My Movie Picks of May 2023

Ha ha ha ha ha ha ha ha ha.....masih ada, guys. I'm doing fine. Kegiatan menontonnya sih masih lancar, tapi mengumpulkan energi untuk menuangkannya dalam tulisan itu yang makin ke sini makin syulit T-T. Mohon maaf untuk (super-)keterlambatan menampilkan senarai film bulan Mei m(_"_)m, namun akhirnya bisa dikelarkan juga baru-baru ini. Berikut ada lima dari antara film-film yang gw tonton di bulan Mei 2023 yang berhasil meninggalkan kesan--and I personally thing it's a pretty good list ;).


1. Guardians of the Galaxy Vol. 3
(2023 - Marvel Studios)
dir. James Gunn
cast: Chris Pratt, Zoe Saldaña, Dave Bautista, Karen Gillan, Pom Klementieff, Bradley Cooper, Vin Diesel, Sean Gunn, Will Poulter, Elizabeth Debicki, Chukwudi Iwuji, Linda Cardellini, Maria Bakalova, Nathan Fillion, Daniela Melchior, Sylvester Stallone


Reaksi pertama gw setelah nonton ini adalah: Marvel actually allowed this to happen? Dari tone cerita, ritme, dan terutama visualnya yang sangat lebih deep dan gritty, ini nggak seperti film-film Marvel biasanya yang seakan sudah distandarkan. Buat gw mungkin ini film Marvel tercakep yang pernah gw tonton berkat sejumlah tata adegan yang meninggalkan kesan. Walau durasinya cukup panjang, kisah regu satria antariksa aneka watak ini berhasil disajikan seru sekaligus sendu, lebih emosional, humornya pun nggak makan tempat berlebih. Menyenangkan sekali melihat bahwa seri Guardians of the Galaxy ditutup dengan megah dan memuaskan.

My score: 8/10




2. Spider-Man: Across the Spider-Verse
(2023 - Columbia/Sony Pictures Animation)
dir. Joaquim Dos Santos, Kemp Powers, Justin K. Thompson
cast: Shameik Moore, Hailee Steinfeld, Oscar Isaac, Jake Johnson, Brian Tyree Henry, Lauren Luna Vélez, Jason Schwartzman, Issa Rae, Daniel Kaluuya, Karan Soni, Shea Wingham, Mahershala Ali


Sama seperti jilid pertamanya, bahkan lebih lagi, para kreator kembali memaksimalkan sensasi dunia Spider-Man dalam format animasi yang punya kemungkinan kreatif tak terbatas. Bisa dilihat bahwa desain dan pergerakkannya tak lagi berpatok pada gaya animasi CGI biasa, dengan ledakan gores dan warna beraneka gaya di setiap kedipan, dan semuanya tetap terasa 'wajar'. Berbarengan dengan itu, sisi ceritanya terasa punya gravitasi lebih karena mengangkat sisi emosional terutama dari Miles Morales dan Spider-Gwen, anak-anak muda yang harus turut menanggung nasib multi-semesta. Ini yang menurut gw bikin durasi 2 jam 20 menit (dan bersambung) nggak terasa menjemukan, karena memang beneran ada isinya.

My score: 8/10




3. Air
(2023 - Amazon Studios/Warner Bros.)
dir. Ben Affleck
cast: Matt Damon, Ben Affleck, Jason Bateman, Chris Tucker, Viola Davis, Chris Messina, Damon Wayans, Matthew Maher, Julius Tennon


Mengangkat proses terciptanya produk sepatu basket legendaris Nike Air Jordan jadi sebuah film kayaknya terlampau spesifik dan remeh, nggak kebayang menariknya di mana. Namun, kisah itu rupanya sanggup diolah jadi perjalanan zero-to-hero sebuah perusahaan papan tengah di 1980-an yang kemudian menunggangbalikkan blantika persepatuan, proses yang tak kalah menarik dari sebuah pertandingan olahraga. Letupan dramanya terbilang tipis tapi itu pula yang membuatnya nyaman diikuti, terutama berkat pembawaan para aktor yang berperforma presisi.

My score: 7,5/10




4. The Little Mermaid
(2023 - Disney)
dir. Rob Marshall
cast: Halle Baily, Jonah Hauer-King, Melissa McCarthy, Javier Bardem, Jacob Tremblay, Daveed Diggs, Awkwafina, Noma Dumezweni, Art Malik


Buat gw yang tumbuh bersama animasi klasik Disney, upaya membuat ulang dalam bentuk live action selalu menimbulkan mixed feeling. Di satu sisi ikatan batin terhadap edisi animasinya nggak mungkin digantikan, di sisi lain remake bisa jadi kesempatan pemodernan dan memperkaya ceritanya. The Little Mermaid versi ini berhasil di pemulusan ceritanya jadi agak lebih logis, dan menambah dimensi di karakternya. Kreasi adegan musikalnya juga tampil cukup menarik dan dengan bijak nggak dibuat plek sama dengan versi animasinya. Memang masih sulit mengalahkan magis versi animasinya, tapi yang ini bisa dibilang lolos sebagai tontonan yang enjoyable.

My score: 7,5/10




5. Asakusa Kid
(2021 - Netflix/Nikkatsu/Django Film)
dir. Gekidan Hitori
cast: Yuya Yagira, Yo Oizumi, Honami Suzuki, Mugi Kadowaki, Nobuyuki Tsuchiya, Hiroyuki Onoue, Morio Kazama


Daya tarik film ini ada pada setting retro pusat hiburan Asakusa di Tokyo, serta kisah sang legenda hidup komedian/aktor/sineas Takeshi Kitano sebelum mencapai sukses. Namun, sesungguhnya yang kemudian sangat menonjol di sini adalah akting berdedikasi dari Yuya Yagira sebagai Kitano muda serta Yo Oizumi sebagai sang mentor Fukami, yang harus membawakan watak keseharian sekaligus persona panggung kedua tokoh nyata ini pada zaman itu. Faktor-faktor itu yang membuat film ini mampu menjaga atensi hingga akhir biarpun pembabakan dan penuturannya tak terlalu istimewa.

My score: 7,5/10




Komentar