My Top 50 Indonesian Songs of the 1990's (Part 2 of 2)

Sampailah kita pada bagian pemungkas dari senarai lagu-lagu 1990-an favorit gw. Setelah nomer 50-26 kemarin, sekarang saatnya gw bongkar lagu-lagu Indonesia keluaran tahun 1990 hingga 1999 terfavorit gw nomer 25 sampai yang puncak (maksudnya nomer 1 =P). Semakin ke atas memang lagunya semakin bikin gimanaa gitu, bikin semakin pede untuk ikutan nyanyi kalau lagunya sedang berkumandang, dan gw yakin yang demikian gak cuman gw doang *cari temen*. Oh ya, gw juga sebenarnya ingin menghaturkan terima kasih kepada sebuah radio swasta Jakarta yang frekuensinya kayak anjing Dalmatian dan namanya terdiri dari tiga huruf awal Jakarta ditambah FM, radio ini cukup sering memutar kembali lagu-lagu 1990-an yang sedikit banyak membuat gw ingat kembali lagu-lagu keren dekade itu, dan juga salah satu motivasi gw menyusun senarai ini. So, thank you very much =).


Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah 25 teratas lagu Indonesia 1990-an yang paling gw suka, sekaligus memberi contoh bagi generasi saat ini tentang lagu yang bagus betulan seperti apa *tua*.




25. "Ingat-Ingat Pesan Mama" - Oppie Andaresta (1995)
Lirik yang lugas jenaka adalah yang paling mudah diingat dari lagu ini selain musik bandnya yang fun. Sangat current pada saatnya, ketika lagi terkenal banget pil ekstasi, PI (Pondok Indah) Mall, dan serial Beverly Hills. Gw baru aja tau lagu ini juga ikut ditulis oleh Kaka dan Bimbim dari Slank, jadi memperhatikan sedikit karakter Slank namun tetap menegaskan karakter musik Oppie yang memang lepas dan agak cuek.





24. "Bintang Bintang" - Titi DJ (1995)
Ini waktu Titi DJ belum mem-brand dirinya sendiri sebagai seorang diva Indonesia, she was just a female singer with number of good songs. Lagu ini jelas lagu favorit gw dari Titi, karena terkesan santai tapi nggak menutupi keindahan lirik, nada dan aransemennya, serta Titi nggak trying to hard dalam bernyanyi. Andre Hehanusa dan Irianti Eningpraja turut andil dalam penulisan lagu ini.





23. "Kita" - Sheila On 7 (1999)
Aiih, Sheila On 7 emang artis generasi gw banget, muncul tepat pada masa-masa adolescence gw yang selalu haus akan sesuatu hal yang baru dan ngetren nggak mau ketinggalan sama yang lain. Untungnya So7 memang menghasilkan karya-karya yang apik dan mudah disukai seperti lagu rilisan perdana mereka "Kita" ini, sehingga keberadaan So7 dalam "masa lalu" gw nggak bikin malu. Selain karena marketing-nya bagus, lagu ini juga unik, sekilas terdengar sederhana tetapi nggak juga, kayak menyenangkan tapi menyimpan kesedihan juga. Weird.





22. "Pertama" - Reza (1997)
Again, back when Dhani Ahmad still "in the zone". Reza langsung mencuat sebagai penyanyi pop wanita paling terkenal di negeri ini karena lagu "Pertama" yang bernuansa R&B kental plus vokal berat khas Reza yang memancarkan kesan seksi. Well, kayaknya video musiknya paling membantu kepopulerannya sih, hehe *langsung meper ke tembok*





21. "Saat-Saat Bersamamu" - KIN (1997)
Nah, kalo ini murni gw rediscover waktu keliling-keliling YouTube. Dulu sih sering denger, tapi gw sadar bagusnya lagu ini ya baru-baru ini. Vokalnya keren, melodinya keren, aransemennya sangat 90s tapi dihiasi chord-chord magis, ada unsur ballad rock dan funk nya. Good song.





20. "Yang T'lah Berlalu (Nirwana)" - Gigi (1995)
Gigi adalah band besar sejak dulu, menelurkan hit demi hit. Lucunya setau gw "Nirwana" bukanlah yang paling nge-hit dari Gigi, tapi justru yang paling gw suka. Lagu ini unik daripada lagu-lagu Gigi yang lain, ada perasaan hangat dan nyaman saat mendengarkan lantunan instrumen, rangkaian nada dan liriknya. Their best work ever.





19. "Kau" - Glenn Fredly (1998)
The definitive work of Glenn Fredly. Lagu solo kedua yang juga diciptakan Glenn sendiri serta menunjukkan kekuatan vokalnya yang unik. Lagu ini jelas maksudnya R&B tapi juga bisa memasukkan sejumput unsur etnik yang asik. Nobody can perform this better.

Try to spot Asri "Welas" in this video =)




18. "Hasrat Cinta" - Yana Julio (1994)
Salah satu personel Elfa's Singers yang paling sukes mempersembahkan sebuah lagu mendayu-dayu namun sangat mencengkeram karena melodi, lirik dan aransemen yang sangat kuat dan dibuat dengan skill yang nggak sembarangan. Dan hanya Yana Julio yang bisa bikin vibrato menggigil jadi ciri khas yang nggak mengganggu.





17. "Tentang Aku" - Jingga (1996)
Denger-denger sih Jingga adalah duo WNI yang bikin musik di Ostrali (soale video musiknya di luar negeri). Whatever happen to them now, mereka setidaknya sukses membuat dampak dengan sole-hit "Tentang Aku" ini. Banyak orang pasti masih ingat, dan gw pun masih tetep suka jingga hingga sekarang, lagu bagus dan cukup menghipnotis.





16. "Bunga Terakhir" - Romeo (1999)
Ini lagu berkarakter banget. Diawali intro dramatis kayak telenovela, lalu muncul suara berat berton-ton dari vokalis Bebi, lalu dilanjutkan dengan nada-nada emosional dan belokan chord-chord minor menimbulkan nuansa pop klasik. Emak Bapak gw yang biasa dengerin Tom Jones dan Harry Belafonte sampe suka juga. Lagu paling "drama" se-Indonesia. Afgan's version is just a cheap karaoke.





15. "Kau Dimana" - Atiek CB (1993)
Penyanyi wanita bersuara, berpenampilan, dan bergaya bicara khas. Ada kalanya musik Indonesia punya tempat bagi penyanyi berkarakter seperti Atiek CB. "Kau Dimana" yang dari lirik dan komposisi musiknya udah galau, semakin bikin terenyuh dengan pembawaan emosional dari Atiek. Bikin pengen teriak "tapiiiiii!!!!".





14. "Pergilah Kasih" - Chrisye (1991)
Salah satu lagu indah lagi buatan Tito Soemarsono. Liriknya dalem, sedih tapi nggak terang-terangan, pilihan katanya cantik. Aransemennya pun sangat intimate. Suka banget lagu ini walaupun gw termasuk yang nggak suka vokal Chrisye.





13. "Rinduku Adinda" - Protonema (1997)
Lagu ini gw rediscover karena radio "anu" beberapa kali memutarkannya. Sebuah lagu cinta tapi nggak merepresi energi rock yang dimiliki band Protonema ini. Keren, powerful, dan grand banget. Perpaduan vokal dan aransemennya dimainkan penuh penghayatan dan sukses mentransfer emosi dari liriknya. The best rock ballad (yang benar-benar pake musik rock) in the country, ever.





12. "Pelukis Malam" - Nugie (1998)
Banyak orang tadinya tau Nugie itu adiknya Katon Bagaskara, beberapa lagi tau dia penyiar acara musik rock di radio SK. Even so, Nugie sukses meng-establish dirinya sendiri sebagai seorang artis solo sukses yang punya serangkaian karya apik. Nugie memang lebih identik dengan "musikalisasi" kata-kata puitis dalam balutan musik rock, namun ia juga nendang dalam lagu yang berinstrumen minimalis, contohnya "Pelukis Malam" ini. Gw suka banget lagu ini lantaran melodinya yang sederhana tapi begitu puitis sepuitis liriknya, juga begitu indah lantaran perpaduan gitar akustik, cello, dan tepukan tangan. Beautiful.





11. "Kau Yang Terindah" - Java Jive (1993)
In the 90s, semua band yang populer pasti dari Bandung, hehe. Java Jive langsung "meledak" (istilah zadoel banget) lewat lagu rekaman perdananya ini. Lagu yang sederhana, pop banget, soal cinta, usual stuff, tapi punya kesegaran tersendiri karena dibawakan dengan santai tanpa terkesan malas, jadi enak aja didenger, beat-nya itu loh yang bikin enak, terlepas dari saut-sautan Dani Spritt yang in certain ways ganggu.









Dan inilah 10 teratasnya:


10. "Tua-Tua Keladi" - Anggun C. Sasmi (1990)
Mau udah ke Prancis, Kanada, Amerika atau sampai ke ujung dunia pun, lagu signature dari seorang Anggun adalah "Tua-Tua Keladi". Fortunately, Anggun rupanya masih mau meng-embrace lagu yang membuatnya terkenal seantero Nusantara ini (konon masih suka dinyanyiin kalo konser di sini). Toh, memang nothing to be ashamed of dari lagu masa lalu ini (I'm looking at you, Bondan Prakoso!). Lirik yang sesungguhnya mengandung kemarahan terhadap bapak-bapak pedofilia ini disusun dengan satir nan cerdas, komposisi musiknya pun asik sekali. Great song.





9. "Kamu Harus Pulang" - Slank (1994)
Gw baru tau yang namanya Slank dari lagu ini, mungkin kayaknya ini lagu Slank pertama yang mendapat kesempatan beredar luas di media mainstream, kalo nggak salah ya. Gw suka syairnya yang grounded,  realistis, sehari-hari banget, straight-to-the-point tapi nggak grasa-grusu dan tetap memuat sebuah cerita yang jelas, plus musiknya yang memasukkan unsur blues yang asik banget.





8. "KKEB (Karena Kutahu Engkau Begitu)" - Andre Hehanusa (1995)
Sebuah lagu akustik sederhana namun punya notasi-notasi maut yang membalut liriknya, serta diiringi petikan gitar cakep yang effortless. Andre Hehanusa pada pertengahan 90-an memang sedang pada masa keemasan karena sukses menghasilkan karya-karya cakep baik untuk dirinya sendiri maupun artis lain. Namun bagi gw "KKEB" ini lagu dari broer Andre yang paling juara, baik lagunya sendiri maupun vokalnya yang soulful nan manis, dan yang penting tidak pernah termakan waktu.





7. "Telah Terbiasa" - Rita Effendy (1995)
Kalau mau cari lagu love ballad Indonesia yang powerful di berbagai segi, tengoklah lagu ini. Liriknya memang sastrawi sekali (yang ditulis oleh novelis/sineas Sekar Ayu Asmara) namun memang setimpal, begitu nusuk ke dalam sanubari *aiih*. Nada-nadanya punya jangkauan yang flattering untuk vokal luar biasa dari Rita Effendy, aransemennya pun memancarkan nuansa yang melankolis namun nggak menyeret-nyeret. Silahkan siapa yang berani nyanyiin lagu ini sebaik Rita.





6. "Kaulah Segalanya" - Ruth Sahanaya (1991)
Somehow, gw banyak memasukkan lagu-lagu dari Laser Disc karaoke keluarga gw dalam senarai ini, ya wajar aja sih, karena emang jadi sangat membekas, atau justru semacam trauma masa kecil yang sulit hilang, haha. "Kaulah Segalanya", yang diciptakan oleh (lagi-lagi) Tito Soemarsono ini jadi fenomenal selepas memenangkan sebuah festival lagu internasional (ada versi bahasa Inggrisnya). No wonder, aransemennya anggun, nada-nadanya ditata bagus, punya jangkauan rendah-tinggi yang dapat menunjukkan kemampuan vokal si penyanyi, apalagi si penyanyi tersebut adalah Ruth Sahanaya, yang buat gw masih jadi vokalis wanita nomer 1 se-Indonesia. Lagu yang membanggakan dan penting.






5. "Cerita Cinta" - Kahitna (1994)
Ah, udahlah, kalau ini mah nggak usah ditambahin komentar. Good lyrics, catchy melody, wonderful pop-jazz-etchnic fusion. Cukup jelas.






4. "Gerimis" - KLa Project (1996)
Tentu saja, gw harus kudu wajib nggak boleh nggak memasukkan lagu KLa Project dalam senarai ini. Mereka adalah artis Indonesia yang punya kemampuan menulis dan merancang lagu terbaik dari siapapun, saking bagusnya jika didengarkan satu dekade kemudian pun lagu mereka masih terdengar seperti "lagu sekarang". Sulit dan sakit hati rasanya *lebay cyn* ketika gw harus memilih hanya satu di antara berbagai lagu keren KLa dalam senarai ini. Favorit massa dan lagu kebangsaan warga Jogja seandainya merdeka dari Indonesia, "Yogyakarta", sempat terbesit, namun akhirnya pilihan gw jatuh pada lagu dari album KLaKustik, "Gerimis" ini. Gw jatuh cinta sama lagu ini karena aransemennya yang superb, mungkin karena 'live recording'-nya membuat ada energi berbeda, tapi nadanya yang disusun begitu emosional, lirih nan perih, serta liriknya yang amboi cantiknya sudah cukup menempatkan lagu ini sebagai karya KLa favorit gw.





3. "Bebas" - Iwa-K (1994)
The mother of all Indonesian rap songs. Gw suka banget bagaimana Iwa-K dkk bisa meramu musik yang dianggap "Amerika banget" ini dengan ke-Indonesiaan, terutama dari liriknya yang, sebagaimana gw singgung sebelumnya, "berbicara" pada pendengarnya yang orang Indonesia, tidak agresif atau menggurui dengan istilah aneh-aneh, mempersempit jarak antara "musik rap" dengan pendengar musik awam. Gw juga merasa sukses lagu ini semakin kentara karena setiap lagu ini diputar, bahkan sampe sekarang, yang dengar langsung merasakan "bebas" dari semua penat dan bergoyang bareng lagu ini. Ajaib.





2. "Negeri di Awan" - Katon Bagaskara (1993)
Cantik, cantik, cantik. Ya musiknya, ya notasinya, ya liriknya, ya performa dari Katon yang sangat menjiwai, seakan benar-benar terhubung tanpa canggung dengan lirik super-indah lagu ini. This song deserves to be national heritage. Kenapa gak ada yang bikin lagu kayak gini lagi siiiih *frustrasi*.













1. "Kangen (Ku Kan Datang)" - Dewa 19 (1992)
Salah satu lagu terbaik yang pernah dibuat oleh bangsa Indonesia. Seriously. Liriknya punya cerita namun disusun sedemikian rupa sehingga gampang dicerna dan kalau dinyanyikan dapat mengalir begitu saja. Rangkaian nadanya yang ganteng dan menggugah pun berhasil mem-push vokal dahsyat Ari Lasso, sesuatu yang sangat tepat dilakukan pada rilisan perdana dari band pop-rock asal Surabaya yang saat itu umurnya masih 19-an semua ini (mungkin), menunjukkan mereka punya karakter kuat, lagunya menye-menye tapi  berenergi. Tak hanya bagus sebagaimana adanya, lagu ini juga meledak dag dig dug dhuarr bagaikan ledakan instalasi nuklir yang tetap berdampak hingga sekarang, kayaknya hampir semua penduduk Indonesia tahu lagu ini, mungkin juga karena sering dibawain band-band amatir maupun di-cover oleh berbagai artis, yang sayangnya nggak punya impact seperti yang aslinya (terutama yang Chrisye+Sophia Latjuba tuh ngaco abis). Near-perfect lah kalo menurut gw. Entah apa yang terjadi sama yang punya lagu sekarang-sekarang ini *nyindir*. Great, great song.









RECAP: My Top 50 Indonesian Songs of the 1990's

1. "Kangen (Ku Kan Datang)" – Dewa 19
2. "Negeri Di Awan" – Katon Bagaskara
3. "Bebas" – Iwa K
4. "Gerimis" – KLa Project
5. "Cerita Cinta" – Kahitna
6. "Kaulah Segalanya" – Ruth Sahanaya
7. "Telah Terbiasa" – Rita Effendy
8. "KKEB (Karena Kutahu Engkau Begitu)" – Andre Hehanusa
9. "Kamu Harus Pulang" – Slank
10. "Tua Tua Keladi" – Anggun C. Sasmi


11."Kau Yang Terindah" – Java Jive
12. "Pelukis Malam" – Nugie
13. "Rinduku Adinda" – Protonema
14. "Pergilah Kasih" – Chrisye
15. "Kau Dimana" – Atiek CB
16. "Bunga Terakhir" – Romeo
17. "Tentang Aku" – Jingga
18. "Hasrat Cinta" – Yana Julio
19. "Kau" – Glenn Fredly
20. "Yang T'lah Berlalu (Nirwana)" – Gigi
21. "Saat-Saat Bersamamu" – KIN
22. "Pertama" – Reza
23. "Kita" – Sheila On 7
24. "Bintang Bintang" – Titi DJ
25. "Ingat-Ingat Pesan Mama" – Oppie Andaresta


26. "Terpesona" – Funk Section
27. "Aku Cinta Kau dan Dia" – Ahmad Band
28. "Antara Kita" – Rida Sita Dewi
29. "Satu Kata" – Adegan
30. "Selalu Untuk Selamanya" – Fatur
31. "Khayalanku" – Halmahera
32. "Hanya Dirimu" – Bayou
33. "Pesawatku" – Memes
34. "Tididit" – Sweet Martabak
35. "Mobil Balap" – Naif
36. "Bintang" – Air
37. "Takkan Hilang" – Shakila
38. "Untukmu" – Tito Soemarsono
39. "Putri" – Jamrud
40. "Katakan Saja" – Harvey Malaihollo
41. "Seharusnya" – Ada Band
42. "Bermimpi" – Base Jam
43. "Kujelang Hari" – Denada
44. "Aku Suka Kamu" – Trio Libels
45. "Takkan Habis Cintaku" – Lingua
46. "Borju" – Neo
47. "Bagaikan Langit" – Potret
48. "Santai" – Sania
49. "Terserah" – Krisdayanti
50. "Cintaku Padamu" – Ita Purnamasari



Demikianlah 50 lagu Indonesia 1990-an terfavorit gw. Lumayan kan? =D. Jangan segan dong untuk kasih tahu lagu Indonesia 90-an apa yang Anda sukai di kotak komentar di bawah. Terima kasih telah menyimak.

Simak juga 25 lagu Indonesia 2000-an terfavorit gw.

Komentar

  1. Hahaha 2 post ini bener2 bikin nostalgia ya *berasa tua* nunjukkin kalo dekade 90an musik indonesia lagi naik bgt.. untung punya org tua yg hobi denger musik juga, jadi udah familiar walaupun masih kecil dulu hehe saya sampe bookmark lho page nya :D

    BalasHapus
  2. @Fariz: hahaha, thank you ya.
    Nggak papa berasa tua kalo demi kualitas =DD

    BalasHapus
  3. Aaah dari dulu lagu "Negeri di Awan" selalu mantap!

    BalasHapus
  4. 2 minggu yang lalu guweh karaoke nyanyi Telah Terbiasa. Pergilah Kasih guweh pake buat ikutan Indonesian Idol yang pertama hehehe...
    Juaranya adalaaaaah.....Untukmu dari Tito Sumarsono! Ni lagu selain pas banget ma karakter suara guweh, juga jadi lagu cinta guweh waktu ahbehgeh :D

    BalasHapus
  5. @Rasyidharry: betulll skali!!!

    @suby ca'em suka maem apem: wah banyak juga lagu berkesan buat mas suby, semoga senarai ini bisa bermanfaat dan membangkitkan nostalgia.
    "di antara kita t'lah terjalin sudah benang-benaaaang asmara..." =D

    BalasHapus
  6. Di sini kesan nostalgianya terasa banget =). Sayangnya lagu-lagu lama (lokal) banyak yang tidak diproduksi lagi, padahal bagus-bagus. Satu-satunya jalan, selain nyari di lapak kaset bekas, ya mengunduh di internet. 50 lagu pilihan Mas Reino hampir semuanya ada di ponsel, dan masih aku dengar sampai sekarang (terutama Tito Sumarsono - Untukmu.) Tahun segitu aku juga suka dengar lagu-lagu rock Malaysia #tutupmuka =D.

    Ngomong-ngomong, Stinky tidak masuk ya? Mungkinkah, Janji Suci, JTD, dulu setiap jeda iklan selalu diputar di TV =P.

    BalasHapus
  7. @rafael: kalau stinky masih ada di luar 50 besar, mungkin kalau saya bikin 100 bakalan ada "Mungkinkah" =)

    BalasHapus
  8. Bagus listnya, walau beberapa gak pernah didengerin :)
    seandainya ada Nadila..xixixi

    BalasHapus
  9. @share4ever: terima kasih ya, coba deh didengerin, hehe

    BalasHapus
  10. makasih mas atas referensinya,dah lama nyari2 lagu ini,sebagian besar tau lagunya tapi g tau yg nyanyi sapa,maklum dulu taon 90an masih SD :D

    BalasHapus
  11. @Anonim: terima kasih kembali. saya juga 90-an masih SD *inibeneran* =)

    BalasHapus
  12. Mantab mas lagu-lagunya, mengingatkan masa2 SMA-kuliah dulu.....

    BalasHapus
  13. Thanks bro atas list lagunya ngebantu banget u di karoke...hehehe Sambil ingat2 era masih nguli di grogol mentok..:D

    BalasHapus
  14. mksh list-nya....jd inget lagi masa2 90an...sekedar nambahin aja aq suka jg sm Singiku (Kebebasan),Nadila (Salahkan aku), Potret (Salah) Bening (Ada Cinta), Andre H. (Bidadari), Wong (Tak Ingin),Stinky (Mungkinkah), Gerimis Mengundang masuk ga ya...:D (dulu ga suka lagu ini tp hafal bgt,sm yg satunya lagi lagunya Exist yg liriknya "manis di bibir...mengurai kata...malah kau sebut akulah sgl penyebabnyaaaa...." :D :D :D )....

    BalasHapus
    Balasan
    1. 90s Indonesian music is the best lah ya.
      Yang malesia jgn diseret-seret lah *ceritanya sensi* hehe. setidaknya dulu kita masih bisa terima musik2 tetangga, gak kayak sekarang.
      thanks for sharing ya =)

      Hapus
  15. Jempol buat mas reino, ternyata banyak juga yg ingat lagu thn 90an ,iya mas lagunya arwana enak bgt tapi lupa judulnya hehehehe tambah Kirey n Alda juga ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih. seperti saya singgung di artikel, mungkin karena dulu "fasilitas" hiburan musik hanya lewat TV yg kanalnya terbatas dan radio (internet belum terlalu luas apalagi mp3-mp3 bajakan), pun artis2 dan lagunya tidak semelimpah ruah sekarang, jadi lebih mudah diingat. hidup 90an!! =D

      Hapus
  16. wah keren nee...jadi berasa muda wakakakkaka

    BalasHapus
  17. Finally, gw menemukan blog yang sesuai dg passion gw (ceilaaah).. Langsung flashback ke masa2 SMA dan kuliah. Usul: Modulus Band (nada dan asmara, saat2 bahagia (feat Asti Asmodiwati) kayaknya layak untuk dipertimbangkan. Termasuk Eramono dan Putut Mahendra (Saat Denganmu). Empat jempol buat ini blog (dua jempol minjem dari temen gue yg sealiran) :-D..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah terima kasih sekali jempol2nya *terbangmelayang*.
      Semoga bermanfaat, dan thanks juga buat sharing rekomendasi lagu2nya =))

      Hapus
  18. haha..wah iseng2 google nemu blog ini..salam anak 90an.. :D

    nih beberapa lagu 90an kesukaan gw jg :
    Arwana - Kunanti
    Bunga - Kasih Jangan Kau Pergi
    + lagu2 Kahitna & Stinky

    *anjir gw jd ikutan mikir knp jaman skrg lagunya malah gak seenak jaman dulu ya*

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam juga =)
      thanks udah mampir dan berbagi.
      mikirnya jangan sampe stress ya =D, lagu sekarang ada kok yg enak cuma emang jarang tampil di ranah mainstream, musti diubek-ubek dulu =)

      Hapus
  19. wah mantap bner ni blog..
    tp ngomong2 lagu2 nya Nike ardilla(Almh) kok gak ada yang masuk??
    pdahal dlu kan sllu jadi hits tu lagu2 nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang jadi hits belum tentu saya sukai, dan kalaupun saya sukai belum tentu masuk 50 besar senarai ini, ini cuma versi saya pribadi kok, bukan hasil survey, bukan pula berdasarkan penilaian yang semua orang harus setujui, jadi memang sangat subjektif.
      silakan share lagu2 90-an favorit Anda di sini supaya kita semua bisa saling berbagi. Thank you =)

      Hapus
  20. andy liany kok g masuk ya?..
    bunga jg g masuk daftar nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, malah belum pernah dengar tuh Andy Liany...

      kembali lagi, senarai ini hanyalah favorit saya, jadi kalau ada lagu pilihan Anda yang tidak masuk, mungkin karena saya tidak tahu atau ya bukan favorit. Santai saja.
      Coba sebutkan lagu2 90-an favorit versi Anda biar referensi saya dan setiap pembaca blog ini bisa lebih luas. Terima kasih =)

      Hapus
  21. keren.....
    thanks a lot udh bkin song list keren kya' gini ;)
    nostalgia jaman kecil..
    paling keren lagu nmr 23 tuh,,band favorit q sepanjang masa :)

    BalasHapus
  22. Muantap e,,, sbnarnya bukan generasi 90-an,, tapi selera lebih kena ke sono,,, thanks atas listnya,, langsung search and donlot....

    BalasHapus
  23. bung~ kau melupakan Iwan Fals... musisi Indo legendaris yang banyak menciptakan lagu dengan lirik penuh pesan moral~

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan lupa, tapi karena lagu2 beliau tidak termasuk yang saya suka nikmati, jadi tidak masuk ke daftar saya ini.
      Ayo di-share dong lagu Iwan Wals 90-an yang jadi favorit Anda biar bisa dilihat teman-teman lainnya.
      Terima kasih masukannya =)

      Hapus
  24. Makasih untuk Nostalgianya Reino.. sebagai kado aku kasih juga satu lagu yang rasanya pas menandingi list di atas..

    Elfa Singer - Ratu Sejagad

    rasakan Suara Ferina, Rita Effendy, dalam lagu remake Vonny S. yg di rubah jadi super ngejazz ini, unduh.. dan enak di dengar dikala hujan basah di luar jendela..

    http://www.sendspace.com/file/qbwh32



    BalasHapus
  25. ada yg ketinggalan mas bro...masukan aja,netral-wa-lah(punk rock pertama yg mengindonesia) plastik-seperti (indonesian grunge),the fly berlalu,

    BalasHapus
  26. mas bro ini blog keren!!!

    o iyaa ada yg tahu gak nama band yg pake nama warna " cherrybomb cell " klo gak salah...
    nah saya lagi cari lagunya nih..
    ada yg bisa bantu???

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih, terima kasih *seneng*

      saya inget dulu ada band namanya Cherry Bombshell dengan lagu "Langkah Peri" yang video musiknya di kuburan Belanda =)

      Hapus
  27. Kereen..gw bisa gak ngerekap lagu2 kegemaran thn sembilan puluhan itu.

    coba ah, dr kemarin pengen banget posting dg tema ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terima kasih.

      Kalau sudah rekap boleh share di sini ya =)

      Hapus
  28. Wahh ada yg bahas langkah peri nya cherrybombshell...

    Mau ikut nambahin yaa

    1. Nira Diana - dawai gitar berlagu
    2. Lingua - bila ku ingat
    3. K3S - oh ya
    4. Shakila - lukisan pagi

    thanks bro untuk 50 lagu nya, bikin kangen dan inget lagu2 dulu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, terima kasih juga buat rekomendasi lagunya, keren-keren =)

      Hapus
    2. K3S mah tahun 80an, tepatnya sekitar 86 . bukan 90an..

      Hapus
  29. Jadi inget lagunya Sinikini "Dan senyumlaaahhh seperti mentaaariii... Tiada satupun yang abadi... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya malah nggak inget *langsung ke youtube*

      Hapus
    2. @ajeng : makasih lo...lagunya sinikini "dan senyumlah" ini yg aku cari2 (sumpah..da hmpr 5 thn aku cari)....

      Hapus
  30. sayang lagu Genit (Tipex) gak masuk, kan itu pendonrak genre Ska di Indonesia, untuk Slank harusnya yang masuk Terlalu Manis, itu single pertamanya yg meledak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tipe X bukan favorit pribadi jadi tidak saya masukkan, sedangkan untuk Slank, saya pribadi lebih suka Kamu Harus Pulang ketimbang Terlalu Manis, karena ada unsur blues-nya.

      tidak ada harus-harus-an, semua bisa share pilihannya di sini secara bebas =).

      Terima kasih.

      Hapus
  31. nira diana - cuma sayang kok ngga ada? base jam - bukan pujangga juga ngga ngebosenin didenger sampai sekarang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanx ya sharingnya. Kalo Base Jam udah saya pilih yg "Bermimpi" =)

      Hapus
  32. Hampir aja gw protes karena dari urutan 50 sampe nomer 2 gak ada lagu dewa 19 (salah satu band favorit gw). Eh.. ternyata malah nomer 1. Bagus deh, gak jadi protes, hehehe..

    BalasHapus
  33. Balasan
    1. belum, masih Dewa 19 *nggak nyambung*, hehe. 90an emang masa paling ranum dari Dhani dan Dewa 19

      Hapus
  34. gan ada yg tw lagu jman 1997 yang reff nya "buatkan-buatkan tera lonceng istanaku"???

    BalasHapus
  35. @Zulfahmi: Lirik yang bener: "Buatkan-buatkan, teh ramuan tanganmu..dst"....judulnya "Pembuat Teh", yang nyanyi Nugie.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya juga ngebayanginnya malah lagu Nugie itu =).
      Semoga membantu.

      Hapus
  36. Iyaaa ih ini blog kereen bgtt!
    Makasii mas Reino.. Bnr2 kaya pengamat musik pro laah
    Kl mau karaoke, wajib nih liat blog ini bgt
    G cuman list, dikasi lagunya jg pula dr youtube jd bs lgsg nostalgiaa
    You just did a great job hey expert! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih responnya, saya memang pengamat musik pro-perdamaian =P.
      Thank you so much for stopping by.

      Hapus
  37. Mantap banget,,,
    Nggak nyesel baca ampe tengah malem gini sekalian inget-inget sambil nyari lagu yang belom lengkap,,,
    Mau nambahin aja Kla Project yang Terpuruk Ku Disini,,,
    TOP,,,TOP,,,TOP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih responnya *terharu*
      Karena bikin ketentuan satu artis satu lagu, jadinya lagu KLa yang masuk yg "Gerimis". Kalo nggak gitu, "Terpuruk ku di sini", "Yogyakarta", bahkan "Sudi Turun ke Bumi" juga bisa masuk, isinya KLa semua dong =D

      Hapus
  38. sipp...
    90an memang era-nya musik berkualitas dari sisi penyanyi maupun pencipta & arransemen musiknya. gak bekal tampang yang pas2an tapi dipaksakan...
    musik rock ndak dipaparkan bang?
    kalau saya prefer sama:
    edane
    power metal
    grass rock
    power slaves
    slank (formasi awal..)
    dll..

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya sharing ya
      saya paparkan di sini yang kebanyakan nyangkut di ingatan saya, dan kebanyakan waktu itu sering dengerin yang pop, jadi yah beginilah. Gapapa kan? *hehe* =)

      Hapus
  39. Kerennnn.... bener-bener bikin nostalgia,

    Terima kasih mas reino ezra... salam kenal

    BalasHapus
  40. hits protonema yg lebih bernuansa kental 90an menurutku 'kiranya'...aransemen dan musikalitas dan skill setiap pemain kerasa banget di lagu ini...dan juga lirik nya jg bagus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. o ya, saya juga suka yang itu. cuman masih lebih condong ke "Rinduku Adinda" karena lebih "teriak" kali ya, hehe.

      thanks sharing-nya =)

      Hapus
  41. No objection at all. All the bitter sweet memories just came to our mind when listening to good old musics esp those in the 90's.. Mind-boggling!
    Kangen by Dewa 19 is also on my top list. Perfect. Thanks udah sharing! :)

    BalasHapus
  42. dah lebih dari 20 tahun semenjak dirilis belum ada lagu seperti kangen....setiap diputar memori kita sibuk menyesuaikan sesuai kejadian saat itu.... emotional love song....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ^ satu lagi alasan kenapa "Kangen"-nya Dewa 19 layak jadi no.1 =)

      Hapus
  43. I like this blog, a lot... I love music, I live with music.. Era 90-an apalagi, era music the biggest eveeeerrr.. thank you ya

    BalasHapus
  44. keren mas bro..meski lagu" yg gw suka ga banyak yg masuk,tp jd keingat jaman bandel"nya sma..empat jempol mas bro...

    BalasHapus
  45. sekedar tambahan : anya slebos - badai emosi : tahun 1990/91..hehehe jaman gw SMA..tks

    BalasHapus
  46. Ikutan sharing lagu2 yg menurut aku layak didenger lagi :
    Padi, sobat
    Katon & ruth s, usah kau lara Sendiri
    Cindy claudia H, aku sayang kamu
    Bunga, kasih jgn kau pergi,
    Power metal, timur tragedi
    Power slave, cinderella, malam ini
    Tato, satu senyum saja
    Dian pramana putra, demi cintaku, kau seputih melati
    Indra L & sophia, hanya untukmu
    Five minutes, selamat tinggal, salam terakhir
    Itang yunas, selamat malam

    Dan jangan lupa om broery, yg plg aku suka rindu yg terlarang duet dgn dewi yull

    BalasHapus
  47. (I'm looking at you, Bondan Prakoso!)#sambil membayangkan.
    hahahahhahaaaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum bisa respek sama Bondan sampai dia mau me-remix Si Lumba-Lumba saat dia dewasa kini, hehe

      Hapus
  48. Good Review Ma Bro, Langsung deh saya googling buat koleksi. Musik yang sekrang sepertinya tidak seperti mereka yang 50 itu ya hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Yah namanya zaman pasti berubah ya. tapi semoga di masa berjalan ini musik Indonesia menghasilkan lebih banyak karya yang memorable.

      Hapus
  49. Hahaha... gila...sy ingat sekali lagu2 indo dekade 80 90...secara sy anak paling bontot dikeluarga dan semua kakak2 sy penikmat musik baik radio maupun kaset (jaman itu CD masih mahal..hehehe) sehingga saya masih bisa mengingat lagu2 di era itu
    Saya sendiri punya daftar lagu2 favorit. Sampai sekarang saya masih terus hunting MP3 nya... terus terang, kenikmatan nya beda dengan dengerin lagu 2000an
    dan jangan lupa, era itu juga merupakan jamannya dangdut lho...wkwkwkwk... ada gak yang ngerilis list dangdut hits dekade 80 dan 90? pasti seru....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sharingnya =)

      Kalo soal dangdut saya sendiri kurang banyak referensi, paling ingetnya RT5RW3, Mabuk & Judi, Rambut... =D

      Hapus
    2. Iyyaaaa, jaman 90an adalah jaman dimana aq ga malu joged2 pake musik dangdut aduhayyy d bis Damri... DAMRI looo DAMRIIIIIIII *nyungsep* :D :D :D secara dangdut jamn dulu jga msih jual musik & lirik ga kya skrang jual tampang & maaf nih badan *tutup kuping*

      Hapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  51. wah..,, lmayan jg blek ke nostalgia,,

    :)

    send blek y ke blogku
    http://tophits90.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat menikmati.
      Segera saya kunjungi blognya =)

      Hapus
  52. bagus banget pilihan laginya..menunjukkan kepiawaian anda dalam dokumentasi dan pemahaman musik melalui komentar yang cerdas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah ah, aku tersipu malu jadinya. Terima kasih ya, semoga berkenan =)

      Hapus
  53. suka banget posting ini.. hahaha keren..

    BalasHapus
  54. keren banget mas broo....lagu-lagu sepanjang masa...mau ane turunin ke anak cucu biar pada ngerti musik bagus....terima kasih mas broooooo

    BalasHapus
  55. keren banget mas broo....lagu-lagu sepanjang masa...mau ane turunin ke anak cucu biar pada ngerti musik bagus....terima kasih mas broooooo

    BalasHapus
  56. Terpaksa harus komen sesuai dgn peringkat 1 d daftar ini: aq KANGEN taon 90an!!!! Huwaaaaaa.............................. *cakar2 tembok*

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kangen bisa langsung diputar kaset-kaset kenangannya *ya ampun masih kaset, hehe*

      Hapus
  57. Kangen by Dewa emang keren tu gan..
    Cinta kan membawa kembali juga kereen.
    Dulu emang karya Ahmad Dhani ane pada suka semua. Tapi yang sekarang udah pada gak jelas lagi..!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, semoga beliau bisa berkarya sebagus dulu ya ke depannya *doakan saja*

      Hapus
  58. Jogjakarta kok nggak masuk gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. emmm...dijawab nggak ya....=P
      saya singgung kok di urutan 4, hehe

      Hapus
    2. Ada lagi gan " Januari di Kota Dili" yg nyanyi lupa ...booming waktu itu waktu msh gabung NKRI

      Hapus
  59. gue kadang kasian ama remaja sekarang....masa muda mereka diiringi lagu2 yg kebanyakan jauh dari kata berkualitas...gue bersyukur bisa menikmati masa muda di era 90' an...by the way thanks a lot bro...

    BalasHapus
  60. ah,..si agan jadi inget masa muda dulu,
    inget lagu ini jadi inget sekolah,inget sekolah jadi inget temen,pacar,band,gila gilaan semua pokoknya,
    thanx for sharing.
    ane bookmark ya gan.
    kapan kapan maen kesini lagi....

    BalasHapus
  61. Berasa tua ane, hahaaaa....
    but thx gan

    BalasHapus
  62. Ada yang lewat tuh, lagunya judulnya Hanya Engkaulah Satu, sayangnya gue gak ta'u siapa yang nyanyiin. Dan kebetulan ada linknya: http://www.youtube.com/watch?v=SOu75P_lhl4

    BalasHapus
  63. senyam-senyum sendiri inget kenangannya..... nice work bro.

    BalasHapus
  64. semua lagunya hampir ada di HP nya walaupun saya bukan generasi 90an

    nanti kunjungi blog saya dan sekarang saya lagi bikin (belum selesai) posting 100 lagu terbaik indonesia 90an menurut saya

    nah saya beri hadiah satu lagu terbaik menurut saya: Chrisye - Ketika Tangan & Kaki Berkata

    BalasHapus
  65. Thank You 2x untuk artikel ini. Great Job !!
    BTW "singiku" kok ga masuk nih. Padahal lumayan populer loh :D

    BalasHapus
  66. Baru nemu blog ini dan wooow amaziing
    Bisa bikin saya balik ke jaman 90an dulu (walo tahun 90an saya masih SD juga)
    Seneng sama lagu2 jaman dulu, banyak kata2nya, nggak norak, nggak alay, dan mudah dimengerti
    Nica blog :)

    BalasHapus
  67. Rrruarr biaassaa....
    Makasih buat blognya...
    Bikin spirit 90's nya kembali membuncah...

    BalasHapus
  68. Keren Mas, terima kasih untuk list-nya...
    Btw saya kehilangan Fariz RM (Barcelona), Padi (Sobat, jaman indie), Cokelat (is it 90s or 2000s? cmiiw), RIF (Radja), dan Shanty (jatuh cinta)..
    But your list is awesome, thanks!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seinget saya Cokelat masuk 90'an karena pertama Muncul bareng Padi, Wong, Caffeine di Album Kompilasi INDIE TEN di label Sony Music Indonesia. Yang saat itu menjagokan lagu WONG - TAK INGIN dan PADI - SOBAT.

      Hapus
  69. Gw ga bosen dengerin lagu Power Slave - Impian, Dewa 19 - Cintakan Membawamu Kembali, Slank - Tepi Campuhan, Gigi - Kuingin

    BalasHapus
  70. RC Formation, Fifty-fifty, Shifter, drPM, Garux, Ada band (formasi Baim) , Bragi, Hengki Supit , Sahara, Protonema Dll

    BalasHapus
  71. Kewren mas brow blognya.....
    serasa aku kembali ke masa 90an saat mendengar lagu-lagu di blog ini.... thanks your list

    BalasHapus
  72. Yogyakarta kla gak masuk, base jam, fatur, danny malik, ME,

    BalasHapus
  73. Liat video nya itu lho..... berkhayal pada masa sekolah yg indah dulu.. good blog

    BalasHapus
  74. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas, saya juga senang kok banyak yang bagi pendapat di sini, hehe

      Hapus
  75. Salam buat angkatan 92, SMAXVI Surabaya, buat angkatan 93 FISIP HI UNEJ

    BalasHapus
  76. ahhh.. (baca: puas dengar semua lagunya)
    terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  77. Gue paling jijik bgt tu lagu aurel surga cinta klo g salah,liriknya najis bgt alai,trlalu tnggi untuk bocah ingusan bgtu,kbnyakan anak2dbwah umur 20 udh nyanyi cinta cintaan,kek koboi junior bastian cacing kermi tuh,ah untung W anak lahiran 80an jdi alhmdulillah lah smpek saat ini msih trngiang2ditelinga

    BalasHapus
  78. Nemu blogg ini, berasa kembali ke jaman 90an.. nice review, thankss

    BalasHapus
  79. Saya dulu dan sampe sekarang demennya lagunya Indy Band yg judulnya Selamat Pagi Siang dan Malam. Bertahun-tahun saya ngubek2 cari video klip aslinya, tapi smp skrg blm ketemu juga :'(

    BalasHapus
  80. Gw ga bosen dengerin lagu Power Slave - Impian, Dewa 19 - Cintakan Membawamu Kembali, Slank - Tepi Campuhan, Gigi - Kuingin

    BalasHapus
  81. Kerrreeennn Gan....kualitasnya juga mantabss...

    BalasHapus
  82. Ni mas Reino nya mana yak kok gak bales komen lagi..apakah dia baik2 saja?..#justcurious

    BalasHapus
  83. Mas Reino Reza, Kenal lagu ini gak? muncul pas mau lebaran/puasa tahun 90an yang liriknya kira-kira begini:
    "Bukankah Alloh telah turunkan, ayat-ayat suci kitab Al Quran..."
    "Firman dan Hadis adalah tuntunan, membawa kitaaa.. ke Jalan Ridhonya"

    Kalo kenal dan ada link youtubenya boleh tuh Mas, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf, Mas Reino Ezra Maksudnya, typo hehe

      Hapus
  84. Keren2 mas..jd referensi gw buat download2 lagu di blog ini.

    lagunya voodoo-salam untuk dia barangkali bisa ada di list mas :p, ga tau gw suka sama lagu ini walau temen2 gw seumuran pada kurang suka.

    BalasHapus
  85. Sedikit kecewa karena nggak ada "PADI" di listnya :(

    40% saya setuju dengan isi playlistnya

    BalasHapus
  86. Good news nih...
    Ky nemu kaset pita diantara tumpukan CD&flash disk :D
    Lagu sekarang juga enak koq,enak lagi klo didiemin kgg usah didenger :p
    90's = good era,good moment,good idea

    BalasHapus
  87. Lagi googling 'Lagu Indonesia Tahun 90-an' dan nemu link ini.
    Rinduku Adinda - Protonema adalah lagu terindah dan terbaik bagi saya. Setiap denger intro-nya langsung seperti masuk time machine..melayang ke tahun 1997. Banyak kenangan pas jaman awal2 masuk SMA di Jogja... Akan cinta lagu ini selamanya.

    BalasHapus
  88. Iklan TV tahun 90an aja masih enak dilihat dan didengar
    I Love The Blue Of Indonesia

    BalasHapus
  89. lg nyari2 lagu negeri di awan trus nemu blog ini. pas liat listnya... buseet daaaah. klo kata anak2 sekarang, ini list mantap jiwa!!! ahahaha

    BalasHapus
  90. bangke lu gan, air mata gua jatuh bersama kenangan-kenangan lagu-lagu diatas, kangen almarhum doi :(

    makasih gan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih, semoga yg timbul adalah kenangan-kenangan baik ya =]

      Hapus
  91. mantaabbbb komandan , just like old time,

    BalasHapus
  92. NO 2: huaaaaaaaaaaaaaaaaaah............. terima kasih udah mengeluarkan uneg-uneg saya. Still waiting for something better in Indonesian Music. Kira-kira ada lagi gak ya? kalo pun tidak sama, paling gak ya mendekatilah.... syukur-syukur lebih baik....hiks hiks...

    BalasHapus
  93. Inilah adalah List Wajib putar di Radio gue, pas jaman-jaman baru jadi Music Director hehehehehe..... Sampe Program Director gue bilang, kasih kesempatan lagu laen napa? Hahahahahaha....... karena terlalu idealisnya saat itu. Namanya juga masih muda, hanya lagu bagus yang masuk list..... thanks Gan....

    BalasHapus
  94. Gaaan.. gua nemuin list ini yg sesuatu bingits.. pas bgt jaman2 lg merdeka and free hahaha... Thanks a lot..

    BalasHapus
  95. Thanks bro. Keren banget nih list nya.

    BalasHapus
  96. Mahadewi selalu yg terbaik untuk saya :D

    BalasHapus
  97. Saya mau tanya bang.. Lagu 80-90an saya gak tahu nama penyanyi (wanita) maupun judulnya. Hanya tahu liriknya saja. Tolong bantu saya carikan judul lagunya dan nama penyanyi (sukur2 link-nya)

    Siapa siapa dia..
    Gadis yang kau cumbu..
    Kalau adikmu..Kalau kakakmu..
    Tak mungkin..

    Kata katakanlah..
    Yang berterus terang..
    Aku tak mau..
    Engkau menyimpan bunga lain..

    Untuk apa kau ucapkan..
    Sajak indah tentang cinta..
    Bila hatimu tak pernah jujur padaku..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambahan lirik..
      Bagian lagu yg liriknya seperti percakapan penyanyi wanita dan laki-laki:

      L : Dia..dia..adikku..
      W : Kalau adik mengapa kau cumbu mesra..
      L : Siapa siapa yang bilang..
      W : Mataku ini melihatmu sendiri...
      Aku tak mau..
      Aku tak sudi...
      Bila satu hati..dua cinta..

      Hapus

Posting Komentar