Jumat, 24 Juni 2011

[Album] RAN - HOP3


RAN - HOP3
(2011 - KEP Media/Universal Music Indonesia)

Tracklist:
1. Sepeda
2. Mencuri Hati
3. Salah Tingkah
4. Telepon
5. Fresh
6. Singgasana Hati
7. Kulakukan Semua Untukmu
8. Dance With Me


Dengan ini saya nyatakan, mengetahui dst, menimbang dst, memutuskan bahwa RAN....lolos sebagai salah satu artis muda terbaik yang pernah dimiliki negeri Nusantara generasi sekarang ini. Biarlah anugerah musik Indonesia berkutat musik major-label yang begitu2 saja, tetapi RAN buat gw telah membuktikan bahwa mereka tetap berenergi dan berkualitas di album ketiganya ini. Fresh di album pertama, tidak kendor di album kedua, dan kini lebih solid di album ketiga. Jika selama ini khalayak mengenal RAN dengan musik yang pop dengan sentuhan R&B (dan rap, tentu saja) dan sedikit jazz, album HOP3 terdengar lebih terkonsentrasi pada bidang pop-R&B-Urban yang lebih digital, terbukti tidak ada kredit pemain drum di albumnya ^_^;. Tapi jangan salah, RAN ini mempergunakan teknologi mesin bunyi2an dengan sangat bijak dan tidak mengaburkan karakter mereka yang fun dan asyik masyuk, nggak maksa atau kecentilan asal bunyi. Alhasil keseluruhan album HOP3 ini masih sangat enak sekali dinikmati, bahkan buat gw lebih daripada album Friday.

Apa yang gw senangi dari HOP3 adalah setiap lagu terdengar "penuh", tidak ada lapisan kosong dalam soundnya, semangat tetapi tetap santai, lagu2nya pun masih dengan nada2 yang kok-bisa2nya-nemu-yang-catchy-tapi-tetep-unik-karena-ada-jazzynya-sedikit. Permainan gitar Asta dan penambahan instrumen2 lainnya terasa pas dan padu dengan timing dan mixing yang pas pula. Lagu per lagu punya karakter yang cukup distinctive, tidak terasa monoton, namun tetap bisa dikenali sebagai "RAN". Pun nggak ada track yang menganggu atau out of place, sesuatu yang masih gw temukan di album mereka terdahulu. Singkat kata, asoy lah. Dimulai dengan cerah lewat lagu "Sepeda" yang jadi single promo album ini, deretan lagunya disusun dengan sangat baik antara yang upbeat ("Mencuri Hati", "Dance With Me" yang mendisko), medium ("Salah Tingkah", "Fresh", "Singgasana Hati"), sampai yang cukup kalem ("Telepon bagian B" =)). Pengaruh R&B yang kental tertuang dalam track "Telepon bagian A" (I'll exlpain it later =D), dan ada pula sulapan mereka terhadap lagu hitnya Fatur dan Nadila "Kulakukan Semua Untukmu" menjadi sangat groovy. Pokoknya semua mengalir lancar dan enak sekali *kayak apaan aja, hehe*. Secara musikalitas, ramuan RAN dalam HOP3 perlu diberi aplaus yang tulus dan meriah. *plokplokplokplok*

Nah, kita tiba pada bagian lirik yang akhirnya jadi perhatian gw. Gw senang ada lagu dengan tema baru dan konkrit seperti "Sepeda" dan "Telepon" yang berimbas juga pada liriknya yang terdengar oke dan cukup unik. Bagian2 berbahasa Inggris, terutama rap-nya Rayi juga makin kreatif saja (ada yang menyinggung "book the flight" di lagu "Singgasana Hati" =D). Namun pada lagu2 lainnya lama2 makin terasa tema dan pilihan katanya ke situ2 lagi, yah gombalan cinta mengawang-awang yang tidak terlalu baru lah. Untung saja semuanya tertolong oleh nada2 yang cakep, kemasan musik yang—lagi2—asoy, dan vokal Nino dan Rayi yang alhamdulillah semakin baik dan enak didengar. Coba kalo nggak, beuh...

Kesimpulannya HOP3 adalah album yang sangat "RAN" namun tetap sangat enjoyable karena kreativitas bermusik mereka sepertinya tidak pernah berlawanan dengan selera khalayak kuping gw. Mungkin agak disayangkan jumlah track mereka semakin sedikit di album ketiga, tapi tak apa karena kesolidan album ini tidak terbantahkan, kurangnya lagu tidak berarti tidak memuaskan. Semua lagunya asik, tapi gw sendiri paling suka lagu "Sepeda", "Kulakukan Semua Untukmu" dan "Telepon bagian B"...Oke, kenapa pada track "Telepon" gw tulis bagian A dan B? =D Rupanya meski terdaftar ada 8 track, sesungguhnya ada 9 lagu di album ini. Track "Telepon" menyimpan dua buah lagu, lagu pertama yang nge-beat berat dan ada kata2 "telepon", yang kedua lagu kalem yang ada kata2 "tega". Kalo versi donlod ilegal kalo gak salah sih 2 lagu ini terpisah jadi "Telepon" dan "Tega" (hehehe, dasar). Entah apa alasan mereka me-merge 2 lagu ini jadi 1 track sepanjang 8 menitan, padahal lirik lagunya nyambung2 banget juga nggak, mudah2an bukan kesalahan teknis deh ^_^'.

So this is a good album, bagi yang masih ngomel soal kualitas musik Indonesia harus coba dulu denger album ini. And guess what, RAN memproduksi (atau istilah umumnya "mem-produser-i") album ini sendiri lho, bukankah itu pertanda bahwa mereka memang punya "sesuatu" sehingga diperbolehkan oleh para stakeholder untuk mengutak-atik karya mereka sendiri, dan ternyata hasilnya jauh dari mengecewakan, sebuah langkah yang sangat tepat dan perlu dibanggakan. Good job, I like it...*nyolong jargon*.



My score: 8/10


RAN



Previews courtesy of YouTube


Mencuri Hati



Sepeda



Kulakukan Semua Untukmu

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar