Sabtu, 11 Juni 2011

[Album] Agnes Monica - agnes is my name


Agnes Monica - agnes is my name
(2011 - Aquarius Musikindo)

Tracklist:
1. Paralyzed
2. Godai Aku Lagi
3. Tak Ada Logika
4. Karena Ku Sanggup
5. Teruskanlah
6. Janji-Janji
7. Bukan Milikmu Lagi
8. Matahariku
9. Tanpa Kekasihku
10. Jera
11. Bilang Saja
12. Cinta Diujung Jalan


Agnes Monica memang salah satu vokalis wanita paling menonjol di negeri kita dalam sepuluh tahun terakhir. Oke, dia memang sudah terkenal sebagai penyanyi cilik, presenter acara anak2, pemain sinetron dan bintang pelbagai iklan, tetapi nama perempuan seumuran gw ini *ngaku2* *tapi bener* memang lebih terasosiasi sebagai seorang penyanyi. Selain karena gaya performing-nya yg beda dari artis pop wanita Indonesia kebanyakan—lebih berpakem pada singing-and-dancing pop star dunia macam Britney Spears, Christina Aguilera, dan belakangan artis2 pop Korea, lagu2nya pun terbilang sangat populer di berbagai kalangan. Popularitasnya, yang ditandai dengan banyaknya penggemar fanatik dan kemenangan dia dalam ajang2 penghargaan yg dinilai dari vote umum (ya karena penggemar fanatiknya itu), diimbangi pula dengan lirikan sinis sebagian orang yang menganggapnya terlalu ambisius dan menang sesumbar untuk *God, I hate this phrase* go-international, tapi sepertinya belum tercapai juga =D. Well, jujur gw bukan penggemar Agnes, tapi gw juga bukan pembenci. Meskipun gw hanya menyukai sebagian karya2nya, menurut gw dia adalah contoh artis yang sangat berdedikasi (menurut saksi mata dia tidak pernah telat atau mangkir berlatih), and (meski tidak persis seperti yg diharapkan) she did have international projects already, so shut up =P. Ya, Agnes memang perlu diteladani dalam hal benar2 memberikan segalanya demi memberi performa terbaik yg dia bisa, vokal maupun gerak, terlepas dari fakta bahwa dia memang sudah menggeluti dunia ini hampir seumur hidupnya.

Sudah ada 3 album dan berbagai hits sejak debutnya sebagai artis-pop-bukan-cilik-lagi pada tahun 2003 lalu (she was 17), Agnes Monica pada tahun 2011 meluncurkan album "best" nya bertajuk agnes is my name (respon semerta gw setelah baca judulnya: "yea, we know" ^_^;. Well, at least ini masih lebih normal daripada judul Whaddup A? dan Sacredly Agnezious yg walau catchy tapi entah apa artinya). Sebagaimana diharapkan album ini menyajikan lagu2 yg dirilis Agnes sebagai hits radio/TV, ada 11 lagu, ditambah satu lagu baru "Paralyzed" yg jadi lagu promo untuk album ini. Menurut pandangan gw selama ini, apapun yang dirilis Agnes pasti jadi hit, atau setidaknya sempat jadi pembicaraan dan persenandungan orang2. Tentu akan menyenangkan kalau semua hits tersebut terangkum dalam sebuah album. Sayangnya, lagi2 album agnes is my name menjadi bukti penguat bahwa artis/perusahaan rekaman Indonesia sangat PELIT dalam membuat album kompilasi best hits (contoh lain: Rezza, Ari Lasso, Project Pop, KLa Project among others). 12 lagu tampaknya banyak, tapi hit Agnes seharusnya lebih dari itu, bukan? Oke, gw coba maklumi jika album ini mengeliminasi lagu2 kolaborasi Agnes dengan artis2 lain ("Cinta Mati", "Hanya Cinta Yang Bisa") mungkin demi fokus pada Agnes seorang, atau yang berbahasa non-Indonesia ("Shake It Up", dan, err...lain2) supaya ya lebih menjual aja. Tapi kemana lagu "Indah" atau "Ku T'lah Jatuh Cinta" dan lagu2 lainnya yg juga dirilis di radio dan video musik? Apa sih susahnya sih masukin 2-3 track lagi biar jadi lebih lengkap albumnya? Huh.

Baiklah kita berfokus sama produk jadinya aja deh. 11 lagu keluaran 2003-2010 milik Agnes yang ada dalam agnes is my name pasti sudah tak asing lagi bagi anda yang mengaku warga negara dan penduduk NKRI, dan pasti ada perasaan senang ketika mendapatkan lagu2 hits yang kita akrabi dibundel dalam satu album. Meski memang tidak lengkap, daftar lagu yang termasuk dalam album ini cukup memuaskan, dari single perdana "Bilang Saja" sampe yang terakhir "Karena Ku Sanggup" yang melankolis, dan tentu saja ada signature Agnes, "Tak Ada Logika" *lompat2kijang*, selain juga disumpal hit2 yg terkenal tapi mnurut gw sejak dulu agak maksa semacam "Bukan Milikmu Lagi" dan "Godai Aku Lagi". Gw pernah mendengar semua album Agnes sebelumnya meski nggak mendalami2 amat, tapi di album ini gw baru sadar bahwa lagu2 Agnes ternyata hanya ada 2 jenis: 1) up-beat menjorok ke R&B; dan 2) slow galau mendayau-dayau. Gw pikir, iya ya, Agnes kalo nggak jedang jedung, ya ballad slow banget bernada minor, nggak ada yg medium atau santai. Lucunya, gw menyadari itu karena pengurutan lagu2 album ini yang agak mengganjal kalau nggak mau dibilang, ehem, tak ada logika. Diurut acak tanpa melihat dari segi waktu rilis ataupun jenis musiknya itu bukan masalah (untungnya antara yg paling baru (track 1) tidak menganggu lagu yg lama2), masalahnya ini jadinya dibikin berturut-turut 3 lagu cepat, 2 lagu lambat, 2 lagu cepat, 3 lagu lambat (termasuk "Matahariku" dan "Tanpa Kekasihku" yang bagian depannya mirip itu), 1 lagu cepat, 1 lagu lambat. Bagi gw yang sering bikin kompilasi bajakan pribadi, ini adalah rumus maut untuk membuat bosan (pernah juga terjadi sama Monkey Majik). Biar lagu2nya udah pada kenal, tapi kan hakikatnya ini sebuah album yang didengar dari awal hingga akhir secara utuh dan satu kesatuan. Kalo slow sama slow dirombong bikin ngantuk, tapi nantinya ternyata ada upeat yang juga dirombong jadi terkesan nggak imbang layaknya adonan kue yang nggak diaduk rata. Ada baiknya kalau diselang-seling, toh jumlahnya sama-sama ini, biar dinamis gitu loh, dan itu trik yg bisa menyamarkan gaya musik Agnes yg cuma 2 macem itu, IMHO nih.

But hey, kalau memang menginginan lagu2 hits Agnes dalam satu keping album ya inilah barangnya. Gw yakin penggemar tidak akan kecewa, dan bagi yang suka tapi belum mau beli album2 Agnes sebelumnya, album ini lumayan tepat dan oke untuk dimiliki—atau setidaknya itulah yg coba diyakinkan mas2 dan mbak2 KFC pada Anda, hehehe. Kecuali komplain pelit dan urutan lagunya yang kurang menyenangkan, album ini masih terbilang baik lah. Toh tanpa dipungkiri lagu2nya memang nge-hits—favorit pribadi gw adalah "Bilang Saja" yg rada blues dan "Tanpa Kekasihku" yang emo itu, pun lagu barunya "Paralyzed" mungkin adalah karya terbaik Agnes baik dari segi lagu maupun aransemen, citarasa-nya pop-R&B USA gimana gitu, nice and asyik. Keseluruhan, not bad =].



My score: 6,5/10


Agnes Monica

Previews courtesy of YouTube

Paralyzed


Karena Ku Sanggup


Tak Ada Logika


Tanpa Kekasihku


Bilang Saja

2 komentar:

  1. Rafael Yanuar11 Juni 2011 10.30

    Waktu KLa merilis album The Best of KLa, jaraknya berdekatan dengan album DEKADE 1988-1998 (yang berisikan 18 lagu) -- dan semasa jarak tersebut, KLa hanya merilis dua album saja, Sintesa dan KLaSIK - jadi mungkin mubazir kalau diisi banyak lagu tapi isinya sama =P

    Dari dulu kurang tertarik dengan lagu-lagu Agnes Monica, baik yang R&B atau yang balada. Masalah selera mungkin, ya? =)

    BalasHapus
  2. @Rafael, yg KLa Project kan memang ada yg isinya sama, yg dekade juga rasanya kurang lengkap meski udah banyak lagunya, apalagi yg best of KLa. Saya masih berharap mudah2an KLa bikin "complete best" yg benar2 komplet *eh jadi OOT nih hehe*

    Soal Agmon, seperti disinggung di review, saya dibilang suka banget juga enggak, lagu2 dan musiknya bagi saya tidaklah se-super kepopulerannya *siapin tameng sebelum dirajam fansnya* =D, tapi mungkin banyak yg berpikir sebaliknya, jadi ya, kembali ke soal selera.

    BalasHapus