My Movie Picks of April 2023

Di tengah kembali pulihnya situasi perilisan film-film di bioskop plus tawaran tak kalah menarik dari media rumah, gairah nonton gw belum pulih benar ternyata ehehehe. Disebabkan satu dan lain hal, kerajinan gw untuk nonton film masih agak terhalang, upaya mengatur waktu agar bisa punya setidaknya 1,5 jam lowong untuk nonton film beberapa hari sekali pun ternyata belum sanggup. Tapi nggapapa lah, daripada dipaksa malah makin beban ye kan. Dari sedikit judul yang gw berhasil tonton di bulan April lalu via berbagai media, berikut dua yang paling berkesan.




1. A Family
a.k.a. Yakuza to kazoku
(2021 - Kadokawa/Star Sands/Netflix)
dir. Michihito Fujii
cast: Go Ayano, Hiroshi Tachi, Machiko Ono, Yukiya Kitamura, Hayato Ichihara, Hayato Isomura, Shinobu Terajima, Ryo Iwamatsu, Kosuke Toyohara, Shun Sugata, Suon Kan, Ryutaro Ninomiya, Taro Suruga


Di sini tampak upaya untuk membawakan kisah yakuza lebih dekat ke realita. Terbagi dalam dua babak besar, film ini mengisahkan hikayat seorang berandal anak motor yang direkrut sebuah 'keluarga' yakuza, masuk ke dunia gelap mafia Jepang yang perlahan tergulung zaman dan pergeseran nilai di masyarakat. Film ini disajikan mood yang unrest di paruh awal, lalu muncul rasa hampa, bisa juga dibilang depressing di babak selanjutnya, yang pasti pembawaan ini lebih masuk akal ketimbang gimmick-gimmick komikal yang sering mengglorifikasi dunia yakuza di berbagai medium fiksi. Walau beberapa titik cerita agak predictable dan emotional punch-nya tidak sampai purna, film ini tampil dengan penuturan rapi dan jelas tanpa terkesan buang waktu, serta ditopang dengan corak visual yang menyita perhatian.

My score: 7,5/10





2. John Wick: Chapter 4
(2023 - Summit/Lionsgate)
dir. Chad Stahelski
cast: Keanu Reeves, Ian McShane, Laurence Fishburne, Donnie Yen, Bill SkarsgÄrd, Lance Reddick, Hiroyuki Sanada, Shamier Anderson, Rina Sawayama, Scott Adkins, Clancy Brown, Natalia Tena, Marko Zaror


Jujur saja, daripada soal jalan ceritanya akan kayak gimana, bagian yang paling krusial untuk dinantikan dalam setiap installment John Wick adalah action pieces-nya akan seperti apa lagi, mengingat film-film sebelumnya sudah punya standar tinggi di situ. Leganya ketika melihat bahwa Chapter 4 ini menampilkan situasi yang tak kalah spektakuler--dari Jejepangan sampai ngerusuhin lalu lintas Paris--sebagai arena pertempuran para pendekar berpistol dan berbaju antipeluru untuk saling bunuh. Terlebih lagi, film ini kembali menampilkan para bintang action kawakan yang keterampilannya tak disia-siakan sebagai kawan dan lawan sepadan Keanu Reeves. Mungkin akan lebih berkesan andai ceritanya dielevasi lagi, sebagaimana pernah terjadi di Chapter 2, tapi sekali lagi, bukan itu yang seharusnya dicari. Bahwa di judul keempat yang juga durasinya paling panjang ini masih bisa mempertontonkan laga kreatif nan apik, itu sudah cukuplah.

My score: 7/10


Komentar