Sabtu, 17 April 2010

My Top 25 J-Pop Songs of the 2000's (Part II~final)

Baiklah, saatnya kita melanjutkan senarai 25 lagu Jepang atau akrab disebut J-Pop terbaik di dekade 2000-an versi gw, dan kita sampai pada 10 teratas, horee. Sedikit keterangan, sebenarnya gw menyukai 25 lagu di daftar ini sama rata, sama2 bagus. Gw membuat pemeringkatan karena beberapa alasan personal, selain karena biar lucu aja (=_=;), juga berdasarkan seberapa nggak bosannya gw memutar ulang lagu2 ini atau kenangan yg terasosiasi di benak gw ketika mendengarnya, penilaian yg sangat abstrak, bukan? Kali ini gw menyertakan alasan mengapa gw memasukkan setiap lagu dalam daftar terbaik, terbaik se-dekade pula. Gw sih berharap gw tidak menyesal menyusun daftar ini, karena gw sudah yakin bahwa lagu2 yg terpilih adalah lagu2 yg memang bagus. Gw pun sangat merekomendasikannya baik penggemar J-Pop maupun yg simply pecinta musik. Kalau Anda belum yakin, sok atuh dicek previewnya, baru protes hehehe. Nggak mau denger karena nggak ngerti bahasanya? Lha, loe pikir gw ngarti mereka ngomong apaan...:P


Mari kita mulai 10 teratas lagu2 J-Pop terbaik 2000-2009 versi saya...


10. SAKURAドロップス Sakura Drops (宇多田ヒカル Utada Hikaru; 2002)

Bukan hit yg paling populer dari artis Jepang paling populer termasuk di Indonesia ini, tetapi "Sakura Drops" bagi gw adalah lagu terkeren darinya.
Ketika gw udah muak dengan "First Love" yg overplayed dan sering dinyanyikan di tempat yg salah (ingat: "First Love" BUKAN lagu untuk pernikahan), Utada mempersembahkan sebuah lagu yg segar dan unik, misterius namun sekaligus bikin adem. Bunyi2annya ekperimental, antara techno, R&B dan melodi ke-Jepang-an, tapi untungnya tidak jatuh jadi terlalu aneh--meski seperti itulah lagu2 Utada setelah rilisan ini =_=;. It's a killer tune, and presented in truly fantastic music video.





9. 花 Hana (ORANGE RANGE; 2004)

Penggemar anime pasti tau ORANGE RANGE dari lagu "Viva*Rock" di Naruto atau "*~Asterisk~" di Bleach. Di Jepang sana, sepertinya "Hana" yg paling dikenal dari band ini, terbukti dengan penjualan single yg laku keras.
Di saat yg sama, euforia baru belajar bahasa Jepang melanda gw dan sebagian teman2 seangkatan gw pas kuliah semester2 awal, maka lagu ini pun jadi salah satu yg paling sering disenandungkan, karena emang catchy sekali melodinya. Terlepas dari kelemahan vokalnya (aduh, harap maklum, mereka orang Jepang :p), "Hana" adalah sebuah lagu manis, agak gombal, tapi tidak cengeng. Gabungan pop ballad dan rap yg asik jadi ramuan yg enak didengar bahkan hingga sekarang. Btw, ini lagu tema dari film Ima Ai ni Yukimasu a.k.a. Be With You. 'Say yeeah...yeaah...'





08. センチメンタル Sentimental (平井堅 Ken Hirai; 2004)

Lagunya seperti judulnya. Hanya dengan piano dan string section, melodi serta lirik yg nusuk, "Sentimental" adalah lagu Ken Hirai yg paling gw suka.
Nadanya baguuus pisan, dibalut dengan vokal dan aransemen yg dramatis serta berhasil menghantarkan isi liriknya: cinta yg menggebu tapi belum kesampaian, masih ngarep aja, hehe. Beautiful, beautiful song.
-sebenernya lagu ini ada video musiknya, tapi gw gak nemu di YouTube, jadi pake yg ini aja yah.





7. ひとり Hitori (ゴスペラーズ The Gospellers; 2000)

Lagu a cappela ini sempet gw tau lewat acara musik (mirip Delta di RCTI) di Metro TV duluu banget, dan baru gw embrace lagi pas masa kuliah. Lagi2, mirip2 sama lagu "Kon'ya Tsuki no Mieru Oka ni"-nya B'z (no.11) dan "Hana"-nya ORANGE RANGE (no.9), "Hitori" cukup populer di antara teman2 seperjuangan kuliah gw.
Tinggal pancing dengan lirik awalnya "aishiteru.." langsung disambut dengan background vokal "Uuuuu..." ^O^. Anyway, selain kenangan itu, lagu ini memang diarrange dengan ciamik sehingga, setidaknya bagi gw, bakal terngiang-ngiang terus. Keren.
-Saking lamanya lagu ini, gw nggak nemu video musiknya di YouTube, jadi silahkan nikmati audionya saja yah.






6. 鱗(うろこ) Uroko (秦 基博 Hata Motohiro; 2007)

"Uroko" adalah lagu yang sangat pas memfasilitasi kemampuan vokal Hata Motohiro, yg buat gw adalah salah satu penyanyi Jepang dengan suara paling bagus.
Walau sepertinya bukan lagu komersil yg bakal langsung diingat sekali dengar karena melodinya nggak sederhana, tapi lagu ini berhasil meninggalkan kesan yg mendalam buat gw. Aransemennya cantik dan menggugah (arrangernya Seiji Kameda, bassisnya Tokyo Incidents) meramu gitar akustik, gitar elektrik, bass dan string section menjadi sajian yg powerful, nggak menye2. And I have performed this song on stage, twice ^o^ v.
-"Uroko" artinya "sisik ikan". Apa artinya? tauk ah =.='






5. 奏(かなで) Kanade (スキマスイッチ Sukima Switch; 2004)

Lagu ini rilis tahun 2004 namun gw baru tahu sekitar tahun 2008-an, dan langsung menyukainya.
Musiknya terdengar sederhana, tapi melodinya sangat menyentuh. Dalam nuansa nge-jazz sedikit, "Kanade" sukses menyampaikan feel perpisahan yg menyakitkan namun tetap berusaha optimis, lalu dramatis ketika memasuki bagian bridge. Sedih tapi nggak juga. Bagus lah pokoknya. Jangan ke-distract sama rambut kribo pianisnya ^.^





4. 愛してる Aishiteru (風味堂 FUMIDO; 2006)

Jika ada lagu yg simpel tapi captivating hingga terus terkenang, "Aishiteru" nya Fumido adalah salah satu contohnya. Awalnya lembut, tapi perlahan excitement dari lagu ini terasa juga dan masih dalam tatanan yg cantik, easy-listening dan sangat sangat enak didengar.
Liriknya cukup sedih dan sederhana, dibalut dengan melodi dan format aransemen yg tidak umum--piano jazznya asik--namun tetap nyaman di kuping, tidak ada kesan nyeret atau mewek.





3. 愛をこめて花束を Ai wo Komete Hanataba wo (Superfly; 2008)

Gw bener2 jatuh hati pada pandangan..err..pendengaran pertama sama lagu ini. Tadinya cuman penasaran ngecek YouTube, eh ternyata keren, banget! Langsunglah gw cari donlotan (cutau ya :p), dan gw puter sebanyak ada mungkin belasan kali berturut-turut.
"Ai wo Komete Hanataba wo" sangat catchy melodinya, dan nggak cuman itu, bagian bridgenya bener2 keren dan enerjik, dan diakhiri dengan pekikan suara Shiho Ochi yg membuat gw berpikir ulang tentang anggapan gw bahwa orang Jepang pada nggak bisa nyanyi. Dibungkus dengan sedikit rock n roll yg jadi basis musik Superfly, menyatu dengan string section yg dinamis nan megah, lagu pop rock ballad ini masih betah banget di playlist gw setidaknya seminggu sekali. Eh, liriknya juga unik, soal ngasih bunga ke pacar, tapi kan yg nyanyi perempuan ^o^ v.





2. 深い森 Fukai Mori (Do As Infinity; 2001)

Okeh, "Fukai Mori" memang adalah salah satu lagu paling terkenal di kalangan penggemar J-Pop.
Tapi sungguh, gw menempatkan lagu ini di sini karena alasan yg sangat personal. Gw jadi bener2 suka J-Pop karena Do As Infinity, dan "Fukai Mori" adalah gerbangnya. Pertama kali denger di penutup serial anime Inu Yasha di Indosiar dulu, gw sudah merasa "ini lagu bagus". Lalu dengan cara sedemikian rupa, gw dapet lagu ini dan sangat sangat sering gw putar...looooooove it so much! Begitu intens dan merasuk, mulai dari intro hingga selesai, dari musik dan vokal, almost perfect. Rasanya gw belum pernah mendengar lagu pop (atau rock) sebagus ini, reffnya maut euy. Dengan aransemen akustik, setiap instrumen--gitar, bas, string section, drum--berbunyi lewat skill dengan sangat padu membalut vokal berat nan manis dari Tomiko Van. Tak pelak lagi ini lagu terbaik dari Do As Infinity, dan hingga sekarang, jadi salah satu lagu Jepang terbaik yg pernah gw tau.







dan...juaranya..adalah.......


1. 君の街まで Kimi no Machi Made (ASIAN KUNG-FU GENERATION; 2004)

Baiklah...ini jelas sentimen pribadi. Alasannya lagu ini di nomer 1 cukup sederhana: suka-suka gw dong! ^o^ v
Ini..ya lagu ini adalah yg membuat gw jadi penggemar sejati ASIAN KUNG-FU GENERATION--makanya gw paksain ada 2 lagu mereka di daftar ini, hihihi. Karena lagu ini gw sibuk ubek2 internet untuk dapetin semua lagu dan info yg berkaitan dengan mereka, donlod semua video musik serta konser sebanyak mungkin, hingga memiliki hampir semua CD band ini.
Bahkan nama 'ajirenji' pun gw ambil (paksa) dari nama band ini: 'aji' diambil dari ejaan Jepang ASIAN KUNG-FU GENERATION (ajian kan-fuu jenereeshon), sedangkan 'renji' dari ejaan Jepang ORANGE RANGE (orenji renji)--yg dulu gw juga suka tapi sekarang udah nggak, hehehe. Baiklah kembali ke lagu "Kimi no Machi Made". Kenapa ya dengan lagu ini? Di saat yg hampir bersamaan ASIAN KUNG-FU GENERATION menelurkan hits yg sama bagusnya ("Rewrite" yg ada di nomer 14, serta "Loop&Loop", semua ada di album Sol-Fa), tapi impact lagu ini begitu kuat ke gw. Melodinya simpel sekali, liriknya..well, puitis meskipun gw cuma ngerti sebagian (dodol beut yak gw), namun semuanya dikemas dalam musik pop-rock-alternative (mirip Weezer) yg asik, lincah, menyenangkan, mudah dicerna, enak di kuping tanpa ada sedikitpun kesan kacangan. Rasanya band ini tidak pernah membuat lagu lain yg seperti ini lagi, ketika ke-catchy-an lagu dan energi bermusik mereka terdengar sangat selaras. Lagipula, aransemennya rapih dan tidak monoton, terutama karena bagian akhirnya yg dibuat berbeda dari bagian2 sebelumnya. Wonderful song which will always lingers in my heart *lebay*...and the music video is very original, and hillarious too. ~\ ^0^ /~





So, whaddya think?


RECAP
MY TOP 25 J-POP SONGS OF THE 2000's:

1. Kimi no Machi Made - ASIAN KUNG-FU GENERATION
2. Fukai Mori - Do As Infinity
3. Ai wo Komete Hanataba wo - Superfly
4. Aishiteru - FUMIDO
5. Kanade - Sukima Switch
6. Uroko - Hata Motohiro
7. Hitori - The Gospellers
8. Sentimental - Ken Hirai
9. Hana - ORANGE RANGE
10. Sakura Drops - Utada Hikaru

11. Kon'ya Tsuki no Mieru Oka ni - B'z
12. Sounan - Tokyo Incidents (Tokyo Jihen)
13. Sign - Mr. Children
14. Rewrite - ASIAN KUNG-FU GENERATION
15. Everything - MISIA
16. Yume no Hana - THE BACK HORN
17. Ai Uta - GReeeeN
18. This Love - Angela Aki
19. Sakurairo Maukoro - Mika Nakashima
20. SAKURA - Ikimonogakari
21. TSUNAMI - Southern All Stars
22. Mata Aimashou - SEAMO
23. READY STEADY GO - L'Arc~en~Ciel
24. Aikagi - Color Bottle
25. Konayuki - Remioromen



artikel Part I silahlan klik di sini

10 komentar:

  1. woo....

    nyasar kemari pas lagi googling fukai mori versi akustik..

    he
    saya juga sangat suka DAI dan fukai mori, dan alasan nya pun sama..."Gw jadi bener2 suka J-Pop karena Do As Infinity, dan "Fukai Mori" adalah gerbangnya"
    kmi menyebut nya kimigayo haha jadi lagu pembuka klo latihan (kebetulan dulu punya band cover nya DAI)
    hehe

    salam kenal ya..
    eh iya, punya lagi fukai mori yang versi akustik ??

    BalasHapus
  2. hormat @jenderal! ^_^;
    sayang saya nggak ada yg versi akustik, palingan versi live yang malah nggak akustik sama sekali, hehe. Makasih udah mampir.

    BalasHapus
  3. q kurang setuju.....
    yang masuk cuma DAI
    masi bnyak seperti baroque (caramel drop, ila)
    soulja x aoyama, soulja feat misslim

    BalasHapus
  4. @anonim, kan ceritanya daftar ini sebatas pengetahuan serta selera saya pribadi, hehe. Terima kasih sudah mampir dan sharing =)

    BalasHapus
  5. Tidak hanya Sakura Drops yang keren dari Utada Hikaru, masih banyak yang lainnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu saja =), di dini saya hanya memilih satu yg paling saya sukai.
      Terima kasih sharingnya.

      Hapus
  6. akb48 ga masuk? kan lagunya bagus2

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku agak kurang suka lagu2 AKB48 terutama di dekade itu, jadi tidak dimasukkan =)

      Hapus
  7. Lagi cari lagu yg pop japan lupa judul n group band nya...tp trand smp sekarang...agak ngerock...ada lirik nya gini kl ga salah..."aiya suo xo.."

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kayaknya clue-nya perlu ditambah nih, hehe

      Hapus