya?

    BalasHapus
  6. @Ruly, *maap telat banget responnya m(_"_)m* Koushi Inaba juga berkarakter cuman masih agak kurang enak bagi gw, hehe

    @Frysta, saya memang gak terlalu suka sama cara nyanyi seperti Gackt dan Hyde dan bahkan Mika Nakashima, kesannya kurang "tulus" *apacobamaksudnya* =)

    BalasHapus
  7. tapi kalo utada hikaru kok banyak yg bilang suaranya bagus ya?

    BalasHapus
  8. @christ_14409: Utada itu suaranya, menurut saya, berkarakter dan menjiwai sekali...tapi kalo secara teknik dan performa kalo live...errr.... ^_^;

    BalasHapus
  9. wah sayang ya, dua vokalis GALNERYUS ga ada yang masuk?? yg terdahulu, Masahiro "YAMA-B" Yamaguchi, karakter suaranya kuat n almighty, buat pribadi aku pikir dia vokalis symphonic metal terbaik dunia, yg sekarang si Masatoshi "SHO" Ono, mantan penyanyi pop yg sempat tenar lewat lagu "You're The Only", karakter suaranya lebih soft wat metal2an tapi ajib banget.

    BalasHapus
  10. @Yuu: whoa, suka rock ^_^. Kebetulan saya kurang kenal sama yang anda sebutkan jadi tidak bisa dinilai, hehe *maaf*...kecuali Masatoshi Ono yg "You're the only" krn saya suka banget lagu itu.

    Terima kasih sudah mampir dan sharing ya =)

    BalasHapus
  11. iya bung, kalo bisa dibilang hampir semua lagu Galneryus easy listening kok, mungkin gr2 mereka band metal jadi ga setenar musisi2 pop, padahal di jajaran band metal dunia mereka dah termasuk dihormati, terutama si vokalis YAMA-B n gitaris SYU (gitaris Animetal juga). cobain ni bung, video live jaman masih bareng YAMA-B di vokal n Yu~To (LEDA Deluhi) di bass. http://www.youtube.com/watch?v=xehUW1fgLYY

    BalasHapus
  12. Nggak ada Ryuichi Kawamura ya? Makin ke sini suaranya makin bulat tuh, nggak se-emo waktu pertama muncul bareng Luna Sea. Penampilan live-nya juga prima banget. Penjiwaan sih nggak usah ditanya =).

    BalasHapus
  13. @rafael: o kalo itu mungkin karena saya gak begitu kenal Luna Sea. Kalo diperhatiin juga kan dari daftar kebanyakan yang baru muncul setelah tahun 2000, ya karena saya baru mendalami J-Pop yang era2 segitu =)

    BalasHapus

Posting Komentar