[Movie] Focus (2015)


Focus
(2015 - Warner Bros.)

Written & Directed by Glenn Ficarra, John Requa
Produced by Denise di Novi
Cast: Will Smith, Margot Robbie, Rodrigo Santoro, Adrian Martinez, Gerald McRaney, BD Wong, Brennan Brown


Terakhir gw inget nonton film yang menyatukan tema con-artist (penipu, kok dalam bahasa Inggris istilahnya jadi keren ya?) dengan romance, adalah The Tourist, which is a bad film. Focus sedikit banyak mengarah ke tema itu, tetapi buat gw sih film in agak lebih mending. Focus lebih bisa mengangkat sisi romance-nya bahkan sejak memilih pemainnya yang rupawan-rupawati, juga lebih jelas dalam membawakan tema light comedy dalam plot kriminal yang cukup membuat penasaran.

Jalannya film ini juga cukup oke sih. Dari awal ada seorang wanita muda yang termotivasi untuk jadi kaya dengan jadi penipu kelas atas (jangan ditiru ya, adik-adik), lalu kecantol kepada penipu kelas berat dan karismatik. Kecantol ini dalam arti ingin menyerap ilmu dan tentu saja kecantol dalam hal asmara. Cuma, apakah benar ketertarikan mereka berdua itu tulus mengingat pada dasarnya dua-duanya adalah penipu?

Tetapi, gw juga nggak bisa menganggap film ini bagus banget juga. Gw bahkan cukup struggling buat menikmatinya. Mungkin karena dari awal gw nggak terlalu nangkep apa tujuan utama film ini. Baru di akhir gw menyadari, oh mungkin maunya bagaimana senior dan junior akhirnya bersaing tetapi diselingi cinta juga...or something like that. Like I said, gw kurang nangkep =p. Dan berhubung ini film tentang penipuan, plotnya juga akan dipenuhi oleh tipu-tipu muslihat dan twist-twist yang buat gw sih lama-lama bikin capek karena diulang-ulang terus. Bukannya makin takjub malah makin gw mikir "ah ada aja sih, kagak kelar-kelar dah." Gw sendiri tidak merasakan ledakan yang terlalu kuat dalam hal keserasian antara Will Smith dan Margot Robbie--dan gw sepertinya kurang bisa diyakinkan sama performa Robbie, kayak masih ketahan-tahan apanya gitu--sehingga unsur romance-nya masih dalam batas nanggung buat gw *tapi tetep masih mending daripada The Tourist =p*.

Secara kemasan juga sebenarnya film ini kurang membuat gw merasa excited. Tetapi mungkin itu karena memang filmnya bukan action atau thriller sekalipun bertema kriminal. Dengan penekanan pada romance, film ini memang kayak sengaja disajikan agak "remang-remang", chilled out, nggak terlalu heboh. Gw juga cukup bisa sih menikmati beberapa bagian film ini, semisal pengambilan gambar di tempat-tempat eksotis macam New Orleans, Buenos Aires, dan wajah Margot Robbie. Cukup seger. Satu adegan yang berhubungan dengan tabrakan pun cukup impresif. Tetapi, overall, apa yang disajikan dan bagaimana disajikannya film Focus ini mungkin...emm...gw belum bisa terbiasa, dan kurang bikin tertarik juga. Sedang-sedang saja. Gw tidak mengerti arah sebenarnya dari ceritanya, dan ketika tahu pun gw nggak dipuaskan juga. Jadi yah, jelek banget sih nggak, cuma bukan jadi, ehem, fokus perhatian gw aja.





My score: 6/10


Komentar