[Movie] Pengabdi Setan (2017)

Joko Anwar bikin film lagi, I'm like yeaaah. Filmnya remake horor klasik, I'm like oh shoot gak demen horor pun gw -_-'. Bukannya gimana-gimana, gw yakin Mr. Joko mampu menyajikan horor yang bagus, sebagaimana pernah ditunjukkan dalam film-film macam Kala, Pintu Terlarang, dan Modus Anomali yang notabene punya elemen horor. Tapi, saking yakinnya gw jadi siap nggak siap untuk "menghadapi" karya beliau yang murni horor, Pengabdi Setan. Pada akhirnya harus gw lakukan juga, dan ekspektasi enak nggak enak itu terbayar, and more. Ceritanya memang kayak "cuma" tipikal kisah rumah hantu. Kali ini empat kakak beradik yang ditinggal wafat oleh ibunya dan ditinggal rantau oleh bapaknya harus jaga rumah yang gitu deh. Namun, film ini dengan sangat bagus sekali menggulirkan misteri yang membuatnya tidak sekadar film rumah berhantu saja. Penuturannya begitu lancar, mitologi dan rules-nya dibangun rapat dan menyeluruh, karakternya dipaparkan dan dilakonkan dengan interesting sehingga bikin peduli dan keinget terus, misterinya juga banyak yang di luar dugaan, sekalipun tanpa harus pakai twist yang centil melilit-lilit. 

Awalnya gw juga heran, dengan alur cerita yang sebenarnya cukup straightforward--termasuk wajib hadirnya sesosok pihak ketiga yang (seperti) tahu segala penyebab dan cara penyelesaian segala hal--tapi kenapa bisa se-gripping ini, kenapa bisa bikin terus terpaku dan memancing naik turun emosi. Jawabannya ternyata simpel saja: keterampilan. Seram bukan karena banyak penampakan setannya, melainkan seram karena ekspektasi gw dipermainkan. Bikin pingin pantengin terus bukan karena rentetan adegan horor bertubi-tubi, melainkan karena pemaparan karakter, cerita, dan worldbuilding-nya yang rapi, dan yang diikat oleh sesuatu yang namanya timing. Timing seram, humor, drama, hingga suspense, semuanya tepat sasaran dan tepat porsi, tanpa sedikit pun terkesan mureh. Dan, yea, tentu saja banyak banget momen gw ketakutan pas nonton ini, huft..., tapi ketimbang lelah, yang gw rasakan adalah excitement, sensasi seyogianya didapat dari film horor yang baik dan berbobot.


Pengabdi Setan
(2017 - Rapi Films/CJ Entertainment)

Written & Directed by Joko Anwar
Based on the film Pengabdi Setan (1980)
Produced by Gope T. Samtani
Cast: Tara Basro, Bront Palarae, Endy Arfian, Nasar Anuz, Muhammad Adhiyat, Ayu Laksmi, Dimas Aditya, Arswendy Bening Swara, Elly D. Luthan, Fachri Albar, Asmara Abigail
My score: 8/10

Komentar