Senin, 05 Maret 2018

My Movie Picks of February 2018

Saatnya tengok kembali film-film berkesan yang gw tonton dalam sebulan kemarin. Seperti gw pernah singgung di awal tahun, gw juga akan mulai ng-include film theatrical yang gw baru tonton di home video/streaming, tentu saja kalau memang benar-benar berkesan--kali ini ada nyelip satu. Silakan.



1. The Post
(2017 - DreamWorks Pictures/20th Century Fox/Amblin Entertainment/Participant Media)
Dir. Steven Spielberg
Cast: Meryl Streep, Tom Hanks, Bob Odenkirk, Bradley Whitford, Sarah Paulson, Tracy Letts, Bruce Greenwood, Matthew Rhys, Alison Brie, Jesse Plemons


Bahkan ketika menurut gw premis filmnya agak vague, Spielberg mampu menjadikannya tontonan yang menyita perhatian dan menggugah. The Post memang punya bahan-bahan unggulan bernilai mahal. Deretan pemain liga dewata, desain produksi yang sekalipun adegannya banyak di ruang "tertutup" mampu menampilkan spektakel kelas tinggi, hingga tema ceritanya yang menyangkut pengaruh politik pemerintahan terhadap kemerdekaan pers, yang menyinggung soal konglomerasi, konspirasi, propaganda, hingga gender, yaitu isu-isu yang bahkan masih eksis di zaman media digital sekarang. Bahan-bahan tersebut nggak ada yang off, semuanya sesuai dengan harapan kita terhadap para master ini. Gw pun masih kagum bahwa dengan isu-isu yang cukup berat--dan lumayan detail mengenai proses penerbitan koran era 1970-an, film ini sanggup mempresentasikannya dengan excitement dan penekanan pada watak karakter-karakternya yang beraneka warna, nggak harus depresif.
My score: 8/10





2. Molly's Game
(2017 - STX Entertainment/Entertainment One/Sierra Affinity)
Dir. Aaron Sorkin
Cast: Jessica Chastain, Idris Elba, Kevin Costner, Michael Cera, Chris O'Dowd, Jeremy Strong, J.C. MacKenzie, Bill Camp


Walaupun gw belum menemukan visi yang clear dari gaya penyutradaraan Sorkin dalam debutnya ini, kekhasannya dalam bertutur lewat skenarionya yang bawel, yang pada akhirnya butuh aktor-aktor mumpuni untuk membawakannya, menghasilkan sebuah tontonan yang apik. Sebuah biopik yang unik tentang mantan atlet Olimpiade yang banting setir jadi E.O. perjudian eksklusif bernilai selangit, lalu tersangkut kasus hukum karenanya, disajikan menyeluruh, cukup enerjik dan menghibur, terutama karena diselipkan wittiness di sana-sini.
My score: 7,5/10





3. The Grand Budapest Hotel
(2014 - Fox Searchlight)
Dir. Wes Anderson
Cast: Ralph Fiennes, Jude Law, F. Murray Abraham, Tony Revolori, Saoirse Ronan, Adrien Brody, Willem Dafoe, Edward Norton, Jason Schwartzman, Jeff Goldblum, Tilda Swinton, Harvey Keitel, Bill Murray, Mathieu Amalric


Setelah tertunda cukup lama akhirnya gw kesampaian juga nonton film ini. Ini bukan film Wes Anderson pertama yang gw tonton, namun gw merasa lewat film inilah akhirnya gw nyambung sama gaya khasnya. Ibarat bikin film kartun Looney Tunes dengan nilai produksi mewah dan deretan aktor ternama--iya, aneh banget 'kan--absurditas ceritanya justru malah tersampaikan dengan lancar dan menghibur. Kalau nggak seeksentrik itu caranya, mungkin film ini cuma jadi macam opera sabun berkostum jadul semata.
My score: 7,5/10





4. Black Panther
(2018 - Marvel Studios)
Dir. Ryan Coogler
Cast: Chadwick Boseman, Michael B. Jordan, Lupita Nyong'o, Danai Gurira, Martin Freeman, Angela Bassett, Forest Whitaker, Letitia Wright, Daniel Kaluuya, Andy Serkis, Winston Duke, Sterling K. Brown


Marvel sudah tahu bagaimana caranya bikin film yang memuaskan (setidaknya) sebagian besar target penontonnya, sehingga kemunculan Black Panther, superhero kulit hitam pertama dengan film tersendiri di Marvel Cinematic Universe pasti akan mudah juga diterima. Yang menurut gw istimewa, film ini nggak mementingkan tentang ke-superhero-an, dengan plot musuh yang ingin menguasai dunia, tetapi lebih fokus pada motivasi pribadi-pribadi dan intrik perebutan tahta kerajaan negeri fiktif Afrika, Wakanda, dan dilema moral yang menyertainya. Sajian dramanya buat gw adalah salah satu yang terbaik dari Marvel. Terlepas bagian laganya yang MCU routine, paling nggak jalan ceritanya nggak rutin-rutin amat.
My score: 7,5/10





5. Lady Bird
(2017 - Focus Features)
Dir. Greta Gerwig
Cast: Saoirse Ronan, Laurie Metcalf, Tracy Letts, Lucas Hedges, Timothée Chalamet, Beanie Feldstein, Odeya Rush, Lois Smith, Stephen Henderson, Jordan Rodrigues, Marielle Scott


Gw menangkap Lady Bird sebagai kolase kehidupan seorang remaja yang getol menyongsong kehidupan sebagai "orang dewasa", yaitu di tahun terakhir SMA-nya. Kadang keinginan dan tingkahnya agak kecentilan dan eksentrik sehingga terbentur dengan situasi keluarga dan lingkungannya, tetapi toh hal-hal itu memang sering juga ditemukan di kehidupan sehari-hari, dan mungkin satu-dua hal juga pernah kita alami sendiri di masa-masa seperti itu. Dituturkan secara ringkas dan natural, nggak linger di satu titik kelamaan, tetapi kedekatan itu tetap bisa tercipta.
My score: 7/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar