[Album] NoaNowa - SPECTACLE



のあのわ NoaNowa – SPECTACLE
(2009 – Speedstar/Victor Entertainment)

Tracklist:
01 夜明け Yoake
02 SPECTACLE
03 カエルのうた Kaeru no Uta
04 ループ、ループ Loop, Loop
05 Melt
06 グリュー
Grue
07 lastday (interlude)
08 星が見える日は Hoshi ga Mieru Hi wa
09 Your Song
10 Line
11 ゆめの在りか
Yume no Arika


Nama NoaNowa begitu aneh namun mengusik rasa penasaran gw ketika unduhannya ada di daftar rekomendasi situs unduh lagu2 Jepang langganan gw (dalam kata lain: bajakan hihihi). Gw coba cek di YouTube, oh ternyata NoaNowa ini band 5 orang beraliran pop-alternatif dengan keunikan di vokalis perepmpuanya (Yukko namanya) main cello klasik sambil nyanyi dengan suara mirip Björk campur Yuki (Judy and Mary). Terus terang lagu2nya gak begitu nyangkut ketika pertama kali denger, tapi ketika gw denger single pertama mereka berjudul “Loop, Loop” yang catchy sekali, kepincut deh. Akhirnya gw download full-length album pertama mereka SPECTACLE beberapa bulan yg lalu, meski akibat kesibukan menjengkelkan, baru bisa gw denger dgn seksama belakangan ini. Kepenasaranan gw terbayar setelah mendengar lebih dari 1 kali, NoaNowa punya musik yg unik tanpa terkesan ganjil, agak ada nuansa karnaval/sirkus yg menyenangkan, mungkin itulah mengapa judulnya SPECTACLE yg jadi kata dasar "spectacular" *ngarang aja nih*.

Yang paling gw suka dari sebuah band adalah ketika setiap instrumen berbunyi tepat pada tempatnya tapi masih bisa ditangkap kuping, mungkin contoh paling baik adalah Tokyo Jihen. NoaNowa tidak sampai seperti Tokyo Jihen sih, belum se”sedeng “ itu, lagian musik mereka nggak sama, tapi gw suka dengan aransemen gitar (klasik atau listrik), piano/keyboard, bass, drum dan cello dan bunyi2an yg lain yg begitu padu, mengiringi suara vocal Yukko yg mungkin terlalu di-imut2in tapi memberi warna tersendiri. Sound mereka terdengar distinguished dan elok. Dari track awal sampe akhir, gw merasa terkesan sembari memuji musikalitas band baru ini. Track pertama “Yoake” mungkin terdengar terlalu mellow sebagai pembuka, tapi lagu ini pun digarap cukup indah, semacam ancang2 untuk track selajutnya, “SPECTACLE” yg lebih rame.

Komposisi NoaNowa begitu menarik dan patut ditengok, tapi kalo mau jujur gw nggak bisa bilang suka semua lagunya. Gw paling suka sama “SPECTACLE” yg memunculkan kesan grand entrance, lalu “Kaeru no Uta” dan “Loop, Loop” yg catchy dan ceria, “Grue” lagu ballad yg cantik, dan “Yume no Arika” yg memberi kesan grand finale nan megah di akhir album *lengkap mirip sebuah sirkus deh haha*. Lagu2 lain tidaklah seenak lagu2 yg gw sebutkan barusan. Hanya saja, semuanya dibungkus dengan musik yg—lagi-lagi—unik, berbeda, dan ditata rapih, jadi di-skip pun sayang, they’re not trash. Gw menghargai keseluruhan album ini bukan hanya enak atau nggaknya lagu2nya, tapi juga karena “bunyi”-nya yg captivating (liriknya? emangnye gw faham? hehe). Rasanya ini langkah yg tepat untuk album pertama seorang/sekelompok artis, yaitu menunjukkan karakter musik, sehingga nggak mudah ketuker dengan artis lain (hehe, gw dulu sempet ketuker lho sama “ini lagunya peterpan apa Sheila On 7?”), serta memberi harapan besar bagi pendengar seperti gw untuk karya2 mereka selanjutnya akan lebih baik dan berkembang.

Jika tahun 2007 gw menanggap GReeeeN adalah artis baru J-Pop yg paling menjanjikan, lalu 2008 adalah Superfly, maka tahun ini gelar itu gw sematkan pada NoaNowa. Mereka mungkin tidak akan laku berat seperti dua nama sebelumnya, apalagi mengingat mereka bernaung di record label yg terbilang minor, Speedstar Records—label musik indie tapi di bawah naungan induk perusahaan major, Victor Entertainment, afiliasi JVC— (cth yg satu label: Fumido, The Back Horn, Quruli, band2 bagus tapi kurang laku hehe), tapi gw bisa menebak bahwa mereka akan tahan lama berkarya di dunia J-Pop yg rotasinya sangat cepat itu, karena mereka terlihat mengandalkan kualitas musik ketimbang kuantitas dan komersialitas, tapi tetap tanpa harus terdengar terlalu "gaib". SPECTACLE is a decent start.


My score 7/10





のあのわ NoaNowa



Previews (courtesy of Victor Music channel on YouTube, gw suka yg kayak begini niy)

Yume no Arika


Loop, Loop

Komentar