Jumat, 20 November 2009

[Album] Superfly - Box Emotions




Superfly - Box Emotions
(2009 - Warner Music Japan)


Tracklist:
01 Alright!!
02 How Do I Survive?

03 Searching
04 My Best Of My Life

05 恋する瞳は美しい
Koisuru Hitomi wa Utsukushii
06 やさしい気持ちで Yasashii Kimochi de
07 Bad Girl
08 アイデンティティの行方 Identity no Yukue
09 誕生 Tanjou
10 See You

11 春のまぼろし
Haru no Maboroshi
12 Hanky Panky

13 愛に抱かれて Ai ni Dakarete


Superfly adalah nama proyek musik asal Jepang bernuansa pop, rock n roll, soul tahun 60-70an. Tadinya anggotanya ada 2, tapi sejak single ke-3 mereka pada tahun 2007 hingga sekarang "anggota tetap"-nya cuman sang vokalis manis, Shiho Ochi. Yg satunya lagi, gitaris Koichi Tabo hanya di belakang layar bersama musisi pendukung lainnya.


Tahun 2008 ketika gw masih sangat "aktif di dunia per-J-Pop-an" sebagai seorang pendengar, bagi gw Superfly adalah artis/penyanyi/band/apapun
yg sangat menjanjikan. Lagu bagus, musik asik, dan vokal yg bisa lembut enak dan kuat lancar secara bersamaan, yg gak gw sangka bisa ditemukan dalam diri seseorang yg berkewarganegaraan Jepang. Album debut self-titled nya pun gw kasih full 5 bintang (jaman friendster gw masih pake bintang) karena sangat, sangat enjoyable. Untungnya konsumen Jepang pun kira2 sependapat sehingga album Superfly itu sempet 2 minggu nangkring di puncak ranking album Oricon maupun Billboard Japan. Kecenderungannya adalah, kalo karya terdahulunya sukses dan disukai, maka karya selanjutnya, bagaimanapun kualitasnya, pasti akan sukses juga. Memang benar, album Box Emotions pun bisa dapet no. 1 di ranking mingguan, tapi sepertinya belum bisa menyamai album pertamanya yg nyaris sempurna itu.


Formulanya hampir mirip dengan album pertamanya. Ada 13
track yg berusaha menjadi mesin waktu ke era flower generation, hentakan drum dan distorsi gitar rock pun digelar tanpa malu-malu sebagai pendukung tembakan suara Shiho dalam lagu2 yg umumnya berirama cepat. It's not bad actually. Tapi setelah mendengar album ini beberapa kali sampe abis, gw ngerasa Superfly dalam Box Emotions terlalu emosi. Setiap lagunya masih terbilang enak2, tapi itu kalau didengar satu per satu secara lepas, bukan berkelanjutan. Baik instrumen maupun vokalnya terlalu digeber dengan tensi tinggi, beat-beatnya hampir seragam. Ini mungkin akan terasa exciting dalam konser, tapi dalam sebuah album rekaman, rasanya jadi repetitif. Jika dibandingkan dengan album pertama yg lagu2nya lebih berkarakter, lagu2 di Box Emotions sulit dikenali yg satu dari yg lain. Jadi mungkin permasalahan terletak di urutan lagu...mungkin. Gw hanya bisa menikmati bener 5 lagu pertama dan 3 lagu terakhir, karena susunannya enak.

Sekali lagi, lagu2 dalam Box Emotions sebenernya enak2.
Yg gw suka terutama single "My Best of My Life" yg nuansanya mirip "Ai wo Komete Hanataba wo" di album pertama, lalu "How Do I Survive?" yg hentakannya asik, "Koisuru Hitomi wa Utsukushii" yg bisa buat disko, "Haru no Maboroshi" yg tempo nya agak tenang, "Hanky Panky" yg exciting, dan lagu slow ballad "Ai ni Dakarete" dimana range vokal Shiho dipamerkan dengan anggunnya. Sisanya adalah lagu2 yg seperti gw gambarkan sebelumnya, bagus2 tapi agak ngotot.

Jadi kesimpulannya, Superfly sebagai artis masih menjanjikan, tapi sayang Box Emotions kurang berhasil membuat gw terhibur tuntas.



my score
7/10



Superfly


Previews

How Do I Survive?



My Best of My Life (live in Fuji TV's "our music 6")..love it



Alright!!


Koisuru Hitomi wa Utsukushii


Yasashii Kimochi de





1 komentar:

  1. Kenapa ga di buat link buat donlot lagunya ?!!!
    Suka sekali dgn lagu Ai Ni dakarete

    BalasHapus