[Album] MONKEY MAJIK - MONKEY MAJIK BEST ~10 Years & Forever~



MONKEY MAJIK – MONKEY MAJIK BEST ~10 Years & Forever~
(2010 – binyl records/Avex)

Tracklist:
1. fly
2. Around The World
3. フタリ Futari
4. Change (Monkey Majik + Yoshida Brothers)
5. 空はまるで Sora wa Maru de
6. Together
7. あいたくて Aitakute
8. ただ、ありがとう Tada, Arigatou
9. アイシテル Aishiteru
10. 虹色の魚 Niji-iro no Sakana
11. Open Happiness
12. MONSTER
13. SAKURA
14. FOREVER
15. Fast Forward
16. 大丈夫 Daijoubu
17. tired (remastered)
18. Lily (remix & remastered)
19. Livin’ in the sun (remastered)


Definisi band “blasteran” benar2 nyata dalam MONKEY MAJIK. Band J-Pop ini mengandalkan lokomotif vokal+pemegang gitar yang berwujud 2 bersaudara bule asli Kanada, Maynard dan Blaise Plant, beserta tax pada drum dan DICK pada bass yang—terlepas dari nicknamenya—asli Jepang. Tahun 2010 katanya sih menandakan 10 tahun adanya MONKEY MAJIK meksipun sebenarnya mereka baru dikenal luas melalu rilisan major label mereka tahun 2006 dengan single “fly”. Well, adanya orang2 bule nyanyi bahasa Jepang aja jelas udah menarik perhatian khalayak—dan menarik pecinta J-Pop di luar Jepang karena ada juga akhirnya artis J-Pop yang bisa dengan baik dan benar dan nggenah mengucapkan lirik berbahasa Inggris ^_^ *yaiyalah*, ditambah lagu2nya ternyata hampir semua ramah di kuping siapa saja, sehingga mereka sukses bertahan sampe sekarang setelah 3 album dan belasan single (entah kenapa berbeda dengan Mike Tramp ex White Lion yg gagal jadi terkenal ketika nyanyi lagu Indonesia hehe). Untuk merayakan itu, MONKEY MAJIK (atau perusahaan rekamannya) menelurkan kompilasi lagu2 terkemuka mereka dalam album MONKEY MAJIK BEST ~10 Years & Forever~.

Kisaran musik MONKEY MAJIK memang bisa terwakili lewat album ini. Pada dasarnya musik mereka pop-rock cenderung santai ala Amerika Utara, dengan melodi chorus yang gampang sekali nyantol di ingatan, namun dengan lirik gado-gado Jepang dan Inggris yang padu (mayoritas ditulis bareng oleh Plant bersaudara dan tax, mungkin buat bahasa Jepangnya), sangat enak didengar. Vokalis Maynard dan Blaise nyanyinya bergantian tapi sering juga berharmonisasi. Maynard suaranya sih polos standar orang bule, tapi bahasa Jepangnya jago banget ^_^, sedangkan sang adik Blaise suaranya lebih soulful dan berkarakter—I think girls would go crazy over his voice, malah kadang nge-rap juga. MONKEY MAJIK bukan mengusung musik yang aneh2, namun tidak bisa dibilang standar saja. Yah, seandainya Plant bersaudara berkarya di negeri asalnya, mungkin memang terdengar biasa, namun sentuhan ke-Jepang-an mampu memantapkan keasikan rasa musik mereka sehingga terdengar fresh.

Dalam kasus industri J-Pop, album “best” biasanya tidak asal pasang judul, dalam arti bahwa biasanya sang artis tidak pelit dalam memenuhi durasi album dengan sebanyak mungkin lagu—beda banget sama Indonesia yang pelitnya minta ampun. MONKEY MAJIK BEST ini pun dengan cukup murah hati memasang hampir semua single2 mereka (kurang 3 lagi yang memang nggak terlalu populer), bahkan lagu2 dari zaman masih independen yang di-remaster, ditambah 3 butir lagu baru, semuanya diurutkan dari waktu rilisnya, kecuali yang 3 track terakhir yang dianggap bonus track kali ye. Generally gw suka hampir semua track satu per satu, mulai dari “fly”, breakthrouh single mereka “Around The World”, “Aishiteru”, “SAKURA”, “Open Happiness” (lagu Coca-Cola “Buka Semangat Baru” versi Jepang, tapi versi album ini bagian “jingle iklan”nya di-remove, thank God), sampai lagu mereka yang menurut gw paling keren “Change”, kolaborasi MONKEY MAJIK dengan pemetik alat musik petik tradisional Jepang shamisen, Yoshida Brothers. Senang sekali semua lagu enak itu ada dalam satu album.

Hanya saja, tampaknya mengurutkan lagu2 sesuai dengan tanggal rilis bukanlah keputusan yang bijaksana. Terutama pada track 5 sampe 8 (“Sora wa Maru de”, “Together”, “Aitakute”, “Tada, Arigatou”) yang beat maupun nuansanya mirip-mirip, jadi rada boring karena terkesan monoton. Walaupun track2 setelah itu nggak sampe segitunya sih. Gw juga menyayangkan mereka urung memasukkan 2 single dari trilogi kolaborasi mereka tahun 2007 yang meskipun kurang populer, tapi menurut gw nggak kalah bagus, yaitu “Picture Perfect” bareng m-flo dan “Sotsugyou. Soshite, Mirai e” bareng SEAMO (satu lagi adalah “Change” yang berhasil masuk di album ini).

Kurang lengkap dan kurang sempurna sih, tapi sekali lagi, gw gak bisa memungkiri bahwa gw sangat menikmati lagu2 dari MONKEY MAJIK yang dikumpulkan di album ini (kecuali mungkin “MONSTER” yang agak maksa). Bahkan single independen “tired” dan terutama “Lily”nggak dinyana bagus2 juga. Sedangkan untuk lagu2 barunya, gw paling suka “FOREVER” yang agak anthemic, sedangan “Fast Forward” dan “Daijoubu” tidaklah istimewa. Namun biar begitu, MONKEY MAJIK BEST ini masih patut untuk mengisi koleksi pribadi, baik oleh penggemar J-Pop ataupun yang sekadar penggemar musik asik yang pantang dihalang perbedaan bahasa =).


My score: 7/10
MONKEY MAJIK
 
Preview:
iklan 30 menit berisi cuplikan lagu2 yang ada dalam album MONKEY MAJIK BEST ~10 Years & Forever~ courtesy of avexnetwork channel at YouTube

Komentar

  1. Sayang juga ada 3 lagu bagus yang kusuka nggak masuk album the best ini.
    Yang satu malahan sebuah lagu yang menjadi alasan mereka memilih nama grup yaitu Monkey Magic. Lalu ada 2 lagu dari album spade yg sukses nongkrong di MP3 playerku walau tidak masuk single best mereka yaitu: Sugu chikaku dan 5:30

    BalasHapus
  2. @yusahrizal, hmm.album Best yg ini emang mengutamakan rilisan major, sedangkan album Spade termasuk masih indie *barusan cek wiki @_@*. Kalo monkey magic..mungkin karena cover version kali yah hehehe. peace.

    BalasHapus
  3. Breaking news buat @yusahrizal, ternyata yg lagu2 independen (di bawah Under Horse Records, termasuk 5:30 dan Sugu Chikaku) udah pernah dirilis dalam album Best 2000-2005, mungkin itu sebabnya gak masuk album ini, selain emang beda label.

    BalasHapus
  4. nonny desu,,,
    halo2, gw juga baru kenal lagu2 monkey majik 3 minggu, tapi.... langsung jatuh cinta euy, kagak nahaaaan,,, trutama aishiteru (bikin jatuh cinta beneran ama Blaise><).Makasih ajirenji dah ngulas album the best-nya:)... kapan mereka k sini yah,,,? ada ga fansclub-nya yang resmi di sini? biar bisa ngusahain mereka tour di Indonesia, hehe:p
    Trims^^
    nonny.n.m@gmail.com

    BalasHapus
  5. @nonny, halo, thanx udah mampir. kalo soal fansclub saya kurang tau...

    ada yg mau bantu Ms Nonny? =)

    BalasHapus
  6. wahh...keren nih,,,dpt info ne dri mana ya? kirain gak da tntg monkey majik yg b.indo..hehe

    link download albumnya mana bro..hehe

    thks for share

    BalasHapus
  7. oya ane paling suka lagu fast forward... tu ost anime nurarihyon no mago.... 10 jempol buat tu lagu
    ...
    btw agak ribet ngomen pke capcha...napa gak di ilangin ja bro...biar qta2 cepet ngomennya...

    BalasHapus
  8. @ksatria_web, halo dan welcome =)
    info2 sih dapet dari berbagai sumber, yg bahasa Inggris banyak kok, selain gw emang lumayan "ngikutin" Monkey Majik sudah cukup lama

    soal donlod, hehe, digugel aja pasti nemu kok *pelit =P*, krn blog gw memang hanya sebatas untuk info dan rekomendasi saja.

    Untuk komen, oh itu emang settingnya masih standard *gaptek saiah*, nanti gw remove deh. Thanks ya sarannya, I appreciate it =)

    BalasHapus
  9. thank infonya,daku jadi tau lebih bnyk ttg MM n lagu2nya yg asik2 ^^
    _melan^
    _melan

    BalasHapus
  10. bwt yg ngfans ma Monkey Majik di fb kita pny Page ny bwt nampung aspirasi & bisa sling share sesama fans2ny Monkey Majik di indonesia ;D
    di like aj y Pageny "Fans Club Monkey Majik Indonesia".

    arigatou, ... ajirenji for the great artikel ;D
    n salam "the Monkey's" ..pung aspirasi & bisa sling share sesama fans2ny Monkey Majik di indonesia ;D
    di like aj y Pageny "Fans Club Monkey Majik Indonesia".

    arigatou, ... ajirenji for the great artikel ;D
    n salam "the Monkey's" ..

    BalasHapus
  11. @anonim, sama2 =)

    @donie_majik, terima kasih sharingnya. Hayo teman2 yg lain silahkan cek pagenya ya =). Salam the Monkey juga, hehe *ikut2an*

    BalasHapus
  12. Konbawa!!
    Kamiya desu!! (berhayal)
    makasih atas Bhsannya tentang monkey majik krna q bisa kenal Nurarihyon no mago berkat bhsan ini btw di album ini yg kusuka adlah lagu Fast foward, open happiness juga lgu aishiteru. tapi sayang ga ada lagu sunshine di album best ini huff. dan klo bisa kasi tau dimana download album best ini.

    Arigato gozaimasu !!!

    BalasHapus
  13. @Anonim, halo terima kasih sudah mampir.
    Kalo download saya nggak bisa kasih tau langsung di sini (hehe, prinsip), tapi kalo dicari pakai google pasti ada kok, monkey majik kan lumayan ternama jadi pasti banyak linknya. Selamat menemukan =)

    BalasHapus
  14. konnichiwa...
    Dilla desu.
    Aku kenal monkey majik dari anime Nurarihyon no Mago. Pertamanya sih, gak ngeh sama lagunya soalnya biasanya lagu opening sama endingnya dilewat aja. tapi pas aku coba denger, eh ternyata enak juga. Kirain yang nyanyinya juga orang jepang tapi ternyata bukan.
    Makasih udah ngasih ulasan tentang monkey majik. Aku sekarang lagi nyari2 lagunya nih.Tasukattawa...
    39

    BalasHapus
  15. @Dilla, sama-sama, senang bisa membantu =)

    BalasHapus
  16. follow @MonkeyMajikID untuk fans fans indonesia yg bernama momajiers family indonesia

    BalasHapus
  17. Knpa lagu monkey majik headlight mahou no kotoba tdk masuk dlam Best 10 years and forever?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu karena dua lagu tersebut baru dirilis setelah Best 10 years & forever. Konsep album ini kan merayakan 10 tahun Monkey Majik, jadi berisi karya dari tahun 2000-2010, sedangkan Monkey Majik masih tetap merilis lagu baru hingga sekarang, termasuk yang Achmad sebutkan yang baru keluar tahun 2011. Mungkin kelak bakal ada album Best lagi.

      Kira-kira begitu =)

      Hapus
  18. makasih sob infonya

    kenapa lagu lagu enak mereka baru ane denger sekarang
    ironi

    gapapa lah meski telat 5 taun masih tetep enak :v
    hehe

    BalasHapus

Posting Komentar