Rabu, 30 Oktober 2013

[Movie] Captain Phillips (2013)


Captain Phillips
(2013 - Columbia)

Directed by Paul Greengrass
Screenplay by Billy Ray
Based upon the book "A Captain's Duty: Somali Pirates, Navy SEALS, and Dangerous Days at Sea" by Richard Phillips, Stephan Talty
Produced by Dana Brunetti, Michael De Luca, Scott Rudin
Cast: Tom Hanks, Barkhad Abdi, Barkhad Abdirahman, Faysal Ahmed, Mahat M. Ali, Michael Chernus, Catherine Keener, Max Martini, Corey Johnson, David Warshofsky, Chris Mulkey, Yul Vazquez, Omar Berdouni


Captain Phillips mengangkat kisah nyata yang terjadi pada tahun 2009 di perairan antara Semenanjung Arab dan benua Afrika. Richard Phillips adalah seorang kapten kapal kargo Amerika, Maersk Alabama, yang dalam perjalanannya dari Oman ke Kenya, disergap oleh empat orang perompak Somalia. Kapt. Phillips sendiri kemudian disandera oleh mereka selama beberapa malam, sebelum akhirnya kapal perang AL Amerika beserta pasukan elit Navy SEAL-nya menyelamatkan sang kapten. Definitely a filmable subject, apalagi ditambah keterlibatan aktor kawakan Tom Hanks sebagai Kapt. Phillips, di bawah arahan sutradara Inggris yang kebetulan favorit gw juga, Paul Greengrass. Captain Phillips pun dari jauh-jauh hari sudah digadang-gadang sebagai salah satu kandidat penghargaan film, termasuk Oscar.

Film Captain Phillips bisa dibilang sebuah film reka ulang yang berusaha seakurat mungkin dalam menggambarkan kejadian yang melanda Kapt. Phillips tersebut. Sekalipun dalam promonya ditekankan bahwa film ini "disutradarai oleh sutradaranya The Bourne Ultimatum", Captain Phillips itu lebih mirip sama United 93, yang juga berupa reka ulang kejadian nyata. Urut-urutan kejadiannya pun mirip sekali, yaitu kedua pihak berangkat dari rumah masing-masing, bergulir dan bergulir hingga pada saatnya kedua pihak dipertemukan di satu titik. Persamaan lainnya, Greengrass kembali berani memakai pemain yang baru dan minim (bahkan non) pengalaman untuk bermain di film yang seserius ini.

Nah, bedanya, dalam Captain Phillips karakternya lebih sedikit, sehingga, yah, lebih jelaslah mana yang tokoh utama mana yang pendukung. Dan sedikit beda lagi, sisi perompak Somalia-nya juga ditunjukkan latar belakangnya lebih jelas. Lumayanlah buat sedikit memahami kenapa perompak Somalia begitu hits di dunia kelautan, ya karena cuma itu kerjaan yang bisa menghasilkan uang di negeri yang dikuasai perompak itu.

Menyaksikan Captain Phillips, gw juga melihat ada kesan bahwa Paul Greengrass mau mendengarkan kritik yang didapatnya pada karya-karya terdahulu. Dulu banyak yang komplain kameranya doi terlalu sering goyang-goyang ampe bikin mules. Di film ini, stabilitas kameranya adalah yang paling "normal", setidaknya kalau diukur dari kebiasaan Greengrass. Ia juga sempat dibilangin terlalu cepat dalam menyampaikan plot (itu sih komplain gw di Green Zone =p). Di Captain Phillips, Greengrass bercerita begitu detil dan perlahan sampai-sampai rasanya hampir nggak ada yang ketinggalan. In short, Captain Phillips is the slowest and the most nggak-bikin-puyeng film by Greengrass, namun tetap berhasil menyajikan thrill yang berarti dan riil. Ya gila aja kalau ada yang masih komplain.

Tetapi, meski mengurangi ciri khas gayanya, secara esensi gw merasa ini tetep filmnya Greengrass banget. Menceritakan survival seorang kapten kapal, gw tidak merasakan heroisme yang muncul dalam jalinan ceritanya, boro-boro dramatisasi yang nggak-nggak. Buat gw, film ini berupa examination tentang sebuah peristiwa, heroisme menjadi nilai yang manasuka, tergantung cara pandang dari mana. Buat gw Kapt. Phillips tidak digambarkan heroik, far from it. Kapt. Phillips bukan jenis atasan yang disukai karena begitu kaku dan pribadinya kurang menyenangkan, dan dalam tekanan ia juga gampang gentar. Kapal Maersk Alabama tidak jadi diseret ke Somalia juga bukan karena Kapt. Phillips seorang, tetapi lebih karena inisiatif yang kompak dari seluruh kru kapal.

Aksi penyelamatan Kapt. Phillips oleh Navy SEALS juga tidak sertamerta bisa disebut heroik. Apakah menebus satu nyawa dengan lebih banyak nyawa bisa disebut heroik? Yah, tergantung dari sisi mana memandangnya. Di sini gw melihat ironi, ketika ada sebuah negara berusaha keras melindungi seorang warganya, ada juga negara lain seakan lepas tangan begitu saja. Apakah harga nyawa manusia segitu relatifnya? Adegan penutupnya adalah sebuah representasi brilian dari Greengrass untuk pertanyaan tersebut, dan diperkuat performa luarrrr biasa dari Tom Hanks. Bukan soal seru-seruan, bukan soal tegang-tegangan, apalagi soal memuji-muja tokoh tertentu. Captain Phillips adalah film tentang betapa brutalnya dunia ini, sekalipun sudah sedemikian lama peradaban manusia tumbuh.

Tsaaah....



My score: 8/10

2 komentar:

  1. udah pernah nonton min.. bagus banget.. kira2 kapan keluar yah CD nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau DVD resminya mungkin baru keluar paling cepat awal tahun 2014

      Hapus