Year End Note: My Top 10 Songs of 2009 (International)

Berusaha membuat tradisi, setelah bikin top10-top10-an tahun lalu (di notes Facebook), tahun ini gw bikin lagi, hehe. Isinya adalah yg sesuai dengan minat gw tentu saja: musik dan film. Seperti tahun lalu gw mengkategorikannya jadi tiga: lagu, album, dan film. Untuk yg pertama gw akan mendaftarlagu2 2009 yg paling berkesan buat gw. Dan karena ceritanya gw itu pecinta musik segala bahasa, maka gw mendaftar 3 jenis yaitu internasional (English), Indonesia dan Jepang, masing2 10, oke nggak tuh? (pembaca bilang: nggak tuh, biasa aja ^_^). Gw cicil dulu dari yg lagu internasional yah. Here they are in alphabetical order.



1. “Come Back To Me” – Utada

Rilisan internasional kedua dari bintang Jepang, Utada Hikaru. Dibandingkan rilisan internasionalnya yg dulu, lagu ini lebih nyantai dan
easy-listening, lebih enak dan catchy. Mari sama2 nyanyikan: “come baaack…”

2. “Give It Up To Me” – Shakira feat. Lil' Wayne

Lagu paling baru dari daftar ini, persembahan si penyanyi bersuara kambing dan berbahasa tubuh aduhai ini, bareng rapper yg lagi naik daun (di AS sana) dan juga Timbaland. Ini mungkin lagu R&B/hiphop pertama Shakira, dan sangat berhasil bagi gw, enak, rancak,
catchy, nagih, plus tarian “provokatif”—sana cek YouTube ^o^.

3. “Haven't Met You Yet” – Michael BublĂ©
Everyone’s favorite, I assume ^_^. Lagu ini sangat pop, agak standar namun tetap enak didengar. Dan untungnya, Michael BublĂ© tetap memberi sentuhan khas big band komplit dalam aransemennya. Simple tapi wah. Love the brass section/terompet2an.

4. “I'm All Over It” – Jamie Cullum

Gw baru “nyatu” sama lagu ini setelah mendengar kali ketiga. Enak banget lagunya, pop,
fun tapi masih ada jazznya. One of Mr. Cullum’s best hits yet.

5. “Just Dance” – Lady GaGa

Basian tahun 2008, tapi anggep ajalah, secara baru nge-hit di sini tahun 2009 (atau emang gwnya aja yg telat khikhikhi). Ini mungkin
dance anthem masa kini yg akan selalu diingat beberapa tahun ke depan. Lebih mantep yg versi asli, bukan remix.

6. “Love Sex Magic” – Ciara feat. Justin Timberlake

Gw nggak pernah suka Ciara sebelumnya, tapi luluh juga setelah mendengar Love Sex Magic. Agak2 ada sentuhan Justin Timberlake/The Neptunes di lagu “Rock Your Body”, tapi yg ini
beat-nya lebih medhok. Enak deh pokoknya.

7. “New Divide” – Linkin Park

Pilihan bias! ^o^. Gw suka banget Linkin Park, biar lagu ini sebenernya “What I’ve Done” jilid 2—mirip, tapi gw tetep suka. Biar gw benci banget film Transformers 2 yg menjadikan lagu ini soundtracknya, tapi gw tetep suka lagu ini. Keren (subjektif).


8. “OK It's Alright With Me” – Eric Hutchinson

Gw
aware sama artis dan lagu ini lewat nonton acara2 talkshow malam Amerika baik di Star World (Jimmy Kimmel) maupun CNBC (Jay Leno/Conan O’Brien)—ih sombong, hohoho. Lagu ini begitu nge-hook dari awal sampai akhir, khas singer-songwriter Amerika dengan musik akustik tapi rame dan enerjik. Nice.

9. “This Is It” – Michael Jackson

Seandainya direkam lebih baik, lagu ini pasti jadi hit besar (yg gw denger di radio direkam
live, apa jangan2 cuman demo, agak2 fals gitu deh) tanpa harus dikatrol sensasi meninggalnya King of Pop. Lagu ini enak dan liriknya juga agak lucu (“falling in love wasn’t my plan..” ^_^). Karya terakhir Michael Jackson sebelum wafat, dan untungnya tidak mengecewakan.

10. “What's Right Is Right” – Taylor Hicks

Ini juga bias, mungkin gw termasuk minoritas, tapi Taylor Hicks adalah American Idol favorit gw. Sayang dari segi manapun si muka tua ini kurang komersil, album keduanya pun diproduksi secara independen. Tapi
charm dari musikalitas Taylor Hicks masih bekerja pada gw, lagu ini pun terdengar intens dan enak dengan nuansa blues dan soul santai. Soul patrol!! ^0^


Honorable Mention: Guilty Pleasure of The Year

“She-Wolf” – Shakira

Gw suka Shakira, tapi sumpah ini lagu aneh banget. ANEH BANGET! Tapi tetep aja gw tak kuasa menikmati lagu ini, gara-gara bagian lolongan “auuuuuu…!” ^o^’


Komentar