My Movie Picks of July 2022

Selain mendorong diri untuk tetap nonton film dari waktu ke waktu, belakangan gw juga berniat mendorong diri untuk rajin menulis. Jadi bersama ini gw umumkan kabar, bahwa gw akan berusaha sesering mungkin menulis ulasan dari semua yang gw tonton....hanya saja bukan di blog ini m(_"_)m. Gw memutuskan menantang diri untuk menuangkan ulasan terkini gw di Instagram @ajirenji.ig, yang isinya berupa ulasan singkat film nggak lama setelah gw menontonnya, jadi nggak nunggu rapel per bulan gitu. Untuk versi blog sini formatnya masih memilih film apa yang paling berkesan setiap bulan, karena menurut gw terlihat lebih rapi dengan format itu, sehingga blog ini akan tetap ada isinya kok. Jadi barangsiapa yang mungkin berminat ngintip gw latihan menulis secara lebih rutin, silakan follow Instagram @ajirenji.ig ya ;).

Oh, btw, untuk bulan Juli 2022, berikut film-film pilihan gw:



1. Pengabdi Setan 2: Communion
(2022 - Rapi Film)
dir. Joko Anwar
Cast: Tara Basro, Bront Palarae, Endy Arfian, Nasar Anuz, Egi Fedly, Ratu Felisha, Muzakki Ramdhan, Jourdy Pranata, Kiki Narendra, Fatih Unru, Moh. Iqbal Sulaiman, Nazifa Fatia Rani, Fachri Albar, Asmara Abigail, Rukman Rossadi, Ayu Laksmi


Film ini hadir dengan lingkup cerita lebih ramai--meninggalkan rumah di hutan ke rumah susun pinggir kota. Jumlah orangnya bertambah banyak, arena terornya bertambah luas, tapi nggak kehilangan faktor kengerian, bahkan juga humor, yang membuat Pengabdi Setan (2017) pertama begitu berhasil. Berbekal mitologi sekte satanis yang ditaburkan pada jilid sebelumnya, sekuel ini memunculkan rupa-rupa adegan serembangsat yang tetap greget dan menggedor jantung, tetapi sesekali juga dinetralisir dengan kelucuan dan wittiness yang segar dan nggak maksa. Uraian ceritanya sendiri sebenarnya masih banyak pertanyaan, berhubung kelihatan filmnya diniatkan ada sekuel lagi. Namun, sekurang-kurangnya dalam durasi nyaris 2 jam semuanya dihantar dalam alur yang tertata, bangunan situasi yang jelas, serta kualitas teknis tingkat atas. Pengalaman menonton horor yang lengkap dan memuaskan.

My score: 8/10





2. The Sea Beast
(2022 - Netflix)
dir. Chris Williams
Cast: Karl Urban, Zaris-Angel Hator, Jared Harris, Marianne Jean-Baptiste, Jim Carter, Doon Mackichan, Dan Stevens


Film animasi produksi Netflix ini tampak mengambil banyak elemen dari pelbagai film animasi sukses: laga petualangan, keluarga dan persahabatan, negeri fantasi dengan monster-monster aneka rupa dan warna. Namun, hasilnya sangat nggak main-main. Pengadeganan laga maritimnya sama serunya dengan film-film besar kenamaan, visualnya cemerlang, pun penuturan kisah dan bangunan karakternya mulus tanpa hambatan, ditambah adanya alegori tentang bias imperialisme. Mungkin bagian konklusinya saja yang kayak kehabisan ide jadi jatuhnya nggak sekeren bagian lainnya. Bagaimanapun, film ini layak bersanding di dereten film terseru dan tercakep tahun ini.

My score: 7,5/10




Komentar