54th GRAMMY AWARDS / 2012


Perhelatan merayakan anugerah industri rekaman yang paling bergengsi di Amerika Serikat, Grammy Awards, yang memasuki penyelenggaraan ke-54 telah usai digelar di Los Angeles, California, 12 Februari 2012 waktu setempat. Telah terbagi puluhan piala berbentuk gramophone emas untuk kerja para pelaku musik dan segenap unsur pendukungnya yang dinyatakan sebagai yang terbaik selama periode setahun ini (tepatnya sih September 2010-September 2011), tapi tentu saja penganugerahan piala yang on air di televisi cuman beberapa saja. Pada penyelenggaraan kali ini ada sedikit perubahan, yang paling kelihatan adalah perampingan kategori "performance" pada setiap bidang musik. Tahun lalu kita masih melihat pembedaan solo pria dan wanita, atau grup dan kolaborasi, kali ini dilebur seminim mungkin, jadi hanya "Best Performance" baik untuk solo maupun grup/kolaborasi, hanya bidang Pop dan Country yang ada pembedaan kategori solo dan grup/kolaborasi. Yah terserah sih, cuman kalo gitu ya jumlah nominenya ditambah kek jangan cuman 5, kasian bener *usulgakpenting*.

Seperti biasa, acara Grammy Awards diisi oleh lebih banyak penampilan para musisi di atas pentas ketimbang pembagian piala. Kali ini cukup ramai karena ada musisi senior legendaris macam Paul McCartney dan Bruce Springsteen, yang muda-muda pun ada seperti Jason Aldean bareng Kelly Clarkson, Chris Brown, Rihanna dan Coldplay, David Guetta dan Deadmou5, Foo Fighters, serta kolaborasi tua muda Alicia Keys-Bonnie Raitt, Maroon 5-Foster The People-The Beach Boys, The Band Perry-Blake Shelton-Glen Campbell, sampe Tony Bennett-Carrie Underwood. Tahun ini keseluruhan tidak lebih baik dari beberapa tahun belakangan tetapi nggak jelek juga. Beberapa penampilan yang paling berkesan buat gw adalah Bruno Mars yang membawakan "Runaway Baby" dalam nuansa soul mengkilap dan koreografi artraktif ala James Brown yang sangat menghibur, yep termasuk split-nya. Adele menyanyikan lagu paling heits 2011, "Rolling In The Deep" dengan sederhana namun penuh energi, apalagi mengingat ini pertama kalinya Adele manggung setelah sempat menjalani operasi radang pita suara di akhir tahun lalu, cadas. Satu lagi yang berkesan adalah duo cowok/cewek yang mengusung musik Folk yang baru gw lihat pertama kali, namanya The Civil Wars (pemenang dua Grammy malam itu) yang begitu powerful walaupun hanya bermodal harmonisasi vokal nan merdu dan tulus serta iringan gitar akustik garang. Meski cuman sebentar, performa lagu berjudul "Barton Hollow", yang konsepnya "sekadar opening act" itu meninggalkan kesan yang lebih daripada "main attraction"-nya, Taylor Swift yang menyanyikan lagunya "Mean" dengan kostumnya yang ndeso. Penampilan-penampilan yang lain cukup oke, tetapi cukup disayangkan juga artis-artis yang tadinya  diharapkan stunning seperti Katy Perry atau kolaborasi Coldplay dan Rihanna malah jatuhnya biasa saja, atau Nicky Minaj yang terkesan trying-too-hard.

Ho iya, acara Grammy tahun ini mendadak sendu karena tepat sehari sebelumnya, salah satu penyanyi pop wanita terbaik dunia pemenang Grammy berulang kali, Whitney Houston ditemukan meninggal dunia. Beberapa momen di acara ini didedikasikan pada Whitney, seperti doa berjamaah yang dipimpin oleh sang MC, LL Cool J, serta tepat setelah segmen "In Memoriam", pemenang Grammy (dan Oscar) Jennifer Hudson menyanyikan "I Will Always Love You" yang merupakan salah satu biggest hits-nya Whitney Houston untuk mengenang beliau. Eh ada juga beberapa momen menarik saat pidato penganugerahan, semisal Foo Fighters yang komentar soal "musisi yang bener itu nggak tergantung sama mesin komputer" (or something like that) saat menerima Grammy untuk "Best Rock Performance", dan juga Justin Vernon/Bon Iver yang ngaku "nggak enak" ketika menerima Grammy untuk "Best New Artist", karena merasa masih terlalu banyak musisi berbakat di luar sana yang luput dari pandangan Grammy dan panggungnya (well-said, sir). 

Grammy tahun ini adalah milik Adele, karena dari semua kategori yang menominasikan karyanya, menang semua, total ada enam, termasuk yang paling prestisius "Album", "Record", dan "Song of the Year", disusul oleh Foo Fighters yang juga menyapu bersih seluruh 4 kategori di bidang Rock plus kategori "Best Long Form Music Video" untuk DVD mereka, demikian juga Kanye West yang menang "Best Rap Album" plus keseret menang di 3 sisa kategori bidang Rap yang melibatkan namanya. Cukup memuaskan kan?


Berikut beberapa pemenangnya:

Album of the Year: 21 / Adele
Record of the Year: "Rolling In The Deep" / Adele
Song of the Year: "Rolling In The Deep" / Adele
Best New Artist: Bon Iver

Best Pop Vocal Album: 21 / Adele
Best Pop Solo Performance: "Someone Like You" / Adele
Best Pop Duo/Group Performance: "Body And Soul" / Tony Bennett & Amy Winehouse
Best Traditional Pop Vocal Album: Duets II / Tony Bennett & Various Artists
Best Pop Instrumental Album: The Road From Memphis / Booker T. Jones

Best Dance Recording: "Scary Monsters And Nice Sprites" / Skrillex
Best Dance/Electronica Album: Scary Monsters And Nice Sprites / Skrillex

Best Rock Album: Wasting Light / Foo Fighters
Best Rock Song: "Walk" / Foo Fighters
Best Rock Performance: "Walk" / Foo Fighters
Best Hard Rock/Metal Performance: "White Limo" / Foo Fighters

Best Alternative Music Album: Bon Iver / Bon Iver

Best R&B Album: F.A.M.E. / Chris Brown
Best R&B Song: "Fool For You" / Cee Lo Green & Melanie Fiona
Best R&B Performance: "Is This Love" / Corinne Bailey Rae
Best Traditional R&B Performance: "Fool For You" / Cee Lo Green & Melanie Fiona

Best Rap Album: My Beautiful Dark Twisted Fantasy / Kanye West
Best Rap Song: "All Of The Lights" / Kanye West, Rihanna, Kid Cudi & Fergie
Best Rap Performance: "Otis" / Jay-Z & Kanye West
Best Rap/Sung Collaboration: "All Of The Lights" / Kanye West, Rihanna, Kid Cudi & Fergie

Best Country Album: Own The Night / Lady Antebellum
Best Country Song: "Mean" / Taylor Swift
Best Country Solo Performance: "Mean" / Taylor Swift
Best Country Duo/Group Performance: "Barton Hollow" / The Civil Wars

Best Compilation Soundtrack Album For Visual Media: Broadwalk Empire: Volume 1 / Various Artists
Best Score Soundtrack Album For Visual Media: The King's Speech
Best Song Written For Visual Media: "I See The Light" (Tangled)

Best Short Form Music Video: "Rolling In The Deep" / Adele
Best Long Form Music Video: Foo Fighters: Back & Forth / Foo Fighters

Producer of the Year, Non-Classical: Paul Epworth
(for Adele [tracks I'll Be Waiting, Rolling In The Deep]; Cee Lo Green [single No One's Gonna Love You]; Foster The People [tracks Call It Want You Want, I Would Do Anything For You, Life On The Nickel])

complete winners @ grammy.com

Komentar