[Movie] The Wedding Ringer (2015)


The Wedding Ringer
(2015 - Screen Gems/Miramax)

Directed by Jeremy Garelick
Written by Jeremy Garelick, Jay Lavender
Produced by Adam Fields, William Packer
Cast: Kevin Hart, Josh Gad, Kaley Cuoco-Sweeting, Olivia Thirlby, Ignacio Serricchio, Mimi Rogers, Cloris Leachman, Jorge Garcia, Affion Crocket, Dan Gill, Corey Holcomb, Colin Kane, Ken Howard, Alan Ritchson, Aaron Takahashi, Jenifer Lewis


It's a no-brainer for me, ini adalah jenis film yang gw tahu gw nggak bakalan suka bahkan dari liat posternya. Komedi ala Amrik gitulah, yang bikinnya emang untuk senang-senang saja. Taruh orang-orang yang terkenal lucu ditambah beberapa tokoh aneh dan bodoh dan mengesalkan, jadilah film komedi rame-ramean santai, syukur-syukur mendatangkan uang. Gw nggak bilang itu salah, gw cuma bilang gw bukan ada di segmennya. Ya sama kayak gw nggak suka The Hangover dan ogah nonton film-film Adam Sandler terbaru.

Premis The Wedding Ringer memang cukup fresh, tentang best man (pengiring pengantin kalau di sini) sewaan, bagi para cowok yang mau menikah tapi baru menyadari nggak punya temen sehingga nggak punya pendamping, apalagi dalam kasus ini si orangnya udah yatim. Di sini ada semacam unsur "kearifan lokal" bahwa bagi orang Amerika, best man atau bridesmaid itu big deal banget dalam pernikahan bahkan mungkin melebihi orang tua. Tapi buat gw pengembangannya di film ini ya gitu-gitu aja, karena ditimpalin satu lagi "kearifan lokal" khas film sana soal definisi pecundang. Dan in the end, film ini lebih ke buddy comedy sih daripada romantic comedy sih. Nggak ada yang salah, cuma ya udah gitu aja.

Film ini pun kayak nggak punya usaha lebih untuk dikemas dengan value yang lebih. Kesannya tinggal suruh komedian yang lagi terkenal (dalam hal ini Kevin Hart, yang terkenal di sono), biarkan dia lakukan apa yang menurutnya lucu di depan kamera. Sementara cerita dan karakternya sendiri ya gitu-gitu aja. Nah, celakanya, yang menurut film ini lucu bukanlah yang gw anggap lucu. Sex jokes, drunk jokes, dan slapsticks yang lama-lama melelahkan, disandingkan dengan buddy comedy yang nggak istimewa, diselipin "pesan moral" yang yah, juga kurang mengena.

The Wedding Ringer buat gw adalah film yang mungkin akan lebih menghibur kalau nontonnya nggak pake effort, misalnya kebetulan lagi nonton TV di rumah karena di channel lain lagi nggak ada acara yang lebih bener. Well, ketika dua tokoh utama kita lagi break into contemporary lyrical dance di sebuah resepsi pernikahan itu lucu sih.




My score: 5/10


Komentar