[Movie] Spider-Man: Homecoming (2017)

Nggak bisa nggak terbersit keheranan kenapa gitu Spider-Man versi layar lebar harus di-reboot sebanyak tiga kali hanya dalam jangka waktu 15 tahun saja. Iya sih Spider-Man itu bisa dibilang the biggest Marvel Comics character, tapi emang musti segitunya ya? Namun di sisi lain, Spider-Man: Homecoming setidaknya punya maksud dan niat yang sangat jelas: biar bisa gabung ke Avengers-nya Marvel Cinematic Universe (MCU). Konsekuensi dari ini bukan hanya perkenalkan ulang tentang sosok Spider-Man, tetapi juga menyesuaikan karakter dan ceritanya biar bisa muat ditempatkan di antara aksi-aksi Iron Man, Captain America, Thor, dkk. Jika dalam inkarnasi sebelumnya Spider-Man harus hadapai pertaruhan keselamatan yang lebih massal, maka Homecoming dibuat lebih spesifik: Spider-Man-nya masih remaja, dan persoalan yang dihadapi juga more or less berskala kecil. Yah skala kecilnya tentu dengan sentuhan Marvel, yaitu para "preman" yang memanfaatkan teknologi alien sisaan klimaks The Avengers (2012) untuk kepentingan bisnis underworld.

Rupanya gw cukup suka sama pilihan bangunan dan arah cerita yang diambil. Tak seperti origin story para superhero Marvel yang makin kesini makin terpola, Homecoming langsung menyorot pada persoalan tentang pembuktian nilai diri sebagai superhero dan menyeimbangkan antara identitas keseharian dan identitas superhero, dengan kegelisahannya masing-masing. Tone film ini pun anak muda kekinian banget, dan makin berjalan makin asyik diikuti, lengkap dengan berbagai adegan laga yang menurut gw nggak kalah seru dari film-film Spider-Man sebelumnya. Dan, poin yang gw rasa juga unggul adalah si villain Vulture (Michael Keaton) yang punya kompleksitas tersendiri, dan mampu dibuat benar-benar mengancam si jagoan kita dari berbagai sisi. Gw tetap merasa Spider-Man 2 (2014) adalah film superhero komik terbaik yang pernah ada, tetapi Homecoming buat gw termasuk pada himpunan yang bagus di antara film-film Spider-Man lain--yang sebenarnya juga nggak pernah jelek-jelek amat sih.


Spider-Man: Homecoming
(2017 - Columbia/Marvel Studios)

Directed by Jon Watts
Screenplay by Jonathan Goldstein, John Francis Daley, Jon Watts, Christopher Ford, Chris McKenna, Erik Sommers
Story by Jonathan Goldstein, John Francis Daley
Based on the Marvel comic book by Stan Lee, Steve Ditko
Produced by Amy Pascal, Kevin Feige
Cast: Tom Holland, Michael Keaton, Marisa Tomei, Jon Favreau, Robert Downey Jr., Jacob Batalon, Zendaya, Laura Harrier, Tony Revolori, Abraham Attah, Gwyneth Paltrow, Donald Glover, Bokeem Woodbine, Logan Marshall-Green, Jennifer Connelly
My score: 7,5/10

Komentar

  1. Superhero terbaiknya itu yg the amazing spiderman andrew atau spiderman 2 tobi

    BalasHapus
  2. Gembar-gembornya sih ni film lebih baik daripada punya Mark Webb...
    Kalau Tom Holland emang lebih baik daripada Andre Garfield..

    BalasHapus

Posting Komentar