Year-End Note: My Top 10 Songs of 2015 (Japan)


Agak berbeda dari beberapa tahun sebelumnya, tahun 2015 gw rupanya cukup lancar dalam menemukan lagu-lagu Jepang yang bisa jadi favorit--terbukti dalam setahun gw bisa bikin dua kompilasi J-Pop. Memang udah fix sih bahwa kalau mau cari lagu J-Pop yang oke nggak bisa lagi tergantung sama Oricon yang menghitung penjualan fisik, karena itu hanya akan membatasi pilihan pada idol, soundtrack anime, atau band-band yang sudah established lama. Sementara yang baru-baru lebih bergerak di digital atau pemutaran di radio, dan terbukti di lewat itulah gw bisa "menangkap" lagu-lagu yang enak-enak buat gw.

Berikut adalah 10 lagu Jepang teratas versi gw untuk tahun 2015



10. "大丈夫" (Daijoubu) – wacci

Ada kesan lagu ini terdengar terlalu bahagia untuk sebuah band yang isinya laki semua sekalipun bukan boyband. Tapi yah once in a while gw butuh lagu seperti ini, memberi aura positif dan kesejukan bagi pendengaran tanpa jatuh terlalu mellow.





9. "新宝島" - サカナクション ("Shin Takarajima" – sakanaction)

This weird alternative-new-wave-pop-rock-electronic band is always getting weirder, tapi di saat bersamaan semakin sering bikin lagu-lagu yang mudah nyantol. Di lagu ini gw merasakan memang ada pengulangan formula dari beberapa hit mereka sebelumnya, misalnya "Boku to Hana", tapi berhubung mereka selalu tampilkan bunyi-bunyian berbeda, gw masih enjoy aja sama lagu mereka ini.





8. "もっと光を" (Motto hikari wo) – BLUE ENCOUNT

Adalah lagu pop rock punk murni yang simpel dan ringkas, dengan melodi catchy dan performa enerjik yang bikin gw heran bahwa gw masih bisa suka sama musik seperti ini di umur segini *lah*. 





7. "YMM" – Suchmos

Being different is hard, tapi kadang itu yang harus dilakukan agar bisa mencuat. Suchmos ini adalah band dengan musik gabungan yang janggal antara funk dan hiphop, tapi lagu yang kalau nggak salah singkatan dari Yokohama Music something-something ini berhasil jadi sebuah karya yang groovy dan asyik masyuk, dan hampir nggak nyangka ini datang dari Jepang.





6. "水彩の月" - 秦 基博 ("Suisai no Tsuki" – Hata Motohiro)

Mas-mas bergitar dan bersuara serak ini meneruskan tradisi membuat simply good songs. Satu lagi lagu doi yang bernuansa kalem, yang memang jadi preference gw untuk karya-karyanya dia karena bisa meng-amplify vokalnya. Theme song dari film An (Sweet Bean Paste) ini juga kembali memberi kehangatan dari kesahajaan aransemen dan vokal yang effortless.





5. "WE ARE YOUNG" – I Don't Like Mondays.


Band nggak terkenal bukan berarti nggak menghasilkan karya yang bagus. Band pop dengan konsep "yang penting bisa goyang" ini sekali lagi buktikan mereka punya kemampuan untuk bikin lagu yang gampang diterima walau dengan bungkusan berbeda. Musik mereka di sini mungkin agak modern rock campursari macam Coldplay dan Imagine Dragons (kurang paham apa sebutannya) dalam versi lebih menyenangkan, sebuah anthem dansa yang asyik dan mampu menutupi pelafalan kata-kata Inggrisnya yang masih suka belepotan.





4. "幸せのありか" (Shiawase no arika) – LOCAL CONNECT


Percaya nggak kalau ada lagu Jepang yang mirip-mirip lagu Indonesia? Bukan dalam artian peniruan ya, tapi dalam hal struktur lagu, pemilihan nada, aransemen, cara bernyanyi, juga jiwa mellow ala Melayunya =D. Contoh paling anyar ya lagu dari duo ini. Lagunya penuh rasa seperti dengerin lagu-lagu Padi atau D'Masiv, dan vokal dari dua personelnya pun ternyata oke banget, powerful, nggak cempreng kayak penyanyi Jepang biasanya, which is good.





3. "私以外私じゃないの" - ゲスの極み乙女。("Watashi Igai Watashi ja nai no" – Gesu no Kiwami Otome)

Salah satu breakout artist di Jepang tahun ini juga punya tempat istimewa di playlist gw. Aransemen rock-jazz yang dimainkan dengan skill sinting langsung memincut perhatian gw, tapi yang lebih sinting lagi adalah mereka nggak asyik sendiri, melainkan bikin sebuah lagu yang juga mampu dinikmati secara pop. Sejauh ini, mereka bisa jadi the next great thing in J-Pop scene.





2. "SUN" – 星野源 (Gen Hoshino)


Gw nggak habis pikir bagaimana bapak ini bisa bikin quirkiness dari penampilannya berjalan selaras dengan musikalitasnya yang tinggi *seriously, kalau lihat tampangnya mana percaya dia bisa nyanyi, main musik, akting, dan nge-dance?*. Beberapa lagunya yang lalu berhasil masuk jadi favorit gw, dan gw rasa "SUN" adalah puncaknya. Ada semacam pop disko Motown dengan belokan melodi khas J-Pop, membuat sisi fun, cheerfulness, dan "sinarnya" bisa mencuat dengan enaknya. Bikin senang hati dengernya.











1. "PLAYBACK" – JUJU

Lagu ini sebelas-duabelas sama "SUN"-nya Gen Hoshino dalam hal atmosfer yang berhasil ditimbulkan dari nada-nada sederhana dan aransemen yang ceria. Tapi, mungkin lagunya mbak JUJU ini lebih universal, karena memang mengandung sound yang zaman sekarang banget—dengan memakai unsur elektronika, nggak terlalu berat, tapi juga menyimpan kompleksitas. Sangat mudah untuk sing-a-long dan dance-a-long sekalipun mungkin nggak tahu pasti liriknya apa (tapi bahasa Inggris-nya mbak JUJU cukup oke kok), dan punya satu hal yang jarang dimiliki lagi J-Pop sejenis: ringkas.




Komentar