[Movie] Wewe (2015)


Wewe
(2015 - Rapi Film)

Directed by Rizal Mantovani
Screenplay by Anto Nugroho, Bayu Abdinegoro
Story by Rizal Mantovani
Produced by Gope T. Samtani
Cast: Nabilah JKT48, Agus Kuncoro, Inong Nidya Ayu, Khadijah Banderas,Yafi Tesa Zahara, Dian Nova


Cukup menarik melihat dua sutradara Rizal Mantovani dan Jose Purnomo yang sebelumnya sukses bikin heboh lewat film Jelangkung, kemudian berpisah dan punya style sendiri-sendiri dalam menggarap horor, khususnya dalam hal visual. Kalau Jose itu lebih clean dan simple, Rizal memilih jalur yang lebih heboh dan lebih nunjukkin "nih horor nih". Well, itu sih kira-kira gw aja karena film horor Jose yang baru gw tonton cuma oo Nina Bobo dan Rizal yang baru gw tonton cuma Wewe ini. Tapi ya sudahlah.

I'll keep this short. Film Wewe ini punya visual yang oke, baik dari artistik, kamera, make-up, sampai efek visual, mengingatkan gw sama video klip buatan Rizal di late 90's-early 2000's semisal AB Three yang "Nyanyian Cintamu". Yah, walaupun itu agak gugur sama inkonsistensi dari tampilan bagian depan rumah mereka yang beda antara shot dekat dan shot jauh =p. Film ini juga berhasil memunculkan beberapa momen jump-scare, sebuah syarat minimal film horor zaman sekarang.

Cuma, karena gw bukan pecinta horor cukup disenangkan dengan kaget-kagetan dan serem-sereman, gw nggak ngerti cerita film ini apa maunya. Konsep wewe gombel begitu samar, nggak jelas rule-nya, dan diceritakan lewat sebuah "buku cerita" yang tulisan sama VO-nya nggak sinkron *ha!*. Gw ngerti sih ketika si makhluk ini "terlepas" karena ortunya berantem, tapi gw nggak ngerti sama adegan-adegan setannya ngikut orang ke luar rumah itu apanya si wewe, anak yang diambil ada yang balik ada yang enggak, juga "alam gaib"-nya yang kurang rapih pengaturan urutan kejadiannya. Gw tahu, karena Nabilah juga terlihat bingung saat berakting di bagian itu, hehe. Dan orang kemasukan roh di tahun 2015 nyanyi "Lengser Wengi"? Seriously? Don't they update the song chart in there?

Anyway, Wewe paling nggak masih enak dipandang, konsep dasar soal kaitan Wewe dan orang tua yang tak memerhatikan anak juga masih baguslah. Dan film ini hoki bisa hire aktor bagus macam Agus Kuncoro dan Inong yang tampilnya juga nggak malu-maluin. Tapi, ya udah sih gitu aja.





My score: 6/10

Komentar